Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Alpukat Mentega vs Alpukat Biasa, Apa Sih Bedanya?

List Artikel
23 Maret 2020 | 0 Komentar

Alpukat adalah salah satu jenis buah yang punya banyak penggemar di Indonesia. Meski buah ini tidak punya citarasa yang manis, tapi tekstur buahnya yang lembut membuatnya disukai. Biasanya alpukat akan diolah menjadi beragam olahan kuliner dan ditambahkan gula, susu, atau madu sehingga citarasanya menjadi manis. Kebanyakan orang akan menjadikan alpukat ini menjadi jus yang dicampur susu kental manis cokelat. Tapi banyak juga yang menjadikannya sebagai campuran sandwich, smoothie bowl, hingga topping pancake atau waffel. Di Indonesia, ada banyak jenis alpukat, tapi sebenarnya secara umum ada dua jenis alpukat yang banyak dikonsumsi, yaitu alpukat mentega dan alpukat biasa. Keduanya ini seringkali salah dikenali karena terlihat sama. Agar bisa mempermudahkanmu, berikut perbedaan dari keduanya!



Sumber : Medicalxpress.com


1. Dari Segi Bentuk dan Warna Luar

Perbedaan alpukat mentega dengan alpukat biasa jika kita melihat dari segi bentuknya maka akan susah dibedakan. Hanya saja, alpukat mentega cenderung memiliki bentuk yang lebih bantat atau menggendut dibanding alpukat biasa yang agak lonjong  dan ramping. Sedangkan dari segi warnanya, alpukat mentega ketika matang akan berubah warna menjadi kecoklatan. Hal ini tentu berbeda dengan alpukat biasa karena perubahan warna kulit luar tidak menjadi indikasi kematangan.

 

2. Dari Segi Tekstur Kulit Luar

Untuk perbedaan tekstur kulit luar dari alpukat mentega dengan alpukat biasa adalah tingkat kekasaran kulitnya. Pada kulit luar alpukat biasa cenderung kasar dan tidak rata ketika kamu raba. Berbeda dengan kulit luar pada alpukat mentega yang saat diraba jauh lebih mulus dan halus. Perbedaan ini pasti bisa mempermudahmu membedakannya dengan cepat saat membelinya.

 

3. Dari Segi Tekstur Daging Buah

Beralih ke bagian dalam dari alpukat mentega dan alpukat biasa. Untuk alpukat mentega, tekstur buah jauh lebih tebal dibanding alpukat biasa. Teksturnya juga mirip dengan mentega karena lebih lembut tapi tetap padat. Inilah yang menjadikannya bisa dikonsumsi begitu saja maupun dijadikan jus atau campuran es teler.

 

4. Dari Segi Rasa

Perbedaan dari segi rasa ini ternyata bisa kamu rasakan loh. Kedua jenis alpukat ini memang sama-sama tidak punya rasa manis yang dominan, hanya saja jika dibandingkan, alpukat mentega ini rasanya jauh lebih manis jika dibandingkan dengan alpukat biasa. Ditambah lagi, kamu bisa menemukan sedikit rasa gurih di dalamnya seperti gurihnya mentega.

 

5. Dari Segi Harga

Nah, berhubung keunggulan dari alpukat mentega jauh lebih banyak dibanding dengan alpukat biasa, maka sudah pasti harganya lebih mahal. Rata-rata harga alpukat mentega bisa 2x lipat dibanding alpukat biasa. Tapi bukan berarti alpukat biasa tidak kamu pilih. Meski punya daging buahnya tidak tebal dan rasanya tidak terlalu manis, tapi alpukat biasa juga punya nutrisi yang sama dengan alpukat mentega. Jadi dua-duanya bisa kamu konsumsi secara rutin setiap hari.


Setelah melihat penjelasan di atas, kamu sudah tahu kan apa saja perbedaan alpukat mentega dengan alpukat biasa. Jadi jangan salah mengenali keduanya lagi ya! Jika ingin menikmati aneka sajian berbahan dasar buah-buahan sehat, bisa mampir aja ya ke salah satu tempat di bawah ini aja ya!

Avocado Lovers

Foto Avocado Lovers
Foto Avocado Lovers

Lula Kitchen & Coffee

Foto Lula Kitchen & Coffee
Foto Lula Kitchen & Coffee

PUSH Juice

Foto PUSH Juice
Foto PUSH Juice
Foto PUSH Juice

Tropicale Juice Bar

Foto Tropicale Juice Bar
Foto Tropicale Juice Bar
Foto Tropicale Juice Bar

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?