Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

9 Makanan Wajib di Bandung yang Harus Dicoba

List Artikel
6 Mei 2021 | 0 Komentar

Bandung menjadi salah satu kota di Indonesia yang sangat terkenal dengan kulinernya. Kita bisa menjumpai aneka kuliner beragam dengan cita rasa yang berbeda-beda. Kota yang dijuluki sebagai Kota Kembang ini memang punya banyak sekali tempat makan yang bisa kita datangi. Hal ini dikarenakan, industri kuliner di Bandung sangat maju pesat. Kota ini tidak hanya dipenuhi dengan restoran ternama, tapi juga ada kedai kopi, kafe, dan pastinya kuliner kaki lima yang punya sajian makanan enak. Meski ada banyak tempat kuliner di Bandung, ada 9 makanan wajib di Bandung yang harus banget Teman Kuliner coba. Makanan wajib di Bandung ini bisa dijumpai di tempat-tempat yang ada di bawah ini!


1. Bolu Bakar Tunggal



Sumber: Pergikuliner.com


Makanan wajib di Bandung yang pertama adalah bolu bakar yang bisa dijumpai di Bolu Bakar Tunggal. Bolu bakar adalah kuliner yang terbuat dari bolu yang kemudian dimasak lagi dengan cara dibakar sebelum disajikan. Aroma dari bolu yang dibakar ini sangat wangi dan punya rasa yang unik karena efek karamel dari butter dan gula pada bolu. Bolu bakar ini punya beragam pilihan rasa, mulai dari yang original, keju, hingga cokelat.


2. Baso Cuanki Serayu



Sumber: Pergikuliner.com


Ingin kuliner yang berkuah? Teman Kuliner bisa mencoba bakso cuanki. Bakso cuanki merupakan salah satu kuliner khas Jawa Barat yang di dalamnya terdapat bakso halus, tahu, dan siomay. Kuahnya sangat gurih sehingga bisa bikin kita ketagihan. Bakso cuanki ini bisa dijumpai dengan mudah di Bandung dan salah satu tempat makan yang menjual bakso cuanki adalah Baso Cuanki Serayu.


3. Batagor Abun



Sumber: Pergikuliner.com


Tak lengkap rasanya jika membicarakan batagor sebagai salah satu makanan wajib di Bandung. Batagor yang merupakan singkatan dari bakso tahu goreng ini dibuat dari bahan dasar ikan giling yang dimasukkan dalam tahu. Salah satu batagor yang bisa Teman Kuliner icip adalah Batagor Abun yang sangat populer di kawasan Bandung. Batagor di sini punya rasa yang enak, tekstur yang renyah, dan pastinya bumbu kacang yang legit.


4. Lotek Ramdhan



Sumber: Pergikuliner.com


Beralih ke kuliner lotek yang merupakan salah satu kuliner khas Jawa Barat. Lotek ini dari tampilannya memang mirip dengan gado-gado khas Betawi karena memang dibuat dari bahan dasar sayur-sayuran yang kemudian disiram dengan saus kacang. Perbedaannya adalah dalam bumbu kacang lotek terdapat kencur sehingga aromanya lebih kuat dan wangi. Teman Kuliner bisa mencicip lotek ini di Lotek Ramdhan yang jadi lotek favorit warga Bandung.


5. Baso Aci



Sumber: Pergikuliner.com


Selain lotek, ada bakso aci yang juga menjadi kuliner khas Jawa Barat. Meski asalnya dari Garut, tapi kuliner ini justru populer di Bandung. Bakso aci adalah jenis bakso yang terbuat dari bahan dasar tepung sagu sehingga teksturnya lebih kenyal. Bakso aci disajikan dengan tahu, pilus, dan ceker ayam. Bakso aci yang paling terkenal di Bandung bisa Teman Kuliner jumpai di Baso Aci yang punya rasa nikmat dengan isian sajian melimpah.


6. Es Oyen



Sumber: Pergikuliner.com


Ingin yang segar-segar? Teman Kuliner wajib coba es oyen khas Bandung. Es oyen ini pada dasarnya adalah es campur ala Bandung yang di dalamnya terdapat isian daging kelapa muda, nangka, alpukat, potongan kolang-kaling, pacar cina, susu kental manis, dan juga es batu. Salah satu es oyen enak yang bisa Teman Kuliner icip adalah es oyen yang ada di Riau Bandung.


7. Kupat Tahu dan Lontong Kari



Sumber: Pergikuliner.com


Ada lagi nih makanan wajib di Bandung yang harus Teman Kuliner coba, yakni kupat tahu dan lontong kari. Kupat tahu dan lontong kari ini menjadi menu sarapan yang paling banyak disantap oleh warga Bandung. Hal ini dikarenakan keduanya bisa membuat kita kenyang karena isiannya sangat banyak. Ditambah lagi cita rasanya juga sangat enak.


8. Roti Gempol



Sumber: Pergikuliner.com


Tidak hanya bolu bakar saja yang menjadi makanan wajib di Bandung, tapi ada roti gempol yang sangat legendaris karena sudah ada sejak tahun 1958. Dinamakan roti gempol karena roti ini dijual di daerah Gempol Wetan, Trunojoyo. Roti gempol sekilas memang terlihat seperti roti bakar biasa, tapi yang membuatnya unik adalah jenis roti yang digunakan adalah roti gandum sehingga tekstur dan rasanya jadi berbeda.


9. Mie Kocok Kaki Sapi



Sumber: Pergikuliner.com


Terakhir ada mie kocok yang asalnya sudah pasti dari Bandung sehingga menjadi makanan wajib di Bandung yang harus Teman Kuliner coba. Mie kocok ini dibuat dari bahan dasar mie kuning yang disajikan dalam kuah kaldu sapi, irisan kikil, tauge, bakso, dan lain sebagainya. Salah satu mie kocok terlezat yang ada di Bandung adalah Mie Kocok Kaki Sapi yang ada di kawasan Riau.

 

Itulah beberapa makanan wajib di Bandung yang harus banget Teman Kuliner coba. Jadi jangan lupa mampir ke salah satu tempat tersebut saat sedang berada di Bandung ya!

Bolu Bakar Tunggal

Foto Bolu Bakar Tunggal
Foto Bolu Bakar Tunggal
Foto Bolu Bakar Tunggal

Lotek Ramdhan

Foto Lotek Ramdhan
Foto Lotek Ramdhan
Foto Lotek Ramdhan

Baso Cuankie Serayu

Foto Baso Cuankie Serayu
Foto Baso Cuankie Serayu
Foto Baso Cuankie Serayu

Baso Aci Jomblo

Foto Baso Aci Jomblo
Foto Baso Aci Jomblo
Foto Baso Aci Jomblo

Mie Kocok Kaki Sapi Mang Nanang Tea

Foto Mie Kocok Kaki Sapi Mang Nanang Tea
Foto Mie Kocok Kaki Sapi Mang Nanang Tea
Foto Mie Kocok Kaki Sapi Mang Nanang Tea

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?