Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ada Banyak Jenisnya, Ini Varian Bakso Terfavorit di Indonesia

List Artikel
22 Agustus 2019 | 0 Komentar
Bakso menjadi salah satu kuliner yang paling banyak disukai oleh semua kalangan, baik itu anak-anak hingga orang tua. Pasalnya kuliner ini memiliki tekstur yang kenyal dan sangat sedap jika disantap saat masih panas. Biasanya masyarakat Indonesia sangat suka menyantap bakso saat makan siang atau saat musim hujan karena kuah bakso yang gurih bisa menghangatkan badan. Jika kamu hitung, ada banyak sekali jenis bakso yang ada di Indonesia, tapi PergiKuliner kali sudah merangkum tujuh bakso terfavorit yang paling banyak dipesan dan disukai, yaitu:

1. Bakso Telur

Sumber : Pergikuliner.com

Pertama ada bakso telur yang memiliki ukuran cukup besar karena di dalamnya terdapat satu telur rebus utuh. Cita rasanya tidak perlu dipertanyakan lagi karena perpaduan antara bakso dan telur tak hanya memberikan tekstur yang unik, tapi juga cita rasa gurih bercampur creamy. Sebagian besar pedagang bakso telur menggunakan jenis telur ayam sebagai isian bakso, tapi ada juga yang menggunakan telur bebek sehingga cita rasanya jadi lebih creamy dan gurih. 

2. Bakso Urat


Sumber : Pergikuliner.com

Selanjutnya ada bakso urat yang menjadi favorit setelah bakso telur. Bakso urat juga memiliki ukuran yang jumbo seperti bakso telur. Sekilas kamu memang tidak bisa membedakan keduanya secara kasat mata, tapi kalau kamu perhatikan, tekstur bagian luar dari bakso urat tidak sehalus bakso telur karena ada campuran daging sapi yang memiliki banyak urat di dalamnya. Biasanya bagian daging kaki belakang atau kaki depan yang digunakan.

3. Bakso Ikan


Sumber : Pergikuliner.com

Bakso ikan menjadi bakso yang menyehatkan karena memiliki campuran ikan yang kaya akan nutrisi di dalamnya. Bakso ikan memiliki bagian permukaan yang sangat halus dengan warna lebih putih pucat jika dibandingkan jenis bakso-bakso lainnya. Jenis ikan yang digunakan untuk ikan bisa beragam, tapi kebanyakan penjual bakso menggunakan jenis ikan tenggiri yang lebih banyak dagingnya.

4. Bakso Keju

Sumber : Blognuhun.online

Kalau bakso yang satu ini memang termasuk dalam jenis bakso kekinian karena memadukan antara kuliner tradisional dan barat. Bakso keju semakin digemari sejak dipadukan dengan jenis keju mozarella karena ketika dibelah, isian keju di dalamnya akan meleleh dan lumer di mulut sehingga menjadikan cita rasanya lebih lezat dan gurih. Ukurannya besar seperti bakso telur.

5. Bakso Mercon

Sumber : Pergikuliner.com

Bagi penggemar pedas pastinya sangat suka bakso yang satu ini karena bakso ini memiliki isian cabai rawit yang melimpah di dalamnya sehingga cita rasanya menjadi sangat pedas dan meledak-ledak di mulut seperti mercon. Jadi kamu tak perlu lagi menambahkan saus atau sambal di dalam kuah bakso karena cita rasanya sudah pedas. Bakso mercon memiliki nama lain, yakni bakso ranjau.

6. Bakso Kerikil


Sumber : Travlingyuk.com

Sesuai dengan namanya, bakso ini memiliki ukuran yang sangat kecil jikagagag dibanding jenis bakso-bakso lainnya sehingga dinamakan bakso kerikil. Ada sensasi unik ketika menyantap bakso kerikil karena kamu tak perlu memotongnya alias bisa langsung menyantapnya utuh. Dalam satu porsi mangkuk, kamu biasanya akan diberi sekitar 10 sampai 20 isian bakso kerikil di dalamnya. 

7. Bakso Beranak

Sumber : Beautynesia.com

Yang terakhir ada bakso beranak yang sempat populer beberapa tahun yang lalu. Bakso ini memiliki ukuran yang super besar, bahkan bisa dibilang terbesar dibanding bakso lainnya sehingga satu porsi mangkuk bakso hanya diberikan satu buah bakso beranak saja. Dinamakan bakso beranak karena ketika kamu membelah bakso ini, maka kamu akan menemukan bakso-bakso kecil yang ukurannya seperti bakso kerikil di dalamnya. Berhubung ukurannya tak biasa, bakso ini sukses membuat orang banyak penasaran dan ingin mencobanya.

Selain ketujuh bakso di atas, tentunya masih ada lagi bakso favorit masyarakat Indonesia seperti bakso tahu, bakso mangkuk, bakso penyet, hingga bakso malang. Setelah membaca artikel ini, bagaimana jika kamu langsung menyantap hidangan bakso tersebut? Kamu tak perlu mencari rekomendasi lagi ya karena PergiKuliner akan memberikannya referensinya untuk kamu di bawah ini!

Bakso Nyuk Nyang Aleang Makassar

Foto Bakso Nyuk Nyang Aleang Makassar
Foto Bakso Nyuk Nyang Aleang Makassar

Bakso Aan

Foto Bakso Aan
Foto Bakso Aan
Foto Bakso Aan

Bakso Tigan

Foto Bakso Tigan
Foto Bakso Tigan
Foto Bakso Tigan

Bakso Rusuk Samanhudi

Foto Bakso Rusuk Samanhudi
Foto Bakso Rusuk Samanhudi
Foto Bakso Rusuk Samanhudi

Bakso Solo Samrat

Foto Bakso Solo Samrat
Foto Bakso Solo Samrat
Foto Bakso Solo Samrat

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?