Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

8 Menu Makanan Sehat yang Praktis Untuk Keluarga di Rumah

List Artikel
22 Juni 2022 | 0 Komentar

Menu makanan sehari-hari kendatinya perlu dikreasikan agar tidak membuat seisi rumah bosan menyantapnya. Namun bagi sebagian orang yang memiliki segudang kesibukan, biasanya agak repot dalam menyiapkan menu makanan di rumah. Apalagi jika menu makanan tersebut disajikan untuk keluarga, termasuk buah hati. Menentukaan dan dan menyiapkan menu makanan sehari-hari pasti bisa menguras pikiran sekaligus tenaga. Sering bingung menentukan menu makanan sehari-hari? Tak perlu khawatir, karena PergiKuliner akan berbagi daftar menu makanan sehat yang praktis, yang bisa dipraktikkan sendiri di rumah. Bahan-bahannya sangat sederhana dan mudah didapat di setiap super market. Yuk buat menu hidangan rumahan yang lebih sehat dan praktis untuk keluarga tercinta!


1. Oatmeal



Sumber: Heartpalate.com


Semangkuk oatmeal di pagi hari dapat membuat perut kenyang lebih lama, sehingga kamu akan terjaga dari rasa lapar. Hal ini dikarenakan oatmeal memiliki kandungan serat yang tinggi. Selain menjadi menu makanan sehat yang praktis, oatmeal juga bisa menjadi menu diet bagi yang sedang menurunkan berat badan. Saat ini, oatmeal dalam bentuk instan sudah banyak dijumpai di pasaran. Kamu hanya perlu menyeduhnya hingga berubah menjadi bubur. Selain itu, kamu juga dapat menambahkan potongan buah segar, kacang-kacangan, susu, atau yoghurt ke dalam oatmeal untuk menambah rasanya.


2. Sandwich



Sumber: Pinterest.com


Sandwich bisa menjadi menu makanan sehat yang praktis di pagi hari. Roti lapis ini biasanya terdiri dari sayuran, daging, telur, dan keju. Kamu pun dapat berkreasi dengan isian sandwich yang kamu buat. Misalnya dengan menambahkan ikan tuna, alpukat, tamago, dan sosis. Kamu juga bisa menambahkan saus tomat atau mayo supaya rasanya makin nikmat ketika disantap. Dengan mengonsumsi sandwich sebagai menu sarapan, maka sudah membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh. Sebab dalam seporsi sandwich sudah mengandung karbohidrat, protein, kalsium, fosfor, dan vitamin D yang cukup tinggi. Sandwich juga tinggi serat, sehingga bisa membuat kita merasa kenyang lebih lama.


3. Nasi Goreng Sehat



Sumber: Resepkoki.id


Nasi goreng sehat bisa menjadi salah satu menu makanan terbaik untuk disantap bersama keluarga di rumah. Supaya nasi goreng tetap bisa menjadi menu makanan sehat walaupun diolah dengan cara digoreng. Kamu bisa mengkombinasikannya dengan bumbu dan bahan pelengkap yang bernutrisi tinggi. Seperti telur, sayuran, keju, kacang-kacangan, dan daging. Untuk membuat nasi goreng sehat di rumah tipsnya adalah gunakan minyak sehat seperti minyak zaitun atau minyak canola untuk menggorengnya. Kurangi juga bumbu penyedap rasa seperti garam dan micin. Selain itu, gunakan juga nasi yang sudah dimasak semalam sebelumnya untuk membuat nasi goreng sehat. Tujuannya agar nasi lebih mudah dicerna oleh usus, karena memiliki pati resisten yang lebih tinggi dibanding nasi yang baru dimasak.


4. Sayur Sup Bening



Sumber: Sajiansedap.grid.id


Sayur sup bening memang bisa menjadi menu masakan andalan dikala bingung menentukan ingin masak apa di rumah. Rasa kuah kaldunya yang segar dan gurih dengan isian daging dan sayuran yang beragam bisa menjadi sumber nutrisi terbaik untuk keluarga. Biasanya sayur sup bening terdiri dari wortel, kentang, buncis, daging ayam, dan daun bawang. Namun, kamu juga bisa mengganti atau memanfaatkan aneka bahan lainnya yang ada di dapur untuk membuat sayur sup bening. Misalnya saja, sayur sup bening dengan isian telur puyuh, soun, sosis, jagung, jamur, makaroni, daging sapi, dan sebagainya. Sebagai rekomendasinya, beberapa menu sayur sop bening ini bisa disajikan untuk keluarga di rumah seperti sup ayong soun, sup jamur, sup tulang, sup sengkel, sup telur puyuh, dan sup ayam. Sepanci sayur sup hangat dengan kuah bening ini bisa menjadi menu makanan sehat yang praktis di rumah.


5. Orak Arik Telur



Sumber: Tribunnews.com


Telur adalah menu sarapan sehat yang selalu bisa diandalkan. Bahan makanan yang satu ini memang mudah diolah, namun tetap bergizi untuk dikonsumsi. Bosan dengan menu hidangan telur dadar atau telur ceplok yang monoton, kamu bisa membuatnya menjadi orak arik telur yang sehat dan nikmat. Tambahkan berbagai jenis sayuran ke dalamnya agar gizi yang didapat menjadi berlipat ganda. Beberapa pilihan menu orak arik telur yang bisa dicoba di rumah diantaranya adalah arik arik buncis, orak arik sayur bakso, orak arik brokoli wortel, orak arik sayur sosis, dan orak arik sayur jambal. Menu ini mungkin bisa juga menjadi ide masakan untuk anak-anak yang malas makan sayuran, nih.


6. Omelet Brokoli Keju



Sumber: Food.detik.com


Omelet brokoli keju adalah salah satu menu makanan sehat yang praktis untuk dibuat. Sebab hanya menggunakan telur dan tambahan brokoli serta keju yang menggoda. Menu bisa jadi andalan bagi yang susah makan sayuran, khususnya anak-anak. Cara membuatnya, pertama siapkan dua butir telur kemudian kocok hingga berbusa. Jangan lupa masukkan garam dan lada secukupnya. Lalu, masukkan keju parut atau krim keju dan kocok kembali hingga merata. Setelah itu, masukkan potongan brokoli hingga menyatu dengan telur. Jika semua sudah tercampur rata, siapkan margarin atau sedikit minyak ke wajan yang telah dipanaskan. Dadar telur hingga berwarna kuning keemasan dan angkat. Supaya lebih nikmat, kamu bisa menambah saus tomat atau mayonaise di atasnya.


 7. Oseng-Oseng Sayur



Sumber: Masakapahariini.com


Sayuran memiliki gizi yang tinggi untuk mencukupi nutrisi harian tubuh. Sayangnya, masih banyak orang yang malas makan sayur, karena rasanya yang kurang enak dibandingkan makanan-makanan lainnya. Untuk menyiasati agar asupan nutrisi terpenuhi, kamu dapat mengolah sayuran dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan cara dioseng. Oseng-oseng sayur memiliki rasa gurih dan cenderung pedas, sehingga membuat rasa sayuran lebih enak dimakan. Cara membuatnya juga mudah dan praktis. Kamu pun bisa memanfaatkan bahan lainnya untuk membuat oseng sayur semakin lezat. Beberapa rekomendasi menu oseng-oseng sayur yang bisa kamu praktekkan di rumah antara lain oseng buncis udang, oseng-oseng kampung, oseng-oseng jamur, dan oseng kangkung.


8. Salmon Panggang



Sumber: Kreasimasakan.com


Salmon panggang merupakan salah menu favorit yang sehat dan praktis. Rasanya yang gurih dan lembut bisa dibuat sendiri di rumah tanpa perlu ke restoran mewah. Salmon sendiri memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh diantaranya adalah untuk kesehatan jantung dan tulang, mencegah kanker, menurunkan resiko stroke dan membantu perkembangan otak. Cara membuatnya pun simpel, pertama baluri salmon dengan garam dan kaldu jamur lalu biarkan selama lima menit hingga bumbu meresap. Setelah itu, panaskan mentega di atas teflon anti lengket. Masukkan salmon dengan api kecil. Lalu tutup teflon selama tiga menit. Kemudian balik ikan, dan diamkan kembali selama tiga menit. Salmon pun siap dihidangkan.

Restoran Beautika Manado

Foto Restoran Beautika Manado
Foto Restoran Beautika Manado
Foto Restoran Beautika Manado

Seribu Rasa

Foto Seribu Rasa
Foto Seribu Rasa
Foto Seribu Rasa

Dapoer Oemoem

Foto Dapoer Oemoem
Foto Dapoer Oemoem
Foto Dapoer Oemoem

Restaurant Baku Sayang

Foto Restaurant Baku Sayang
Foto Restaurant Baku Sayang
Foto Restaurant Baku Sayang

Rempah Sunda

Foto Rempah Sunda
Foto Rempah Sunda
Foto Rempah Sunda

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?