Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Alasan Ilmiah Mengapa Makanan Akan Terasa Lebih Nikmat Saat Lapar Berat

List Artikel
18 Oktober 2019 | 0 Komentar

Lapar menjadi hal yang alami dirasakan seseorang. Rasa lapar menjadi penanda kalau tubuh butuh tenaga dan asupan. Biasanya rasa lapar ditandai oleh perut yang keroncongan serta tubuh yang lemas. Ketika lapar, kita memang dianjurkan untuk segera menyantap makanan. Tapi tentu saja, menyantap makanannya tidak boleh hingga kalap dan berlebihan karena ketika perut keroncongan dan langsung dimasuki makanan yang jumlahnya banyak, maka sistem kerja pencernaan akan lebih berat dan bisa mengakibatkan kamu mengalami sakit perut. Menyantap makanan hingga kalap tentu tidak akan bisa dihindarkan apabila keadaanmu sedang lapar berat. Tapi tahukah kamu kalau ternyata dalam keadaan lapar berat, makanan akan terasa lebih nikmat. Apa alasannya?



 Sumber : Pergikuliner.com


Ketika kamu merasa sangat lapar, kemampuan tubuh untuk mencicip makanan akan lebih meningkat. Rasa sensitivitas reseptor pada lidah juga akan meningkat dan mengakibatkan lidah menjadi lebih peka akan rasa. Ada sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2004 berjudul "Effects of Caloric Deprivation and Satiety on Sensitivity of The Gustatory System”. Pada penelitian ini dihasilkan kalau kelaparan akan membuat cita rasa makanan, baik itu makanan asin dan manis akan terasa lebih asin dan manis. Lidah manusia akan merasa lebih sensitif ketika akan mencicip makanan pada saat lapar berat. Jadi dalam arti kata lain, jika menyantap makanan lezat pada saat perut sedang lapar, maka makanan lezat tersebut akan menjadi bertambah kelezatannya.

  

Sumber : Pergikuliner.com


Sedangkan menurut seorang konsultan nutrisi dan penulis buku Megan Gilmore, saat kamu melihat makanan dalam keadaan lapar, ada hormon yang akan dikeluarkan oleh tubuh. Hormon tersebut adalah hormon dopamin yang bisa membuat kamu merasa lebih puas dengan makanan yang kamu santap. Hormon dopamin merupakan salah satu neurotransmitter pada otak yang berkontribusi pada kepuasan dan kenikmatan. Jadi pada saat suapan pertama kamu makan dalam keadaan sangat lapar, maka hormon tersebut akan terlepas dan mengirimkan sinyal puas sehingga dirimu akan terdorong untuk menyantap suapan kedua dan seterusnya.

  


Sumber : Pergikuliner.com


Sekarang kamu sudah tahu bukan, kalau ternyata ada alasan ilmiah mengapa saat kamu makan dalam keadaan lapar berat, maka makanan tersebut akan terasa lebih nikmat. Untuk menghindari sakit perut saat makan ketika sedang lapar berat, sebaiknya kamu mengunyah makanan yang masuk hingga lumat dan makan secara perlahan sehingga kerja dari sistem pencernaan tidak berat. Dengan begitu, kamu masih bisa makan dengan lebih nikmat lagi.

 

Semoga informasi di atas bisa berguna ya! Jika lapar melanda setelah membaca artikel ini, kamu bisa mampir dulu ke salah satu tempat makan di bawah ini ya!

Cia' Jo Manadonese Grill

Foto Cia' Jo Manadonese Grill
Foto Cia' Jo Manadonese Grill
Foto Cia' Jo Manadonese Grill

Sepiring Padang

Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang

Ayam Bebek Mafia

Foto Ayam Bebek Mafia
Foto Ayam Bebek Mafia
Foto Ayam Bebek Mafia

Indah Seafood 94

Foto Indah Seafood 94
Foto Indah Seafood 94
Foto Indah Seafood 94

Ayam Suwir Wara Wiri

Foto Ayam Suwir Wara Wiri
Foto Ayam Suwir Wara Wiri
Foto Ayam Suwir Wara Wiri

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?