Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Aneka Biji-bijian yang Sering Kamu Jumpai Pada Smoothie Bowl

List Artikel
28 April 2017 | 0 Komentar

Smoothie bowl, kuliner yang satu ini memang sedang naik daun alias populer di kalangan pecinta makanan. Smoothie bowl merupakan kuliner yang terdiri dari smoothie yang disajikan dalam mangkuk lalu diberi taburan topping seperti aneka potongan buah-buahan, kacang-kacangan, dan juga biji-bijian. Biji-bijan, meski terlihat kecil tapi biji-bijian ini memiliki citarasa dan tekstur yang bisa menjadikan smoothie bowl kamu terasa lebih lezat. Biji-bijian yang digunakan pada smoothie bowl juga kaya akan gizi dan vitamin yang bagus untuk tubuh kamu. Buat yang sering makan smoothie bowl, yuk kenali lima biji-bijian yang sering kamu jumpai pada smoothie bowl!

 

1. Flax Seeds



Sumber: womenfitness.com


Flax seeds menjadi biji-bijian pertama yang paling terkenal untuk topping smoothie bowl. Flax seeds adalah biji dari bunga flax yang tumbuh subur di Amerika Serikat. Bentuknya mirip dengan biji wijen dengan warna cokelat tua dan kuning keemasan. Flax seeds mengandung sumber Omega 3 tertinggi di dunia, serat yang sangat tinggi, serta antioksidan yang 800 kali lebih tinggi dari biji-bijian, sayur, serta buah. Tak heran jika flax seeds memiliki harga yang jauh lebih tinggi dibanding biji-bijian lainnya.

 

2. Poppy Seeds



Sumber: wisegeek.com


Si hitam mungil ini memang sering muncul di dunia kuliner. Tak hanya dijadikan sebagai taburan roti atau isian kue, poppy seeds ini juga sering muncul di smoothie bowl. Poppy seeds merupakan biji yang diambil dari buah poppy di Timur Tengah. Poppy seeds yang berukuran mini ini memiliki warna hitam keabu-abuan. Poppy seeds mengandung lemak tinggi yang baik untuk tubuh sehingga bisa mencegah penyakit jantung, stroke, dan darah tinggi. Selain itu, poppy seeds juga mengandung Omega 6 dan vitamin C yang cukup tinggi.

 

3. Chia Seeds



Sumber: authoritynutrition.com


Kalau biji-bijian yang satu ini pasti sudah tak asing lagi. Chia seeds merupakan biji-bijian yang digunakan hampir di semua varian smoothie bowl. Warnanya memang mirip dengan poppy seeds, hanya saja chia seeds ini terlihat lebih pekat dengan bentuk yang cenderung lebih pipih. Saat bercampur dengan cairan, chia seeds akan mengembang seperti biji selasih. Chia seeds berasal dari tanaman Salvia Hispanica L yang ada di Meksiko dan Amerika Selatan. Chia seeds mengandung omega3 yang sangat tinggi, serat, kalsium, dan masih banyak lagi vitamin lainnya.

 

4. Pumpkin Seeds



Sumber: browneyedbaker.com


Sesuai dengan namanya, pumpkin seeds merupakan biji-bijian yang berasal dari labu kuning. Pumpkin seeds ini menjadi salah satu superfood yang banyak diburu para pecinta kuliner sehat. Bentuknya memang cukup besar dibanding biji-bijian lainnya. Jika biasanya pumpkin seeds dipanggang untuk dijadikan camilan saja, kini pumpkin seeds dijadikan taburan topping smoothie bowl. Biji-bijian ini mengandung zat besi yang sangat tinggi, kalsium, serta magnesium sehingga bagus untuk tulang dan gigi kamu. Selain itu, pumpkin seeds juga bisa meningkatkan sistem imun tubuh.

 

5. Sunflower Seeds



Sumber: rosannadavisonnutrition.com


Sunflower seeds alias biji bunga matahari selama ini hanya dikenal sebagai camilan sehat. Tetapi belakangan, sunflower seeds ini bisa kamu jumpai dalam smoothie bowl. Sunflower seeds ini memiliki banyak kandungan vitamin seperti vitamin E yang tinggi sehingga bagus untuk kulit, vitamin B 1, serta B12 yang bagus untuk pembentukan sel darah merah. Di Indonesia, sunflower seeds ini lebih dikenal dengan nama kuaci.  


Nah, sudah tau kan apa saja biji-bijian yang sering kamu jumpai pada smoothie bowl? Jadi, kamu nggak perlu bingung lagi nama biji-bijian yang ada pada smoothie bowl yang kamu makan. Kalau teman PergiKuliner penasaran rasa dan manfaat biji-bijian di atas, kamu bisa kunjungi tempat makan yang menyediakan smoothie bowi  di bawah ini!

Ottoman's Coffee Brewers

Foto Ottoman's Coffee Brewers
Foto Ottoman's Coffee Brewers
Foto Ottoman's Coffee Brewers

Berrywell

Foto Berrywell
Foto Berrywell
Foto Berrywell

Beets and Bouts

Foto Beets and Bouts
Foto Beets and Bouts
Foto Beets and Bouts

Nalu Bowls

Foto Nalu Bowls
Foto Nalu Bowls
Foto Nalu Bowls

SNCTRY & Co

Foto SNCTRY & Co
Foto SNCTRY & Co
Foto SNCTRY & Co

Mau tau dimana saja tempat makan enak di wilayah JABODETABEK, Bandung dan Surabaya? Cek pergikuliner.com dulu ya sebelum pergi kulineran!


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?