Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Alasan Kenapa Kopi yang Kamu Minum Terlalu Pahit Rasanya

List Artikel
16 Februari 2019 | 0 Komentar
Kopi menjadi salah satu minuman yang popularitasnya sedang naik daun selama lima tahun belakangan ini. Kecintaan masyarakat akan kopi memang tidak perlu dipertanyakan lain. Tingginya minat masyarakat akan minuman kopi dikarenakan kopi saat ini hadir dengan beragam varian jenis yang bisa membuatmu tidak akan pernah bosan menyeruputnya. Berhubung kamu sering menyeruput kelezatan kopi, pernahkah kamu mendapatkan kopi milikmu rasanya terlalu pahit? Kopi memang memiliki citarasa yang agak pahit, tapi kalau pahitnya terlalu berasa, bisa jadi ada sesuatu yang salah pada seduhan kopimu. Untuk mengetahuinya, ada beberapa alasan yang biasanya bisa membuat seduhan kopi terasa sangat pahit rasanya, yaitu:

Sumber : Pergikuliner.com 


1. Terlalu Lama Memanggang Kopi
Alasan yang paling umum terjadi adalah karena biji kopi dipanggang atau disangrai terlalu lama hingga warnanya cenderung cokelat kehitaman. Seharusnya biji kopi yang dipanggang atau disangrai dengan waktu yang pas alias ketika sudah mulai cokelat, maka harus diangkat supaya proses pemasakan tidak terus berlangsung. Kopi yang terlalu lama dipanggang atau disangrai akan memiliki cita rasa pahit yang sangat getir sehingga tidak enak di lidah.
 
2. Kopi Sudah Tidak Segar Lagi
Alasan selanjutnya adalah karena kopi yang digunakan sudah tidak segar lagi, baik itu kopi dalam bentuk bubuk maupun biji. Meski kopi tergolong bahan minuman yang awet dan tahan lama, tapi tetap saja ada masa kadaluarsanya. Jika sudah melebihi masa kadaluarsa tersebut, kopi tidak akan basi atau busuk, melainkan cita rasanya akan jauh berubah. Untuk biji kopi, biasanya bisa tahan hingga waktu 6 bulan. Sedangkan bubuk kopi hanya bisa bertahan kurang dari 1 bulan saja. Cita rasa kopi yang sudah tidak segar akan terasa pahit dan agak tengik. Ditambah lagi, aroma wanginya sudah tidak terlalu kuat.
 
3. Takaran Kopi Terlalu Berlebihan
Jika kamu menyeduh kopi sendiri, hal seperti ini bisa saja terjadi. Kopi akan terasa nikmat jika diseduh dengan takaran yang benar. Untuk itulah adanya barista yang mengetahui takaran jumlah kopi yang akan digunakan. Jika takaran yang diberikan terlalu banyak, sedangkan air seduhan jumlahnya sedikit, maka sudah pasti minuman kopimu akan jadi lebih pahit. Untuk mencegah hal ini terjadi lagi, sebaiknya kamu mempelajari terlebih dahulu mempelajari cara membuat kopi yang benar sehingga tahu jumlah takaran yang pas.
 
4. Suhu Air yang Digunakan Tidak tepat
Takaran sudah benar, lantas apa permasalahannya? Bisa jadi karena suhu air yang kamu pergunakan ini tidak tepat. Kenapa bisa demikian? Kopi harus diseduh dengan suhu air yang pas yakni sekitar 900 hingga 960 celcius. Kopi yang diseduh dengan air yang terlalu panas akan merusak tekstur bubuk kopi sehingga citarasa kopi jadi terlalu pahit. Jadi, sebelum menyeduh kopi dengan air panas, kamu sebaiknya mengecek suhu air dengan menggunakan termometer dulu.
 
5. Penyeduhan Tidak Benar
Alasan terakhir yang mungkin membuat kopimu memiliki cita rasa yang sangat pahit adalah karena penyeduhan yang tidak benar. Sebaiknya sebelum menggunakan metode penyeduhan kopi yang baru, kamu harus mempelajari dulu cara-caranya yang benar. Tidak hanya metode saja yang tidak benar, bisa jadi alat kopi yang digunakan juga tidak steril. Jadi perhatikan juga kebersihan dari alat-alat penyeduh kopi yang kamu pergunakan supaya hasil seduhan kopimu bisa memiliki rasa yang maksimal.

Nah, itu dia alasan kenapa kopi yang kamu minum rasanya terlalu pahit, sekarang kamu sudah tahu kan? Semoga dengan adanya penjelasan di atas bisa menambah pengetahuan kamu di dunia kopi ya teman PergiKuliner. Jika kamu langsung terbayang nikmatnya kopi setelah membaca artikel ini, kamu bisa segera datangi beberapa cafe di bawah ini ya!

Giyanti Coffee Roastery

Foto Giyanti Coffee Roastery
Foto Giyanti Coffee Roastery
Foto Giyanti Coffee Roastery

Tanamera Coffee Roastery

Foto Tanamera Coffee Roastery
Foto Tanamera Coffee Roastery
Foto Tanamera Coffee Roastery

Crematology Coffee Roasters

Foto Crematology Coffee Roasters
Foto Crematology Coffee Roasters

Cyclo Coffee & Apparel

Foto Cyclo Coffee & Apparel
Foto Cyclo Coffee & Apparel
Foto Cyclo Coffee & Apparel

Meanwhile Coffee

Foto Meanwhile Coffee
Foto Meanwhile Coffee
Foto Meanwhile Coffee

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?