Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

8 Manfaat Terong Belanda yang Kaya Vitamin dan Nutrisi

List Artikel
30 Oktober 2021 | 0 Komentar

Terong belanda, mungkin ada diantara kamu yang sudah tidak asing dengan buah ini. Meski dinamakan terong belanda, buah dengan nama latin solanum betaceum ini asalnya bukan dari Belanda. Terong belanda sebenarnya berasal dari benua Amerika, Australia, dan Asia. Hanya saja, dahulu pada masa kolonial Belanda banyak membudidayakan tanaman ini, sehingga masyarakat Indonesia mengenalnya dengan nama terong belanda. Selain rasanya yang lezat, terong belanda banyak dikonsumsi karena bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Di dalam buah mungil ini terkandung sejumlah vitamin dan mineral yang jika dikonsumsi secara tepat dapat memberikan manfaat positif bagi tubuh. Beberapa kandungan yang terdapat dalam terong belanda yaitu protein, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, karoten, riboflavin dan vitamin C. Mari cari tahu manfaat terong belanda bagi kesehatan tubuh agar bisa mendapat manfaatnya secara maksimal!



Sumber: Tasteatlas.com


1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat terong belanda yang pertama adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena terong belanda mengandung vitamin C yang sangat banyak. Vitamin C bisa didapatkan dari buah-buahan dan sayuran dengan kadar yang berbeda-beda. Jika kamu tipe yang malas makan sayuran, mengganti asupan vitamin C dari buah-buahan juga tak menjadi masalah. Ada banyak jenis buah-buahan yang mengandung vitamin C, salah satunya adalah terong belanda. Seperti diketahui, salah satu manfaat vitamin C dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Begitu juga dengan kandungan vitamin C pada terong belanda, yang dapat melawan virus dan bakteri, serta membentuk sistem imun tubuh yang kuat.


2. Menurunkan Berat Badan

Bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan pasti tahu kalau saat diet, kamu dianjurkan untuk mengurangi asupan gula atau menghindari makanan manis yang berlebihan. Karena gula merupakan sumber kalori yang akan ditumpuk menjadi lemak. Sebagai gantinya, kamu dapat mengonsumsi buah-buahan yang rasanya asam yang terbukti menurunkan berat badan, salah satunya adalah terong belanda. Buah asam adalah buah yang efektif menurunkan berat badan, seperti terong belanda. Selain rasanya yang asam segar, terong belanda memiliki kadar kalori yang rendah, namun serat dan kadar airnya tinggi. Sehingga dapat membakar lemak dalam beberapa jam, membuat perut kenyang lebih lama dan mencegah dehidrasi saat diet.


3. Menjaga Kesehatan Mata

Tak hanya tinggi akan vitamin C, terong belanda juga kaya akan vitamin A dan karotenoid, sehingga terong belanda dapat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan penglihatan agar tetap sehat dan mencegah katarak. Sebagai tambahan info, katarak merupakan suatu penyakit yang mempengaruhi fungsi lensa mata. Pada umumnya, katarak berkembang secara perlahan dan tidak terasa mengganggu. Namun, jika dibiarkan lama-kelamaan penglihatan akan menjadi kabur hingga mengalami kebutaan. Untuk mencegahnya, tentu kamu harus memperbanyak konsumsi makanan yang kaya vitamin A seperti terong belanda ini.


4. Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat terong belanda selanjutnya adalah terong belanda dapat menurunkan risiko penyakit kanker, karena terung belana kaya akan antioksidan. Perkembangan kanker dalam tubuh seseorang sangat dipengaruhi oleh pola makan. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan seperti terong belanda dapat membantu mencegah kanker. Antioksidan yang terdapat dalam terong belanda diantaranya adalah antosianin, flavonoid, poplyphenolic dan asam klorogenat.


5. Mengatasi Sembelit

Jika kebetulan kamu mengalami sembelit atau kesulitan buang air besar, jangan terburu-buru mengonsumsi obat pencahar untuk mengatasinya. Memang obat pencahar dapat membantu melancarkan buang air besar secara cepat, namun tidak bagus jika dikonsumsi berkepanjangan. Untuk itu, atasi masalah sembelit dengan konsumsi makanan tinggi serat, contohnya seperti terong belanda. Kandungan serat dalam terong belanda tidak hanya membantu proses pencernaan, tetapi juga meringankan sembelit karena proses buang air besar yang sulit.


6. Menstabilkan Tekanan Darah

Tekanan darah yang terlalu tinggi atau terlalu rendah tidak boleh dianggap sepele. Jika tidak ditangani dengan cepat, kondisi ini dapat memicu berbagai komplikasi yang dapat mengganggu kesehatan. Salah satu cara untuk mengontrol tekanan darah adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Mulai dari pemilihan makanan yang bisa mengontrol tekanan darah seperti buah terong belanda. Buah ini memiliki karotenoid yang dapat membantu mengendalikan tekanan darah. Terutama pada penderita hipertensi untuk menurunkan tekanan darah.


7. Mencegah Diabetes

Semua makanan yang dikonsumsi umumnya mempengaruhi kadar gula darah dalam tubuh. Sebagai penderita diabetes tentu perlu memperhatikan makanan yang masuk agar gula darah tetap stabil dan terhindar dari komplikasi diabetes. Terong adalah salah satu buah sumber serat yang mampu menekan gula darah agar tidak melonjak tinggi. Kandungan asam klorogenat dalam buah ini juga berperan penting dalam mencegah diabetes. Sehingga sangat bagus dikonsumsi bagi orang-orang ingin memulai hidup sehat. Mengonsumsi terong belanda secara rutin juga bisa meningkatkan produksi insulin dalam tubuh.


8. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Metabolisme merupakan proses pembakaran kalori dari makanan atau minuman yang masuk ke tubuh dan mengubahnya menjadi energi. Ada banyak cara untuk meningkatkan metabolisme tubuh agar tubuh membakar kalori lebih banyak seperti berolahraga rutin, perbanyak air putih, dan konsumsi makanan berprotein tinggi. Contohnya seperti terong belanda yang mengandung protein dan vitamin B kompleks untuk membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Vitamin B kompleks dalam terong belanda juga berperan penting dalam pembentukan enzim metabolisme jika dikonsumsi secara rutin.


Itulah dia beberapa manfaat terong belanda yang wajib kamu tahu. Terung belanda sering dijadikan berbagai macam olahan makanan, tapi buah ini sangat populer sebagai minuman jus yang segar dan menyehatkan. Setelah membaca artikel ini, kamu jadi kepingin rajin makan terong belanda?

Serasa Salad Bar

Foto Serasa Salad Bar
Foto Serasa Salad Bar
Foto Serasa Salad Bar

Crunchaus Salads

Foto Crunchaus Salads
Foto Crunchaus Salads
Foto Crunchaus Salads

Tea Amo

Foto Tea Amo
Foto Tea Amo
Foto Tea Amo

Ban Ban

Foto Ban Ban
Foto Ban Ban
Foto Ban Ban

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?