Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Aneka Jajanan Khas Indonesia yang Jadi Kekinian Berkat Tambahan Keju

List Artikel
17 Oktober 2017 | 0 Komentar

Indonesia dikenal kaya akan ragam kulinernya khasnya, terutama jajanan tradisional. Masing-masing daerah yang ada di Indonesia bahkan ciri khas jajanan tersendiri yang cita rasanya berbeda. Meski ada banyak serbuan jajanan asing yang masuk ke Indonesia, tapi bukan berarti jajanan khas Indonesia jadi tidak diminati lagi. Berbagai macam inovasi dilakukan agar jajanan tradisonal bisa bersaing dengan jajanan modern, salah satu caranya adalah dengan memadukannya dengan keju agar jadi lebih kekinian. Ingin tahu ada jajanan khas Indonesia apa saja yang enak jika ditambahkan keju? Yuk, lihat!

 

1. Surabi



Sumber : pergikuliner.com


Surabi adalah jajanan yang berasal dari Bandung. Surabi sering dijuluki sebagai pancakenya Indonesia karena bentuknya yang mirip dengan pancake. Surabi terbuat dari campuran tepung beras dan santan kelapa. Aslinya surabi disajikan hanya dengan kuah kinca yang merupakan campuran gula merah dan santan cair. Tapi sekarang surabi sudah mulai disajikan dengan tambahan parutan keju di atasnya sehingga ada campuran cita rasa gurih.

 

2. Kue Cubit



Sumber : pergikuliner.com


Kue cubit merupakan jajanan yang sangat popular di Jakarta. Beberapa tahun belakangan ini, kue cubit selalu menjadi sorotan karena mengalami aneka inovasi dari segi cita rasa. Kue cubit terbuat dari campuran telur, gula pasir, tepung terigu, mentega, dan baking powder yang kemudian dicetak dengan cetakan khusus. Kue cubit yang sedang menjadi hits biasanya ditambahkan cokelat dan keju di atasnya.

 

3. Kue Pancong


Sumber: menuresepkue.com


Kue pancong sangat identik dengan jajanan kaki lima yang berasal dari Betawi. Kue yang terbuat dari campuran tepung beras, santan kelapa, telur, dan kelapa parut muda sehingga cita rasanya jadi lebih gurih. Kue pancong biasanya disajikan dengan taburan gula pasir untuk menambah cita rasanya, tapi sekarang kue pancong juga diberi taburan keju sehingga rasanya jadi lebih modern.

 

4. Kue Pukis


Sumber: resepbutik.com


Kue pukis sekilas bentuknya memang mirip dengan kue pancong, tapi keduanya ini sangat berbeda dari segi bahan yang digunakan dan cita rasanya. Kue pukis terbuat dari adonan telur, gula pasir, tepung terigu, santan, dan ragi yang dicetak dengan cetakan berbentuk setengah bulan hingga matang. Sebelum kue diangkat, ditaburi dulu dengan taburan cokelat meises dan keju. Kue pukis memiliki cita rasa yang lebih manis dan teksturnya lebih berongga jika dibandingkan kue pancong.   

 

5. Cireng


Sumber: pergikuliner.com


Cireng yang berasal dari Bandung ini tergolong dalam gorengan khas Indonesia yang memiliki banyak penggemar. Cireng diambil dari kata aci yang digoreng. Cireng terbuat dari campuran tepung kanji atau tapioka, garam, lada, bawang putih, irisan daun bawang. Seiring dengan perkembangan zaman, cireng dipadu dengan tambahan sosis, bakso, serta keju di dalamnya. Cireng yang tampil lebih modern ini juga biasanya disantap dengan tambahan mayonaise dan saus sambal.  

 

6. Lekker


Sumber: pergikuliner.com


Masih dengan jajanan yang berasal dari Bandung, lekker yang dijuluki crepes asal Indonesia ini memang sedang menjadi hits dan banyak dijual di pusat perbelanjaan Ibu Kota. Lekker merupakan jajanan yang diadaptasi dari kuliner Belanda. Bentuknya mirip dengan crepes, tapi memiliki tekstur yang lebih tipis dan lebih garing. Pada bagian dalam lekker ditaburi dengan meises, kacang tanah sangrai, dan pastinya tak ketinggalan keju parut.

 

7. Ketan


Sumber: pergikuliner.com


Kamu pasti tahu kuliner yang identik dengan jajanan malam ini karena biasanya dijual bersama dengan minuman wedang jahe. Ketan yang biasanya disajikan dengan taburan kelapa parut di atasnya, kini akan terasa lebih nikmat jika dijodohkan dengan siraman susu dan taburan keju parut. Perpaduan tekstur legit dan creamy bercampur dengan cita rasa gurih, manis, dan asin tak akan bisa kamu lupakan. 


Itu dia beberapa aneka jajanan khas Indonesia yang "naik kelas" karena penggunaan keju sebagai topping-nya. Tenang saja! Sekarang tidak sulit kok untuk menemukan aneka jajanan seperti di atas, cukup dengan kunjungi beberapa tempat makan di bawah ini dan nikmati lezatnya aneka jajanan khas Indonesia!

Surabi Teras

Foto Surabi Teras

Omah Sendok

Foto Omah Sendok
Foto Omah Sendok

Waroeng Mee

Foto Waroeng Mee
Foto Waroeng Mee

Lekker Dan Kopi

Foto Lekker Dan Kopi

Bobby Bola Ubi Kopong

Foto Bobby Bola Ubi Kopong
Foto Bobby Bola Ubi Kopong
Foto Bobby Bola Ubi Kopong

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?