Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Agar Terasa Lebih Nikmat, Ini Cara Menyantap Ramen yang Benar

List Artikel
1 Mei 2018 | 0 Komentar

Ramen merupakan kuliner mie berkuah khas Jepang yang sangat cocok disantap saat sedang musim hujan. Mie yang ada pada ramen cenderung lebih tebal dan kenyal jika dibandingkan mie kuning pada umumnya. Ramen biasa disajikan dengan beragam topping seperti char siu (daging babi), rumput laut, daun bawang, jamur, telur rebus setengah matang, dan lain sebagainya. Ramen di Indonesia bukan merupakan kuliner yang asing lagi. Keberadaan ramen ini bahkan sudah ada muncul sejak tahun 90-an, tapi baru mulai popular di awal tahun 2000-an dengan munculnya restoran-restoran ramen dengan cita rasa yang autentik khas Jepang. Buat kamu yang sudah sering menyantap ramen, apakah selama ini cara makan ramen kamu sudah benar? Ramen harus disantap dengan benar agar rasanya terasa lebih nikmat. Kalau kamu belum tahu cara menyantapnya yang benar, coba lihat dulu yuk cara-caranya di bawah ini!



Sumber : Pergikuliner.com


1. Makan Selagi Panas

Masyarakat Jepang selalu menyantap ramen saat masih panas atau saat uapnya masih mengepul. Hal ini dikarenakan jika kamu menyantapnya saat hangat, tekstur mie yang ada di dalamnya pasti akan berubah. Ditambah lagi, topping-topping yang ada di atasnya sudah tidak menjadi segar lagi. Buat kamu yang takut lidahnya terbakar karena panasnya ramen, kamu bisa mengangkat mie ke udara dan meniupnya beberapa detik untuk menghilangkan uap panasnya.

 

2. Makan dengan Menyeruput

Kebanyakan masyarakat Indonesia menyantap ramen beserta kuahnya sekaligus. Sedangkan masyarakat Jepang menyantap ramen dengan cara menyeruput mienya terlebih dahulu. Cara seperti ini dinamakan dengan zuzutto. Zuzutto memiliki arti menyeruput. Tujuannya adalah saat kamu menyeruput mie dengan menggunakan sumpit, maka kuah ramen akan ikut terbawa oleh ramen dan terhirup olehmu. Jadi mie dan kuah bisa menyatu secara sempurna. Setelah melakukan zuzutto, kamu bisa menyeruput kuah ramen dengan meminumnya dari pinggir mangkuk dengan cara mengangkat mangkuk tersebut dan mendekatkannya ke mulut. Cita rasa kuah ramen yang diseruput dari pinggir mangkuk akan terasa berbeda jika kamu menyeruputnya dari sendok.

 

3. Gunakan Sumpit dan Sendok

Kalau kuah ramen lebih enak diseruput dari pinggir mangkuk, lantas apa gunanya sendok bebek yang selalu diberikan bersama sumpit saat menyantap ramen? Sendok tersebut berfungsi untuk menyantap telur setengah matang yang ada pada sajian ramen. Penggunaan sendok bebek dimaksudkan agar isian telur tidak keluar ke mana-kemana dan tercampur dengan kuah ramen. Sedangkan untuk menyantap mienya, kamu harus menggunakan sumpit agar bisa melakukan cara zuzutto di atas. Kalau masih belum bisa menggunakan sumpit, kamu harus belajar terlebih dahulu karena ramen akan terasa lebih sedap jika disantap dengan menggunakan sumpit, bukan sendok atau garpu ya!

 

4. Hindari Mencampur Bumbu Tambahan

Terakhir adalah jangan terlalu sering mencampurkan bumbu-bumbu tambahan lainnya ke dalam kuah ramen karena pencampuran bumbu tambahan akan merusak cita rasa khas ramen itu sendiri. Jadi kalau bisa, kamu tidak perlu menambahkan lada atau kecap asin lagi ke dalam ramen. Jika ingin memperkuat rasa kuah ramen, kamu bisa menambahkan sedikit bawang putih segar yang bisa memunculkan rasa dan aroma lebih tajam pada kuah ramen.

 

Kalau sudah tahu cara-cara menyantap ramen yang benar di atas, bagaimana kalau kamu mempraktikannya langsung dengan mencicip ramen yang ada di salah satu restoran ramen di bawah ini!

Bankara Ramen

Foto Bankara Ramen
Foto Bankara Ramen
Foto Bankara Ramen

Marutama Ra-men

Foto Marutama Ra-men
Foto Marutama Ra-men
Foto Marutama Ra-men

Bariuma Ramen

Foto Bariuma Ramen
Foto Bariuma Ramen
Foto Bariuma Ramen

Yamagoya Ramen

Foto Yamagoya Ramen
Foto Yamagoya Ramen
Foto Yamagoya Ramen

Ramen Orenchi

Foto Ramen Orenchi
Foto Ramen Orenchi

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?