Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

9 Kuliner Berbahan Ikan Khas Nusantara yang Paling Populer

List Artikel
20 Mei 2018 | 0 Komentar

Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki hampir sebagian besar wilayah yang berupa perairan dibanding daratan. Jadi jangan heran jika hasil laut kita sangat melimpah ruah. Kamu bahkan bisa membeli ikan dengan harga yang terbilang cukup murah jika dibandingkan dengan harga ayam. Beberapa daerah di Indonesia yang ada di kawasan pinggir pantai, menyantap seafood sudah menjadi lauk pauk pokok mereka sehari-harinya. Hal inilah yang membuat aneka masakan Indonesia berbahan ikan bisa dengan mudah kamu jumpai di rumah makan-rumah makan tradisional. PergiKuliner sudah merangkum sembilan kuliner Indonesia berbahan dasar ikan yang paling populer selain ikan goreng dan ikan bakar, yaitu:

 

1. Pepes Ikan



Sumber : Pergikuliner.com


Pepes merupakan kuliner khas Jawa Barat yang dibungkus dengan daun pisang dan dibakar hingga matang. Aroma dari daun pisang yang dibakar memiliki ciri khas citarasa yang tak bisa kamu samakan dengan kuliner lainnya. Ada banyak jenis pepes mulai dari pepes tahu, pepes jamur, pepes ayam, hingga pepes ikan. Saat membuat pepes ikan, biasanya ikan dimasukkan dalam keadaan utuh lalu diberi bumbu kuning yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai, kunyit, sereh, salam, dan langkuas.  

 

2. Bandeng Presto



Sumber : Pergikuliner.com


Semarang sangat terkenal dengan oleh-oleh bandeng prestonya. Bandeng presto merupakan ikan yang dibumbui dengan aneka rempah-rempah lalu dimasak dengan proses presto sehingga durinya menjadi lunak. Kamu pun tak perlu khawatir tersedak duri pada saat menyantap ikan. Selain itu, daging ikan juga terasa sangat lembut dan gurih. Bandeng presto ini sangat enak disantap dengan sambal dan nasi putih hangat.

 

3. Gulai Kepala Ikan



Sumber : Pergikuliner.com


Buat yang sering makan masakan Padang, kamu pastinya tahu gulai kepala ikan yang tidak pernah absen di atas piring saji. Gulai kepala ikan ini memang sangat menggoda karena aromanya yang wangi dan cita rasanya yang gurih kental. Jenis ikan yang biasa dijadikan gulai adalah jenis ikan air laut seperti ikan kakap, baik itu ikan kakap merah maupun ikan kakap putih.

 

4. Abon Cakalang



Sumber : Cookpad.com


Manado dikenal kaya akan hasil lautnya, terutama ikan cakalang. Berhubung di Manado ikan cakalang melimpah ruah, maka masyarakat setempat pun menjadikannya olahan abon sehingga awet dan tahan lama. Layaknya abon kebanyakan yang terbuat dari daging sapi, abon cakalang juga diolah dengan cara yang tak jauh berbeda. Setelah direbus dan dibumbui, ikan cakalang disuwir-suwir dan dimasak kembali hingga kadar airnya habis dan mengering. Abon cakalang ini banyak dijumpai di toko oleh-oleh khas Manado.

 

5. Ikan Balado



Sumber : tribunnews.com


Masyarakat Indonesia memang sangat suka makanan yang bercita rasa pedas. Ada banyak kuliner yang diberi bumbu cabai atau yang dikenal dengan nama bumbu balado seperti telur badalo, ayam balado, dendeng balado, serta ikan balado. Jenis ikan yang biasa digunakan untuk olahan balado biasa apa saja. Di masakan Padang, ikan yang biasa dijadikan balado adalah ikan tuna, tongkol, atau bilis. Sementara di Sunda, lebih banyak menggunakan ikan mas atau ikan mujair.

 

6. Pindang Ikan



Sumber : giyuni96.wordpress.com


Tidak diketahui secara pasti pindang ikan berasal dari daerah mana. Ada yang bilang asalnya dari Palembang, ada juga yang mengatakan dari Lampung. Pindang ikan memiliki warna kuning cerah yang sangat menggoda. Jenis ikan yang digunakan bisa ikan mas, bandeng, nila, bawal, tapi yang lebih sering menggunakan ikan patin karena dagingnya yang lumayan banyak dan memiliki tekstur yang cukup lembut.

 

7. Pesmol



Sumber : theboxsceneproject.org


Kalau kuliner ikan yang satu ini sudah pasti berasal dari daerah Sunda alias Jawa Barat. Pesmol biasanya menggunakan jenis ikan air tawar seperti mujair, nila, mas, gurame, hingga bandeng. Ikan yang sudah digoreng setengah matang lalu dimasak dengan bumbu kuning  hingga matang sempurna. Citarasanya sangat gurih dan segar karena pesmol disajikan bersama dengan acar sayuran yang terbuat dari wortel dan mentimun.

 

8. Mangut Lele



Sumber : sajiansedap.grid.id


Beralih ke daerah Jawa Tengah, ada mangut lele yang sering disantap sebagai sajian makan malam. Sebelum dimasak, ikan digoreng atau diasapi hingga setengah matang lali dimasak dengan bumbu mangut yang merupakan perpaduan antara santan, bumbu kuning, dan bumbu merah. Cita rasanya sangat gurih dan ada rasa pedasnya. Selain lele, mangut juga bisa dibuat dari jenis ikan pari, patin, tongkol, dan nila.

 

9. Pempek



Sumber : Pergikuliner.com


Terakhi ada pempek yang ketenarannya hingga ke pelosok seluruh nusantara. Pempek merupakan kuliner khas Palembang yang terbuat dari ikan tenggiri yang sudah dihaluskan lalu dibumbui dan diberi teoung kanji kemudian direbus atau dikukus hingga matang. Sebelum disajikan, pempek harus digoreng terlebih dahulu agar teksturnya jadi renyah garing. Pempek disajikan dengan irisan mentimun, mie kuning, dan kuah cuko.


Nah! Itu dia beberapa kuliner olahan ikan khas Nusatara yang paling populer. Kamu jadi kepingin menyantap olahan ikan lainnya? Langsung saja ke beberapa tempat makan di bawah ini!

Ikan Bakar Cianjur

Foto Ikan Bakar Cianjur
Foto Ikan Bakar Cianjur
Foto Ikan Bakar Cianjur

Sulawesi@Kemang

Foto Sulawesi@Kemang
Foto Sulawesi@Kemang

Talaga Sampireun

Foto Talaga Sampireun
Foto Talaga Sampireun

Jamuan Samudra

Foto Jamuan Samudra
Foto Jamuan Samudra

Live Seafood Cabe Ijo

Foto Live Seafood Cabe Ijo
Foto Live Seafood Cabe Ijo
Foto Live Seafood Cabe Ijo

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?