Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Air Putih vs Air Mineral, Apa yang Membedakannya?

List Artikel
11 Februari 2020 | 0 Komentar

Tubuh manusia 70% mengandung air. Jadi tak heran kalau tubuh manusia memerlukan asupan air putih setiap harinya. Air putih memang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk bisa beraktivitas sehari-hari. Keluarnya cairan melalui keringat membuat kita kehilangan kadar air dalam tubuh. Jika tidak segera dipenuhi kembali, maka tubuh bisa mengalami yang namanya dehidrasi. Lantas air apa yang sering kamu minum? Air yang sering diminum ini terbagi menjadi dua, yakni air putih dan air mineral. Keduanya ini seringkali disalahartikan karena dianggap sama, terutama dari segi tampilannya yang bening. Padahal sebenarnya air putih dengan air mineral berbeda lho. Lantas apa perbedaan dari air putih dan air mineral? Coba kita cek langsung saja di sini!


Sumber : Hellosehat.com 


1. Tampilan

Secara kasat mata, air mineral dan air putih ini tidak ada perbedaannya sama sekali. Tapi kamu masih bisa membedakannya kok. Air mineral biasanya dijual dalam bentuk air kemasan, baik itu kemasan botol, gelas, hingga galon. Inilah yang menjadi perbedaan besar antara air mineral dengan air putih biasa.

 

2. Sumber Air

Perbedaan yang kedua bisa kita lihat dari sumber mata airnya. Seperti yang kamu ketahui, air putih ini bisa diambil dari sumber mata air apa saja, mulai dari sungai, danau, tanah, sumur, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk air mineral diambil dari mata air yang mengandung mineral di dalamnya. Biasanya mata air mineral ini berasal dari air gunung. Tapi bukan berarti air yang diambil dari sumber mata air lainnya tidak bisa menjadi air mineral, jika ditambahkan kandungan nutrisi di dalamnya, maka air putih juga bisa menjadi air mineral.

 

3. Masa Kadaluarsa

Setelah itu kita bisa membedakannya dari segi masa kadaluarsanya. Berhubung air mineral ini dimasukkan dalam kemasan, baik itu kemasan plastik maupun kaca, maka sudah pasti ketika proses pemasukan maupun penyimpanannya ini rentan terjadi kerusakan atau kebocoran bakteri. Oleh karena itu, kita seringkali melihat kemasan air mineral yang bertuliskan jika segel atau kemasan rusak, maka jangan dibeli atau harus dikembalikan. Berbeda dengan air putih yang tidak ada masa kadaluarsa karena memang tidak disimpan dalam kemasan.

 

4. Nutrisi dan Manfaat

Jika dilihat dari segi nutrisi dan manfaatnya, ada perbedaan dari air putih dan air mineral. Untuk air mineral memang mengandung lebih banyak nutrisi di dalamnya, mulai dari zinc, kalsium, zat besi, dan magnesium. Lalu apakah air putih tidak punya kandungan nutrisi? Air putih juga punya kandungan nutrisi, tapi tidak sebesar air mineral. Sedangkan untuk manfaatnya, keduanya juga tak jauh berbeda karena sama-sama bisa mencegah dehidrasi hingga mendetoksifikasi tubuh. Hanya saja untuk air mineral manfaatnya akan lebih terasa.

 

5. Cita Rasa

Beralih pada perbedaan dari segi cita rasanya. Lho memangnya ada perbedaan cita rasa dari air putih dan air mineral? Tentu saja ada. Air mineral yang mengandung banyak nutrisi akan memiliki cita rasa yang lebih kuat. Berbeda dengan air putih yang cita rasanya jauh lebih hambar. Perbedaan rasa ini memang sangat tipis sehingga agak sulit bagi kita untuk membedakannya.

 

Itulah sekilas perbedaan mengenai air putih dan air mineral. Semoga informasi di atas bisa menambah pengetahuan kulinermu ya! Jika kamu jadi haus setelah membaca artikel ini dan jadi ingin minum yang manis-manis, bisa segera datangi salah satu tempat di bawah ini saja ya!

Tea Station

Foto Tea Station
Foto Tea Station
Foto Tea Station

Juicy Bar

Foto Juicy Bar
Foto Juicy Bar
Foto Juicy Bar

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?