Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Agar Tak Sakit Perut, Ini Tips Jitu Minum Kopi di Pagi Hari

List Artikel
5 Juli 2021 | 0 Komentar

Kopi menjadi salah satu minuman yang punya banyak penggemar. Tak hanya di Indonesia, tapi juga di dunia. Kopi memiliki aroma wangi yang khas dengan rasa yang unik dan berbeda dari minuman-minuman lainnya. Kopi disukai tak hanya karena aroma dan rasanya saja, tapi juga manfaatnya. Kopi memiliki segudang manfaat untuk tubuh, jika diminum dalam batas wajar. Kopi diketahui bisa meningkatkan konsentrasi, menghilangkan rasa penat dan stres, mencegah diabetes, mencegah rasa kantuk, menangkal kanker, dan lain sebagainya. Dengan beragamnya manfaat kopi, maka banyak orang yang menggemarinya. 


Kopi sebenarnya bisa diminum kapan saja alias pada kesempatan apapun. Rata-rata orang lebih suka mengonsumsi kopi di pagi hari. Alasannya sudah pasti untuk mencegah rasa kantuk dan meningkatkan semangat sebelum memulai beraktivitas. Tapi bagi sebagian orang, meminum kopi di pagi hari bisa menyebabkan sakit perut. Hal ini bisa terjadi jika Teman Kuliner punya lambung yang agak sensitif. Lantas bagaimana caranya supaya tetap bisa minum kopi di pagi hari tanpa perlu merasakan sakit perut? Pergi Kuliner punya tipsnya untukmu di bawah ini!

 

Minum Air Putih


Sumber: Healthline.com


Sebelum minum kopi, sebaiknya minumlah air putih terlebih dahulu. Kopi memberikan efek diuretik pada tubuh. Inilah yang menjadi salah satu penyebab Teman Kuliner suka buang air kecil hingga besar setelah meminum kopi di pagi hari. Efek ini juga bisa memicu dehidrasi hingga perut yang terasa tidak enak setelah minum kopi. Oleh karena itu, sebelum minum kopi, sebaiknya Teman Kuliner minum segelas air putih terlebih dahulu supaya tubuh bisa mencerna minuman kopi dengan lebih baik. Disarankan untuk minum air putih yang hangat dibanding air putih dingin.


Imbangi dengan Menyantap Sarapan



Sumber: Pergikuliner.com


Salah satu penyebab perut terasa sakit setelah minum kopi adalah karena Teman Kuliner tidak mengonsumsinya bersama dengan sarapan pagi. Tak sedikit orang yang minum kopi di pagi hari sebagai menu sarapan tanpa adanya makanan yang mendampingi. Mereka menganggap kalau cukup sarapan dengan secangkir kopi hangat. Padahal, hal tersebut bisa membuat perutmu terasa sakit karena kopi mengandung kafein dan juga bersifat asam sehingga kurang baik jika dikonsumsi dalam keadaan perut yang kosong. Sebaiknya barengi dengan menu sarapan yang lengkap saat minum kopi di pagi hari. Misalkan saja memakan roti sandwich, bubur ayam, dan lain sebagainya. Dengan begitu, perut juga tidak akan kaget saat terkena kopi karena sudah tersentuh oleh makanan.


Gunakan Susu Nabati



Sumber: Medicinet.com


Penggunaan tambahan susu pada minuman kopi ternyata juga bisa mempengaruhi kondisi perut. Pasalnya, susu mengandung laktosa yang tinggi sehingga jika dikonsumsi bersama dengan kopi di pagi hari tanpa sarapan bisa berdampak pada perut yang mulas. Tapi bukan berarti kita tidak bisa meminum kopi dengan campuran susu pada saat sarapan. Sebaliknya, gantilah susu sapi yang biasa digunakan dengan susu nabati yang kandungan laktosanya lebih sedikit. Kalori dan lemak pada susu nabati juga lebih sedikit. Jenis susu nabati yang bisa dipilih adalah susu kedelai, susu almond, susu kelapa, susu oat, dan masih banyak lagi. Kekurangan dari susu nabati adalah citarasanya yang tidak terlalu manis sehingga Teman Kuliner perlu menambahkan sedikit madu ke dalam kopi untuk menambah rasa manis alaminya.


Tambahkan Aneka Rempah



Sumber: Daihatsu.co.id


Tips jitu minum kopi di pagi hari yang terakhir adalah dengan menambahkan rempah-rempah. Dengan penambahan rempah pada minuman kopi, maka aroma kopi akan semakin lebih wangi, kita yang meminumnya juga menjadi lebih sehat karena dalam rempah-rempah terdapat kandungan antioksidan dan antibakteri yang sangat tinggi sehingga bisa mencegah sakit perut. Jenis rempah yang bisa Teman Kuliner gunakan adalah kayu manis, jahe, pala, sereh, hingga cengkeh. Teman Kuliner bisa merebus air seduhan kopi terlebih dahulu dengan rempah-rempah tersebut hingga aromanya wangi, lalu menyaringnya dan menuangnya ke dalam bubuk kopi.

 

Jika kurang suka dengan aroma rempah yang terlalu kuat, tambahkan saja sedikit bubuk cokelat atau irisan buah apel atau lemon pada saat merebus airnya. Dengan begitu, aroma rempah akan menyatu dengan aroma buah.

 

Itulah beberapa tips jitu minum kopi di pagi hari agar tidak sakit perut. Teman Kuliner bisa langsung mempraktekkannya besok. Jika malas menyeduh kopi sendiri di rumah, Teman Kuliner bisa mampir ke salah satu kedai kopi yang ada di bawah ini!

Giyanti Coffee Roastery

Foto Giyanti Coffee Roastery
Foto Giyanti Coffee Roastery
Foto Giyanti Coffee Roastery

Kinari Coffee Shop

Foto Kinari Coffee Shop
Foto Kinari Coffee Shop
Foto Kinari Coffee Shop

Dancing Goat Coffee Co.

Foto Dancing Goat Coffee Co.
Foto Dancing Goat Coffee Co.
Foto Dancing Goat Coffee Co.

Phyllo Coffee

Foto Phyllo Coffee
Foto Phyllo Coffee
Foto Phyllo Coffee

Kopi Konnichiwa

Foto Kopi Konnichiwa
Foto Kopi Konnichiwa
Foto Kopi Konnichiwa

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?