Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Aneka Ayam Bakar Khas Indonesia

List Artikel
30 November 2015 | 1 Komentar

Ragam kuliner Indonesia memang luar biasa. Dalam satu daerah saja bisa terdapat lebih dari sepuluh macam kuliner khasnya, mulai dari cemilan, minuman, hingga makanan berat. Sebut saja kuliner ayam bakar, kamu bisa menemukan aneka ragam ayam bakar di Indonesia. Ragam ayam bakar ini pun tergantung pada bumbu yang disajikan. Berikut enam ragam ayam bakar yang terkenal di seluruh penjuru nusantara, yaitu:



1. Ayam Bakar Padang



Sumber: dapuranda.com


Jenis ayam bakar ini sangat favorit di kalangan pecinta nasi Padang. Ayam bakar Padang memiliki banyak bumbu, mulai dari cabai, kemiri, kandis, bawang merah, jahe, santan, dan masih banyak lagi. Rasanya sangat kaya bumbu dan cocok disantap bersama nasi panas dan sambal hijau khas Padang.



2. Ayam Bakar Rujak



Sumber: resepcaramasak.com


Ayam bakar rujak banyak ditemui di daerah Jawa. Citarasanya yang pedas manis membuat kamu ingin nambah terus. Bumbu ayam bakar rujak yang digunakan adalah serai, kunyit, cabe, bawang, santan, dan masih banyak lagi. Satu lagi bumbu unik dari ayam bakar rujak, yakni perasan asam Jawa di dalamnya.



3. Ayam Bakar Betutu



Sumber: pergikuliner.com


Ayam bakar betutu bukan hanya populer di Indonesia, tetapi juga di mancanegara. Ayam betutu asal Bali sendiri memiliki lebih dari satu versi. Ada ayam betutu kukus, goreng, dan juga bakar. Bagi kamu yang tidak suka pedas, ayam ini cocok untuk kamu. Tapi untuk kamu yang suka pedas, kamu bisa menyantapnya dengan sambal matah khas Bali.



4. Ayam Bakar Taliwang



Sumber: pergikuliner.com


Berbeda dengan ayam bakar betutu, ayam bakar Taliwang khas Lombok memiliki rasa yang sangat pedas. Berbagai macam bumbu dan rempah digunakan untuk  membuat ayam bakar Taliwang. Rasa yang dominan dari kuliner ini adalah rasa pedas cabai yang menjadi ciri khas dari Lombok. Ayam bakar taliwang biasanya disantap dengan plecing kangkung.



5. Ayam Bakar Rica



Sumber: reishafood.files.wordpress.com


Ayam bakar rica merupakan kuliner khas Manado. Jenis ayam bakar yang satu ini cocok bagi kalian yang suka makan pedas. Yup, Manado memang identik dengan makanan pedasnya. Selain rasa pedas, kamu juga bisa menikmati tekstur daging ayam yang garing diluar dan lembut di dalam.



6. Ayam Bakar Kecap



Sumber: pergikuliner.com


Di urutan terakhir ada ayam bakar kecap yang sering kamu temui di Jakarta. Sesuai dengan namanya, ayam bakar kecap memiliki citarasa yang manis yang dioleskan pada ayam saat dibakar. Ayam bakar kecap bisa disantap dengan sambal tomat atau terasi dan nasi putih.



Warung Leko

Foto Warung Leko
Foto Warung Leko
Foto Warung Leko

J House

Foto J House
Foto J House
Foto J House

Dapur Sambal

Foto Dapur Sambal
Foto Dapur Sambal

Warung Bu Kris

Foto Warung Bu Kris
Foto Warung Bu Kris
Foto Warung Bu Kris

Topik artikel ini:
1 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
baguss....mnantab...<a href='http://ayambakarjogja.com'>ayam bakar jogja</a>
atlasayambakar87@gmail.com | 28 May 2019 pk. 09:42 AM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?