Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Alat Seduh Kopi Manual yang Wajib Diketahui Pecinta Kopi

List Artikel
4 Mei 2019 | 0 Komentar
Kopi menjadi salah satu minuman terfavorit masyarakat Indonesia. Fenomena akan kecintaan kopi ini memang sudah melanda semua kalangan dan lapisan masyarakat. Pasalnya kopi tak lagi hadir dalam bentuk kopi hitam panas saja, tapi juga sudah divariasikan menjadi beragam minuman enak seperti es kopi susu, cold brew, cappucino, flat white dan lain sebagainya. Berbicara tentang kopi, meski ada banyak sekali kedai kopi yang menjamur di Indonesia, tapi tetap saja bagi pecinta kopi, menyeduh kopi sendiri di rumah menjadi suatu kesukaan tersendiri. Ada beragam alat seduh kopi manual yang sangat mudah untuk digunakan karena cukup menyeduh bubuk kopi dengan air panas saja. Yuk, coba kita lihat ada seduh kopi manual apa saja yang bisa kamu coba, yaitu:

 

French Press


Sumber : Masabdy.blogspot.com


French press merupakan alat seduh kopi manual yang paling sering digunakan oleh pecinta kopi dan juga kedai kopi. Kamu pastinya sering melihat kedai kopi menyajikan kopi seduh manual dengan alat ini. Bentuk dari french press sangat sederhana. Alat seduh kopi ini mempunyai alat saring pada bagian bawah sehingga ampas kopi bisa terpisahkan dengan air saat kamu seduh. Dengan begitu akan ada hasil minuman kopi tanpa ampas yang bisa dinikmati nantinya.

 

V60


Sumber : Kurasu.kyoto


Selanjutnya ada V60 yang merupakan alat seduh kopi berjenis pour over. V60 ini digunakan dengan cara menuangkan air panas secara perlahan-lahan di atas kopi supaya nantinya air kopi akan menetes di bawahnya. Dengan menggunakan metode penyeduhan kopi manual V60, hasil minuman kopi milikmu akan memiliki cita rasa yang sedikit agak fruity dengan tekstur kopi yang tidak terlalu kental dan berat.


Vietnam Drip


Sumber : Bp-guide.id


Kalau alat seduh kopi manual ini pasti kamu sudah tahu karena metode seduh Vietnam drip sangat terkenal sekali di Indonesia. Alat seduh kopi Vietnam drip yang berasal dari negara Vietnam ini memiliki bahan stainless steel. Nantinya kopi akan diseduh dengan air panas dan Vietnam drip akan diletakkan di atas gelas untuk menampung seduhan kopinya. Kamu bisa menggunakan dark roast coffee dan campuran susu kental manis supaya cita rasanya seimbang antara pahit dan manis. 

 

Moka Pot



Sumber : Cikopi.com


Terakhir ada moka pot yang dari tampilannya sangat mirip dengan pot atau teko untuk memasak air panas pada umumnya. Moka pot ini bisa membuat seduhan kopi milikmu menjadi semakin pekat. Moka pot mengalirkan air yang menguap melewati bubuk kopi. Tapi untuk membuat minuman kopi dengan moka pot, kamu harus menggunakan jenis bubuk kopi yang sangat halus supaya uap bisa dengan mudah melewati bubuk kopi sehingga cita rasanya jadi lebih enak. Moka pot hanya dapat dipakai dengan menggunakan kompor dan nantinya kamu tinggal menunggu kopi keluar ke permukaan atas.

 

Itulah beberapa alat seduh manual yang wajib kamu ketahui ya teman PergiKuliner. Jika ingin menyeruput kopi saat ini tanpa repot membuatnya sendiri, kamu bisa mampir ke salah satu kedai kopi yang ada di bawah ini saja yuk!

Fillmore Coffee

Foto Fillmore Coffee
Foto Fillmore Coffee
Foto Fillmore Coffee

Djournal Coffee

Foto Djournal Coffee
Foto Djournal Coffee
Foto Djournal Coffee

Giyanti Coffee Roastery

Foto Giyanti Coffee Roastery
Foto Giyanti Coffee Roastery
Foto Giyanti Coffee Roastery

Lala Coffee & Donuts

Foto Lala Coffee & Donuts
Foto Lala Coffee & Donuts

Kopi Susu Bu Lurah

Foto Kopi Susu Bu Lurah
Foto Kopi Susu Bu Lurah
Foto Kopi Susu Bu Lurah

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?