Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

8 Olahan Ikan Tongkol, Masakan Rumahan Praktis Nan Ekonomis

List Artikel
28 Agustus 2021 | 4 Komentar

Siapa yang suka menyantap ikan tongkol? Tongkol memang adalah sejenis ikan laut yang biasa dijadikan lauk oleh masyarakat Indonesia di rumah. Selain harganya yang ekonomis, ikan tongkol juga dapat diolah menjadi berbagai macam menu masakan yang lezat. Selain itu, ikan tongkol juga mengandung gizi yang lengkap untuk dikonsumsi anggota keluarga di rumah, khususnya anak-anak yang sedang masa pertumbuhan. Diantaranya terdapat kandungan protein, karbohidrat, vitamin dan berbagai mineral. Dengan perpaduan berbagai bumbu dapur dan rempah-rempah, ikan tongkol yang sederhana dapat disulap menjadi hidangan yang nagih. Nah, buat kamu yang bingung ingin membuat olahan ikan tongkol macam apa, bisa lihat referensi menunya di bawah ini!


1. Tongkol Balado



Sumber: Selerasa.com


Nasi plus tongkol balado bisa membuat selera makan jadi bertambah. Masakan rumahan ini dapat kamu masak sendiri di rumah. tentunya cara memasaknya sangat mudah dan sederhana. Hanya perlu bahan seperti ikan tongkol, serai, daun salam, dan bumbu halus. Pertama, bersihkan ikan tongkol terlebih dahulu kemudian siapkan serai dan daun salam, lalu haluskan bumbu seperti cabai merah, bawang merah, bawang putih, tomat dan terasi. Setelah itu, ikan tongkol digoreng lebih dulu sekitar lima menit. Kemudian tumis bumbu yang telah disiapkan tadi hingga matang, barulah masukkan tongkol goreng ke dalamnya. Tujuannya agar ikan tidak meletup-letup saat digoreng. Ikan tongkol siap untuk dihidangkan.


2. Pepes Ikan Tongkol



Sumber: Cookpad.com


Pepes adalah salah satu makanan khas Sunda yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Olahan pepes dapat dibuat dari berbagai macam bahan utama, termasuk ikan tongkol. Makanan ini dikenal kaya akan kandungan gizi. Untuk membuatnya, bersihkan ikan tongkol dengan air bersih. Siapkan bumbu halus seperti cabai rawit, cabai merah, tomat, kunyit, jahe, kemiri, lengkuas, daun kemangi dan sebagainya. Bumbu ini dapat menghilangkan bau amis dari ikan tongkol. Jika bumbu telah siap, baluri ke dalam ikan tongkol kemudian bungkus dengan daun pisang. Setelah itu, kukus selama kurang lebih 30 menit. Pepes ikan tongkol paling cocok dinikmati dengan nasi hangat dan lalapan segar.


3. Tongkol Cabai Hijau



Sumber: Cookpad.com


Tongkol cabai hijau adalah hidangan berbahan dasar ikan tongkol yang sangat mudah dibuat di rumah. Kamu bisa membuat olahan ikan tongkol ini dengan bahan-bahan berupa cabai hijau, saus tiram, tomat hijau, garam dan campuran bahan lainnya. Pertama, goreng ikan sebentar lalu sisihkan. Kemudian tumis bawang merah dan bawang putih hingga layu, baru masukkan cabai hijau, tomat hijau dan saus tiram. Setelah itu, tuang ikan tongkol yang sudah dipotong dan aduk rata. Hanya membutuhkan waktu 25 menit untuk memasaknya. Rasanya yang pedas, gurih dan segar akan membuat nafsu makan semakin berselera. Tongkol cabai hijau sangat cocok disantap dengan sepiring nasi hangat.


4. Tongkol Kuah Santan



Sumber: Pinterest.com


Kalau kamu punya persediaan ikan tongkol di rumah, bisa juga nih dimasak dengan kuah santan. Bumbu tongkol kuah santan dapat ditemukan dengan mudah di dapur. Siapkan bahan-bahan seperti ikan tongkol segar, jeruk nipis, santan, serai, kaldu bubuk, cabai rawit dan daun kemangi. Potong-potong ikan tongkol yang sudah dibersihkan, kemudian beri garam dan perasan jeruk nipis ke daging ikan. Setelah itu, panaskan minyak dengan api sedang, lalu goreng ikan sebentar saja. Tumis bumbu yang telah yang disiapkan tadi, baru tuangkan santan ke dalamnya. Kemudian masukkan ikan tongkol dan tunggu bumbu meresap hingga matang. Tongkol kuah santan siap untuk disantap!


5. Gulai Ikan Tongkol



Sumber: Cookpad.com


Gulai adalah masakan yang kaya akan bumbu dan bercita rasa sangat gurih, sehingga mampu menggugah selera makan. Kali ini, kamu bisa coba membuat resep gulai sendiri menggunakan ikan tongkol untuk keluarga di rumah. Caranya cukup mudah, bersihkan ikan tongkol terlebih dahulu. Kemudian panaskan minyak dan tumis bumbu halus hingga harum. Kemudian masukkan bumbu tambahan seperti daun jeruk, daun salam, serai dan asam. Setelah bumbu tumisan matang, masukkan ikan tongkol lalu masak hingga bumbu meresap. Jangan lupa tambahkan sedikit air, santan, cabai rawit merah, garam dan gula pasir ke dalam tumisan. Aduk terus hingga santan mengental dan gulai ikan tongkol siap disajikan.


6. Ikan Tongkol Betutu



Sumber: Cookpad.com


Selain ayam dan bebek, ikan pun bisa dimasak dengan bumbu betutu khas Bali. Kamu bisa menggunakan ikan tongkol yang dagingnya tebal dan tidak mudah hancur saat dimasak. Pertama, lumuri ikan dengan air jeruk nipis dan garam. Kemudian goreng ikan sekitar 5 menit hingga matang. Tumis bumbu halus, daun jeruk dan serai sampai aromanya harum. Setelah itu, masukkan ikan, garam dan gula yang diberi sedikit air kemudian aduk hingga merata. Kamu pun bisa menambahkan daun singkong ke dalam rebusan agar ikan tongkol betutu jadi semakin nikmat. Jika kuahnya sudah mengental tandanya masakan siap disajikan.


7. Tongkol Suwir Manado



Sumber: Selerasa.com


Ikan suwir Manado biasanya dimasak menggunakan ikan cakalang, namun ikan cakalang kerap sulit ditemukan di beberapa kota. Kalau pun ada harganya cenderung mahal untuk diolah jadi masakan rumahan. Tenang, sebagai gantinya bisa menggunakan ikan tongkol yang lebih ekonomis. Seperti biasa, pastikan ikan telah bersih sebelum diolah. Kemudian tumis bumbu halus, daun jeruk, daun salam dan serai sampai beraroma harum. Tak lupa tambahkan cabai rawit merah dan tomat, kemudian aduk hingga merata. Setelah itu, masukkan ikan, garam dan sedikit gula. Aduk terus hingga agak mengering. Tongkol suwir Manado paling enak disantap bersama nasi hangat dan sayur bunga papaya khas Manado.


8. Tongkol Bumbu Rujak



Sumber: Resepmasakanku.net


Ingin coba resep olahan ikan tongkol yang unik dan berbeda? Kalau begitu cobalah resep tongkol bumbu rujak yang satu ini. Bumbunya cukup sederhana dan cocok buat kamu yang ingin masak cepat di rumah. Sajian ini juga cocok buat menu anak kos akhir bulan. Cara membuat tongkol bumbu rujak yaitu bersihkan tongkol lalu goreng hingga matang. Siapkan bumbu rujak seperti cabai merah, gula jawa, santan, daun salam dan asam jawa. Setelah itu, tumis bumbu tersebut hingga tercampur rata. Masukkan ikan dan biarkan hingga bumbu meresap dan airnya mengering. Jangan lupa tambahkan garam dan gula juga. Tongkol bumbu rujak siap dihidangkan dengan nasi hangat dan kerupuk.


Itu dia berbagai macam olahan ikan tongkol yang enak dan praktis. Teman Kuliner suka yang mana?

Pulau Sentosa Seafood Market

Foto Pulau Sentosa Seafood Market
Foto Pulau Sentosa Seafood Market
Foto Pulau Sentosa Seafood Market

Aneka Seafood 38

Foto Aneka Seafood 38
Foto Aneka Seafood 38
Foto Aneka Seafood 38

Pondok Kemangi

Foto Pondok Kemangi
Foto Pondok Kemangi
Foto Pondok Kemangi

Sallo Innyan Seafood & Ikan Bakar

Foto Sallo Innyan Seafood & Ikan Bakar
Foto Sallo Innyan Seafood & Ikan Bakar
Foto Sallo Innyan Seafood & Ikan Bakar

Haiseafood

Foto Haiseafood
Foto Haiseafood
Foto Haiseafood

Topik artikel ini:
4 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
NWEjsacS
shannaweaver3@gmail.com | 28 Aug 2021 pk. 06:08 AM
Foto user umum
yBZmSrbdPJgwa
shannaweaver3@gmail.com | 28 Aug 2021 pk. 06:08 AM
Foto user umum
BzFIqKlcdQDOML
mmarylou639@gmail.com | 28 Aug 2021 pk. 07:03 PM
Foto user umum
DXnhxYNIWuEi
mmarylou639@gmail.com | 28 Aug 2021 pk. 07:03 PM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?