Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Affogato vs Coffee Ice Cube, Mana Jagoan Kamu?

List Artikel
13 Mei 2018 | 0 Komentar

Setiap tahunnya, dunia perkopian selalu memberikan tren tersendiri yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kamu tentunya masih ingat kalau sekitar tahun 2013-an ada tren latte art yang sangat digandrungi anak muda, lalu di tahun 2016-an ada tren kopi Vietnam drip, tahun berikutnya ada es kopi susu yang populer karena diicip oleh Presiden Joko Widodo, dan di tahun 2018 ini dunia perkopian sedang diramaikan oleh munculnya coffee ice cube.



Sumber : Pergikuliner.com


Coffee ice cube ini seringkali disanding-sandingkan dengan affogato yang juga merupakan varian dari kopi dingin. Lantas apa yang membuat keduanya disamakan dan apa perbedaannya? Affogato merupakan sajian kopi yang dipadukan dengan es krim. Jenis es krim yang biasa digunakan adalah es krim vanila yang disajikan bersama dengan secangkir espresso. Affogato yang berasal dari Italia ini memiliki arti tenggelam yakni es krim yang tenggelam di dalam espresso.



Sumber : Pergikuliner.com


Sedangkan coffee ice cube merupakan sajian kopi dingin yang memadukan espresso yang dijadikan sebagai balok es dengan susu. Tak harus menggunakan espresso, kamu juga bisa menggunakan jenis kopi manual brew sehingga cita rasa kopinya tidak terlalu strong. Keduanya disamakan karena sama-sama memiliki campuran susu di dalamnya, ditambah lagi tampilannya terbilang unik. Affogato disajikan dalam dua wadah yang berbeda yakni ada wadah yang digunakan es krim dan espresso. Jadi nantinya kamu akan menyiram es krim dengan espresso.



Sumber : Pergkuliner.com


Sementara untuk coffee ice cube ada tiga wadah yang berisi espresso beku, susu cair, dan gula cair dengan cara penyajian kebalikannya yakni susu cair dituang ke dalam espresso yang sudah dijadikan balok es. Gula cair hanya akan digunakan jika kamu merasa citarasa minuman tersebut kurang terasa manis. Belakangan ini affogato mengalami banyak inovasi dari mulai ditambahkannya bahan lain seperti granola hingga penggantian es krim vanilla dengan rasa es krim yang lebih beragam seperti es krim durian dan es krim alpukat. Sementara untuk coffee ice cube, inovasi dilakukan dengan mengganti espresso atau manual brew dengan varian kopi lain.



Sumber : Pergikuliner.com


Kalau ditanya lebih menyegarkan mana, keduanya sudah pasti menyegarkan dan masing-masing punya keunikan dan sensasi yang berbeda. Buat kamu yang ingin minum minuman kopi dingin dengan cita rasa tambahan creamy, kamu bisa mencoba affogato.  Sedangkan jika kamu penggemar latte atau cappucino, kamu bisa mencoba coffee ice cube karena cita rasanya tak jauh berbeda dengan latte atau cappucino. Setelah tahu ingin memilih affogato atau coffee ice cube, kamu bisa mendatangi salah satu coffee shop di bawah ini untuk mencobanya langsung ya! 

Viverri Coffee

Foto Viverri Coffee
Foto Viverri Coffee

Gentle Ben

Foto Gentle Ben

Logika Coffee

Foto Logika Coffee

Coffee With Me

Foto Coffee With Me

Guten Morgen Coffee Lab & Shop

Foto Guten Morgen Coffee Lab & Shop

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?