Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ada Banyak Rasa, Ini 7 Varian Rasa Donat Terfavorit yang Banyak Diincar!

List Artikel
17 Januari 2020 | 0 Komentar

Donat adalah salah satu jajanan asal Amerika yang sangat populer sekali di Indonesia. Kepopuleran donat di Indonesia menjadikannya tak hanya sebagai camilan yang cocok disantap pada setiap kesempatan, tapi juga seringkali dijadikan sebagai sarapan atau bingkisan untuk teman atau keluarga saat sedang berkunjung ke rumah mereka. Donat sebenarnya sudah ada sejak tahun 1960-an dan di Indonesia sendiri populer sejak tahun 2000-an. Kepopuleran donat tak lepas dari citarasanya yang lezat dan pastinya varian yang sangat beragam sehingga membuat siapa saja tidak akan pernah bosan menyantapnya. Dari sekian banyak rasanya, ada beberapa yang menjadi favorit masyarakat Indonesia saat ini, yaitu:

 

1. Donat Kentang Gula



Sumber : Pergikuliner.com


Pertama ada donat kentang gula atau yang lebih dikenal dengan julukan donat kampung karena memang jenis donat ini lebih banyak dijumpai di daerah ketimbang di kota-kota besar. Sesuai dengan namanya, donat kentang gula dibuat dari bahan dasar kentang sehingga teksturnya lebih padat dan pastinya mengenyangkan. Sebelum disajikan, donat kentang biasanya digulungkan ke dalam gula halus sehingga seluruh bagian permukaan luarnya tertutup gula halus yang berwarna putih.

 

2. Donat Meises



Sumber : Pergikuliner.com


Varian donat populer yang kedua adalah donat meises yang juga masih tergolong dalam bagian donat kampung. Sama seperti donat kentang gula, kebanyakan donat meises ini juga dibuat dari campuran kentang sehingga lebih padat. Tapi ada juga yang tidak menggunakan campuran kentang. Sesuai dengan namanya, pada bagian atas donat meises ini akan diberi olesan mentega dan ditaburi dengan meises. Biasanya meises yang digunakan adalah meises cokelat atau meises warna-warni.

 

3. Donat Keju



Sumber : Eliabakery.com


Selanjutnya ada donat keju yang tak kalah enaknya dari donat meises. Donat keju memiliki taburan keju cheddar parut di atasnya. Tapi sebelum ditaburi dengan keju parut, biasanya bagian atas donat akan dilapisi dengan krim terlebih dahulu agar keju parut bisa menempel dengan sempurna. Ada beberapa pembuat donat yang juga memasukkan keju parut dalam adonan donat mereka sehingga cita rasanya bisa menjadi lebih gurih dan asin.

 

4. Donat Matcha



Sumber : Shopee.co.id


Beralih pada donat modern yakni donat matcha yang merupakan variasi dari hasil inovasi donat. Donat matcha ini memiliki tampilan yang berwarna kehijauan karena memang dibuat dari campuran matcha. Dengan begitu aroma dan cita rasanya sangat berbeda dan unik jika dibandingkan ketiga jenis donat di atas. Penggunaan matcha memang tak hanya bisa mengubah warnanya saja, tapi juga cita rasa yang dimilikinya.

 

5. Donat Tiramisu



Sumber : Superkue.com


Bukan hanya varian minuman dari kopi saja yang sedang populer, tapi makanan dari campuran kopi juga menjadi favorit masyarakat Indonesia. Donat tiramisu hadir dengan cita rasa khas tiramisu yang di dalamnya terdapat campuran cokelat serta kopi. Biasanya untuk donat tiramisu ini bentuk donatnya tidak ada lubang di tengahnya karena pada bagian tengah akan dimasukkan krim tiramisu. Jadi pada saat kamu menggigit bagian tengahnya akan ada krim yang lezat menyatu dengan donat.

 

6. Donat Oreo



Sumber : Pikdo.net


Donat oreo juga menjadi salah satu varian rasa donat yang menjadi favorit banyak orang karena memberikan perpaduan cita rasa yang lezat serta tekstur yang unik. Donat oreo ini memang dibuat dengan bahan campuran oreo di dalamnya dan pada bagian atasnya diberi biskuit oreo yang sudah dihaluskan. Saat menyantapnya, kamu bisa menikmati sensasi menyantap dua kuliner sekaligus, yakni menyantap donat dan biskuit oreo.

 

7. Donat Strawberry



Sumber : Id.tastemade.com


Terakhir ada donat strawberry yang juga digemari. Untuk donat strawberry ini tampilannya jika dilihat dari luar memang tampak seperti donat kentang gula pada umumnya karena memang bagian luarnya diselimuti dengan gula halus. Tapi saat kamu belah atau digigit bagian dalamnya akan ada selai strawberry sehingga citarasanya menjadi berbeda dengan donat kentang. Untuk membedakannya lagi, donat strawberry ini tidak ada bolong di tengahnya.

 

Itulah beberapa varian rasa donat yang selalu menjadi favorit masyarakat Indonesia. Dari ketujuhnya, ada tidak yang menjadi favoritmu? Nah, kalau ingin menyantap donat enak, mampir saja ke salah satu gerai donat yang ada di bawah ini ya!

Ponut Donat Kentang

Foto Ponut Donat Kentang
Foto Ponut Donat Kentang
Foto Ponut Donat Kentang

J.CO Donuts & Coffee

Foto J.CO Donuts & Coffee
Foto J.CO Donuts & Coffee
Foto J.CO Donuts & Coffee

Bake-a-Boo

Foto Bake-a-Boo
Foto Bake-a-Boo
Foto Bake-a-Boo

Mister Donut

Foto Mister Donut
Foto Mister Donut
Foto Mister Donut

Krispy Kreme

Foto Krispy Kreme
Foto Krispy Kreme
Foto Krispy Kreme

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?