Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

8 Makanan Khas Semarang yang Lezatnya Bikin Lidah Bergoyang

List Artikel
28 April 2017 | 0 Komentar

Semarang adalah ibukota provinsi Jawa Tengah yang ternyata merupakan kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia setelah Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Medan. Kota ini menjadi salah satu destinasi wisata yang paling banyak diburu para wisatan lokal dan juga mancanegara. Ada banyak sekali tempat wisata di Semarang yang sangat terkenal seperti Lawang Sewu, Tugu Muda, Candi Tugu, Kota Tua Little Netherland, Pantai Tirang, Curug Lawe, dan masih banyak lagi. Tak hanya tempat-tempat wisatanya saja yang sangat terkenal, Semarang juga memiliki aneka makanan khas yang pastinya bikin lidah kamu bergoyang dan ketagihan. Yuk, langsung lihat ada makanan apa saja?

 

1. Lumpia Semarang



Sumber: hallosemarang.com


Lumpia Semarang merupakan kuliner yang paling terkenal di Indonesia. Lumpia Semarang terbuat dari lembaran kulit lumpia yang terbuat dari tepung beras yang diisi dengan campuran daging ayam, udang, rebung, telur ayam, daun bawang, dan tauge yang dibumbui dengan bawang putih, lada, kecap manis, dan garam. Lumpia Semarang memiliki dua jenis, yakni lumpia basah dan lumpia goreng. Lumpia disantap dengan saus gula dan acar mentimun.

 

2. Wingko Babat



Sumber: catatandapurnyavero.blogspot.com


Semarang tak pernah lepas dari makanan yang satu ini. Wingko babat yang lebih sering dijadikan sebagai oleh-oleh khas Semarang ini bisa dengan mudah kamu jumpai di pusat oleh-oleh atau stasiun kereta api serta stasiun bus. Wingko babat yang berbentuk bulat pipih ini terbuat dari campuran tepung ketan, kelapa parut, gula pasir, margarin, margarin, kuning telur, vanili, dan garam.

 

3. Bandeng Presto



Sumber: grouponid.kfti.ninja


Makanan khas Semarang berikutnya adalah bandeng presto yang proses pembuatannya cukup unik. Bandeng presto terbuat dari bandeng yang dibumbu dengan aneka rempah seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas, jahe, sereh, salam, daun jeruk, dan daun pandan yang kemudian dimasak dengan cara dipresto alias menggunakan panci tekanan tinggi sehingga durinya jadi sangat lembut dan bisa dimakan.

 

4. Soto Bangkong



Sumber: ksmtour.com


Hampir di setiap daerah di Indonesia memiliki makanan yang satu ini. Seperti layaknya soto yang berasal dari daerah Jawa, soto bangkong terbuat dari daging ayam yang dimasak dengan bumbu kuning dan ditambah dengan tauge, kentang, tomat, dan daun bawang. Soto bangkong yang berkuah bening ini disantap dengan tambahan kecap dan jeruk nipis. Satu hal yang membuat soto bangkong ini berbeda dari soto bening lainnya adalah tambahan aneka macam sate seperti sate kerang, sate telur puyuh, dan sate kulit.

 

5. Babat Gongso



Sumber: diahdidi.com


Babat gongso adalah kuliner legendaris khas Semarang yang masih tetap lestari dari tahun ke tahun. Sesuai dengan namanya, babat gongso terbuat dari babat sapi yang digongso alias ditumis. Sebelum digongso, babat direbus terlebih dahulu dengan daun salam, sereh, lengkuas, dan jahe agar aromanya jadi wangi. Setelah direbus, babat ditumis dengan bawang merah, bawang putih, cabai merah, kemiri, kunyit, garam, dan kecap.

 

6. Mie Kopyok



Sumber: kompasiana.com


Mie kopyok adalah makanan yang banyak disantap saat malam hari karena paling enak disantap saat masih hangat. Mie kopyok terbuat dari campuran lomie yakni mie tebal berwarna kuning, irisan lontong, tahu, tauge, dan daun bawang yang disiram dengan kuah kaldu bawang putih yang terbuat dari kaldu ayam, bawang putih halus, merica, garam, dan kecap. Dinamakan mie kopyok karena saat merebusnya, mie harus dikopyok alias digoyang-goyang.

 

7. Tahu Gimbal



Sumber: ditegal.com


Tahu gimbal sangat identik dengan makanan khas Semarang. Makanan yang satu ini terbuat dari irisan tahu goreng, kol, seledri, dan gimbal udang yang disiram dengan sambal kacang yang terbuat dari kacang tanah, petis, bawang putih, gula merah, kecap manis, asam jawa, dan cabai rawit. Pasti kamu bertanya-tanya apa itu gimbal udang. Gimbal udang adalah udang yang dilumuri dengan adonan tepung terigu, tepung beras, telur, garam, dan lada yang kemudian digoreng garing.

 

8. Tahu Pong dan Tahu Bakso



Sumber: tokopedia.com


Semarang memang surganya tahu. Selain tahu gimbal, ada tahu pong dan tahu bakso. Kedua makanan ini sering dijadikan oleh-oleh khas Semarang karena awet dan tahan lama. Tahu pong merupakan tahu yang tidak berisi apapun alias kosong sehingga dinamakan tahu pong atau kopong. Sementara tahu bakso adalah tahu yang cokelat yang diisi dengan adonan bakso lalu dikukus hingga matang.


Nah, kamu jadi tertarik untuk menikmati makanan khas Semarang dan masakan khas Indonesia lainnya kan? Tenang aja, PergiKuliner telah menyiapkan rekomendasi tempat makan dengan menu masakan khas Indonesia buat kamu, di bawah ini!

Bunga Rampai

Foto Bunga Rampai
Foto Bunga Rampai
Foto Bunga Rampai

Seribu Rasa

Foto Seribu Rasa
Foto Seribu Rasa
Foto Seribu Rasa

Opah Mami

Foto Opah Mami
Foto Opah Mami

Lumpia Basah Ria

Foto Lumpia Basah Ria

Tahu Petis Yudhistira

Foto Tahu Petis Yudhistira

Mau tau dimana saja tempat makan enak di wilayah JABODETABEK, Bandung dan Surabaya? Cek pergikuliner.com dulu ya sebelum pergi kulineran!


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?