Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

9 Kuliner Khas Bandung Yang Patut Kamu Coba

List Artikel
4 November 2018 | 0 Komentar
Bandung merupakan kawasan yang terkenal dengan destinasi kulinernya yang sangat beragam dan istimewa. Nggak heran sih, pasalnya segala makanan kreatif dan variatif memang berasal dari kota ini. Dan alasan inilah yang menjadikan banyaknya pengunjung asal luar Bandung yang berbondong-bondong kemari dengan alasan ingin berwisata kuliner. Jika kamu tergolong sering berkunjung ke Bandung, pastinya kamu kenal dengan beberapa kuliner khas Kota Kembang ini yang banyak sekali kalian temui di sepanjang jalan. Nggak harus restoran fine dining mewah, malah rata-rata jajanan khas ini dijual oleh pedagang kaki lima. Dan tentunya kamu nggak perlu merogoh kocek dalam untuk dapat menikmati jajanan tersebut. Untuk kamu yang berencana ke Bandung di akhir pekan ini pastikan kamu cobain kuliner khas-nya ya. Kamu bisa cek list yang sudah PergiKuliner kasih di bawah ini ya!

1. Seblak

Sumber : PergiKuliner.com

Ini nih jajanan yang wajib kamu makan di Bandung. Belum ke Bandung namanya kalau belum cobain si makanan bercita rasa pedas ini. Seblak terbuat dari kerupuk basah yang dicampur dengan bumbu rempah dengan ditambah isian sayur, daging, dan telur. Jajanan ini awalnya dijual di abang gerobakan, namun sekarang seblak bisa kamu nikmati di cafe-cafe, bahkan ada yang versi instan juga lho.

2. Cireng

Sumber : Menginspirasibersama.blogspot.com


Cireng merupakan jajanan berbahan dasar aci yang digoreng. Awalnya cireng banyak kamu temui di tukang gorengan, namun kini cireng sudah naik kelas ke beberapa restoran dan cafe. Bahkan sekarang cireng disajikan dengan sambal rujak yang membuat cemilan ini semakin digemari pecintanya.

3. Surabi

Sumber : PergiKuliner.com

Ini nih makanan ringan khas Jawa Barat yang paling hits di Bandung. Surabi merupakan makanan khas tradisional Urang Sunda yang diolah dengan cara dibakar di tungku. Topping-nya yang beraneka macam, rasa yang enak dan tampilannya yang imut menjadikan cemilan ini sangat digemari para pendatang dan kaum urban di Bandung.

4. Cuanki

Sumber : PergiKuliner.com

Penampilannya sangat mirip dengan bakso Malang, dengan isian aci, bakso, siomay, pangsit rebus, pangsit goreng, dan bakso goreng dengan ditaburi daun bawang. Awalnya kuliner ini ditawarkan oleh penjualnya dengan cara berkeliling, namun sekarang ada kedai-kedai yang menetap sehingga mempermudah pembeli yang ingin membeli.

5. Kue Balok


Sumber : Pergikuliner.com

Kue balok merupakan kue khas Bandung. Sesuai dengan namanya, kue yang sekilas mirip dengan pukis ini berbentuk balok. Rasanya lembut, apalagi lelehan di dalamnya bikin ketagihan. Hampir di setiap lokasi di kota Bandung kita pasti dapat menemukan penjual kue manis bertekstur lembut ini.

6. Mie Kocok

Sumber : Katalogwisata.com

Rasanya hampir sama dengan mie ayam maupun mie bakso, namun perbedannya terletak dari kuahnya yang cenderung lebih kental. Dalam porsi lengkapnya mie kocok terdiri dari mie kuning gepeng, kikil, tauge, dan siraman kaldu dari tulang dan daging tersebut.

7. Soto Bandung


Sumber : Detik.net.id

Yang membuat soto Bandung ini berbeda dari soto lainnya adalah kuahnya lebih kuning dan nggak menggunakan santan. Untuk isiannya biasanya ada suwiran daging, kacang kedelai goreng, dan lobak. Untuk toppingnya ada daun seledri, daun bawang, dan bawang goreng. Rasa kuahnya begitu gurih, dan dagingnya pun sangat empuk.

8. Nasi Timbel

Sumber : PergiKuliner.com

Nasi timbel merupakan hidangan nasi khas Sunda. Penampakan nasi timbel ini berupa nasi yang dibungkus dengan daun pisang sehingga menghasilkan aroma yang khas pada nasi hangat tersebut. Untuk penyajiannya biasanya ditemani daging, ikan, tahu, tempe, serta sambal dan lalapan. 

9. Batagor

Sumber : PergiKuliner.com

Batagor merupakan jajanan murah meriah khas Bandung yang terdiri dari adonan tepung tapioka dan daging ikan tenggiri yang dimasukkan ke dalam kulit pangsit, lalu digoreng. Kemudian disajikan dengan saus kacang dan kecap sebagai pelengkapnya.

Kira-kira dari kuliner yang sudah disebutkan di atas, apa aja nih yang sudah pernah kamu coba? Berikut ini PergiKuliner akan kasih beberapa rekomendasi tempat makan buat kamu yang mau coba makanan-makanan di atas tadi ya. Ingat, belum ke Bandung kalau belum coba kuliner khas-nya!

Seblak Jebred Bdg

Foto Seblak Jebred Bdg
Foto Seblak Jebred Bdg
Foto Seblak Jebred Bdg

Baso Cuankie Serayu

Foto Baso Cuankie Serayu
Foto Baso Cuankie Serayu
Foto Baso Cuankie Serayu

Mie Kocok Abun

Foto Mie Kocok Abun

Kedai Timbel Dago

Foto Kedai Timbel Dago

Batagor Kuah/Kering

Foto Batagor Kuah/Kering

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?