Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

8 Manfaat Apel Untuk Kesehatan Kaya Nutrisi dan Rendah Kalori

List Artikel
4 Juli 2021 | 2 Komentar

Siapa yang tak suka dengan buah apel? Nampaknya hampir semua orang menyukai buah favorit ini. Buah apel mudah didapat dan banyak dijual di supermarket. Rasanya pun enak, manis dan menyegarkan. Terlebih lagi, karena kita tahu manfaat apel untuk kesehatan sangatlah beragam. Sehingga tak ada alasan lagi untuk tidak menyukainya. Buah apel adalah buah favorit banyak orang. Tak hanya bisa dikonsumsi langsung, buah apel juga bisa diolah menjadi beragam minuman dan makanan yang enak. Contohnya seperti apple tea, infuse water, apple pie dan salah buah. Mengonsumsi buah apel dipercaya juga dapat menjauhkan kita dari pengobatan ke dokter.


Pernah dengar kalimat yang mengatakan "an apple a day keeps the doctor away"? Yuk cari tahu selengkapnya mengapa buah apel bisa dijuluki demikian. Ini dia 8 manfaat apel untuk kesehatan yang bisa menjauhkan tubuh dari berbagai serangan penyakit!



Sumber: Crushbrew.com


1. Mengatasi Bau Mulut

Sering mengalami bau mulut tak sedap? Bisa jadi itu disebabkan karena sisa makanan, bakteri atau kotoran yang menempel di mulut terlalu lama, sehingga menimbulkan bau kurang sedap. Penyebab lainnya adalah merokok aktif, penumpukan plak gigi, penggunaan kawat gigi, berpuasa, atau kurangnya menjaga kesehatan gigi dan mulut. Salah satu cara untuk mengatasi bau mulut bisa dilakukan dengan mengonsumsi satu apel sehari. Manfaat apel untuk kesehatan mulut bisa membantu menghambat pertumbuhan bakteri dan mengurangi produksi senyawa yang menyebabkan bau mulut. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan polifenol yang dimiliki buah apel.


2. Membantu Menurunkan Lemak

Bagi kamu yang tengah menjalani diet atau menurunkan berat badan, biasanya akan mengurangi asupan makanan. Namun, menurunkan berat badan yang sehat sebenarnya bukan mengurangi asupan makanan saja, melainkan turut menjalani gaya hidup yang sehat. Hal ini berlaku juga untuk pola makan. Memperhatikan asupan gizi pada makanan lebih baik ketimbang mengurangi asupan makanan yang justru bisa membuat tubuh kekurangan nutrisi. Perbanyaklah konsumsi makanan kaya nutrisi dan rendah kalori seperti buah apel. Selain itu, buah apel juga kaya akan serat yang berguna untuk menjaga kesehatan usus dan pencernaan, serta mengendalikan kadar lemak dalam tubuh guna menurunkan berat badan.


3. Membunuh Sel Kanker

Apel mengandung vitamin, serat, antioksidan dan berbagai nutrisi lainnya. Itulah sebabnya buah ini sangat bermanfaat untuk kesehatan dan dianjurkan untuk dikonsumsi rutin setiap hari. Cegah kanker dengan mengonsumsi buah apel setiap hari. Buah apel mengandung senyawa phytochemical yang sudah terbukti dalam berbagai penelitian memiliki efek anti kanker. Dengan kata lain, konsumsi buah apel secara rutin setiap hari, bisa melindungi tubuh dari pertumbuhan sel kanker. Termasuk juga kanker kolorektal, kanker paru, kanker usus hingga kanker payudara.


4. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Stres, kurang istirahat, pola makan buruk, serta gaya hidup yang kurang sehat bisa membuat sistem imun tubuh menurun. Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi tambahan nutrisi dari buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C seperti buah apel. Selain mengandung vitamin C, kandungan apel juga memiliki zat antioksidan yang berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah apel juga dapat berperan sebagai detoksifikasi alami yang membantu mengeluarkan racun dalam tubuh dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.


5. Menangkal Radikal Bebas

Serangan radikal bebas dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit seperti kanker, penyakit ginjal, dan ateroklerosis atau penyempitan pembuluh darah yang mematikan. Serangan radikal bebas juga dapat menyebabkan kerusakan sel kulit yang membuat seseorang mengalami penuaan dan keriput lebih cepat. Radikal bebas bisa berasal dari polusi udara, paparan sinar matahari, asap rokok dan pestisida. Untuk bisa menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh, kamu perlu mengonsumsi makanan yang banyak mengandung antioksidan seperti buah apel. Konsumsi buah apel sekali sehari secara rutin untuk membantu tubuh menangkal serangan radikal bebas.


6. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Apel termasuk salah satu buah-buahan yang kaya akan kandungan pektin, yaitu sejenis serat makanan yang mudah larut dalam tubuh. Manfaat pektin bagus untuk menjaga kesehatan pencernaan dan usus. Dimana jika buah apel dikonsumsi secara rutin, maka efeknya bisa membantu mengatasi sembelit, konstipasi dan diare. Kandungan pektin dalam buah apel juga sudah terbukti secara medis bisa menurunkan risiko infeksi usus, peradangan pada usus besar, dan gangguan pencernaan lainnya.


7. Mencegah Anemia

Anemia merupakan salah satu kondisi dimana tubuh kekurangan sel darah merah. Gejala seseorang mengalami anemia yakni orang tersebut menjadi mudah capek, kulit pucat, pusing bahkan sesak napas. Cegah anemia dengan mengonsumsi buah apel yang mengandung zat besi. Kandungan tersebut bisa membantu meningkatkan hemoglobin atau sel darah merah dalam tubuh. Sehingga tubuh tidak akan mudah rentan mengalami anemia. Selain itu, kandungan zat besi dalam buah apel juga bisa berguna untuk melancarkan aliran oksigen ke organ tubuh dengan baik.


8. Menjaga Kesehatan Organ Hati

Manfaat apel untuk kesehatan lainnya adalah buah ini dapat membantu membersihkan liver dan meningkatkan fungsi hati. Berkat kandungan antioksidan dan vitamin C di dalamnya, buah apel dapat membantu tubuh dalam mengontrol kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam aliran darah. Selain itu, kandungan antioksidan dalam buah apel juga bisa berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang mengganggu kesehatan liver. Konsumsilah buah apel setiap hari sebagai perlindungan tubuh dan detoksifikasi liver yang alamiah.


Itu dia beberapa manfaat apel untuk kesehatan. Teman Kuliner tentu jadi tertarik untuk mengonsumsi buah satu ini bukan?. Nah, buat yang Teman Kuliner yang ingin makan olahan buah apel, baik dalam bentuk jus, smoothies dan lain sebagainya, kamu bisa mengunjungi tempat makan rekomendasi PergiKuliner di bawah ini!

Tropicale Juice Bar

Foto Tropicale Juice Bar
Foto Tropicale Juice Bar
Foto Tropicale Juice Bar

Mama Roz

Foto Mama Roz
Foto Mama Roz
Foto Mama Roz

101+ Juice

Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice

Re.Juve

Foto Re.Juve
Foto Re.Juve
Foto Re.Juve

Topik artikel ini:
2 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
WKbearwDO
mavisguynn743@gmail.com | 05 Jul 2021 pk. 09:48 AM
Foto user umum
sfxNClARyDd
mavisguynn743@gmail.com | 05 Jul 2021 pk. 09:48 AM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?