Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Aneka Jenis Kimchi dari Korea yang Perlu Kamu Tahu

List Artikel
5 November 2017 | 0 Komentar

Kamu pasti sudah tahu kuliner khas Korea yang satu ini. Kimchi memang sudah tak asing di telinga dan lidah masyarakat Indonesia. Kimchi yang sering dijuluki sebagai asinannya Korea ini merupakan kuliner fermentasi yang terbuat dari sayur-sayuran yang diberi bumbu dan disimpan dalam waktu yang cukup lama. Kimchi wajib disajikan sebagai pendamping saat sedang menyantap kuliner khas Korea. Kimchi mengandung banyak serat yang bagus untuk pencernaan dan mencegah obesitas. Selain itu kimchi juga kaya akan vitamin A, B, dan C sehingga sehat dikonsumsi. Meski di negara asalnya, ada lebih dari 200 kimchi, tapi ternyata hanya ada lima yang sering kamu jumpai di restoran-restoran Korea yang ada di Indonesia. Ini dia jenis kimchinya!

 

1. Baechu Kimchi


Sumber : pergikuliner.com


Kimchi yang paling terkenal dan paling sering kamu lihat adalah baechu kimchi yang terbuat dari sawi putih yang difermentasikan dengan bumbu bubuk cabai, bawang putih, dan minyak ikan. Baechu kimchi ini tak hanya bisa dijadikan sebagai kuliner pendamping, tapi juga bisa dijadikan tambahan nasi goreng dan dijadikan sup kimchi. Di negera asalnya, baechu kimchi paling sering dibuat dalam tradisi Gimjang yakni tradisi membuat kimchi secara massal.

 

2. Kkakdugi Kimchi


Sumber: koreanbapsang.com


Berhubung Korea Selatan memiliki hasil pertanian lobak yang melimpah, mereka pun membuatnya menjadi kimchi agar lobak bisa bertahan lebih lama. Lobak yang sudah dikupas dan dicuci bersih kemudian dipotong kotak-kotak kecil dan dibumbui dengan bumbu yang sama dengan bumbu baechu kimchi. Hanya saja penggunaan bubuk cabai pada kkakdugi kimchi ini lebih banyak sehingga rasanya jadi lebih pedas.

 

3. Gat Kimchi


Sumber: narvii.com


Ada kimchi sawi putih, ada kimchi sawi hijau yang disebut dengan nama gat kimchi. Pembuatan gat kimchi sebenarnya sama saja dengan baechu kimchi. Meski bumbu serta jangka waktu fermentasinya sama, gat kimchi ini memiliki cita rasa yang cenderung lebih asam dam tidak terlalu berair seperti baechu kimchi. Jenis kimchi ini sering dijadikan sebagai pendamping makanan yang menggunakan nasi.

 

4. Oisobagi Kimchi


Sumber: maangchi.com


Jenis kimchi yang satu ini tergolong pada jenis kimchi yang tidak membutuhkan waktu yang lama untuk proses fermentasinya. Oisobagi kimchi adalah kimchi yang terbuat bahan dasar mentimun Jepang yang memiliki warna kulit hijau tua. Mentimun dibelah empat pada bagian atasnya , tapi tidak sampai putus, lalu diberi bumbu sebelum difermentasikan. Oisobagi kimchi disajikan dengan cara dipotong-potong tipis terlebih dahulu dan banyak dijumpai sebagai pelengkap sup.  

 

5. Buchu Kimchi


Sumber: pinterest.com


Terakhir ada buchu kimchi yang merupakan kimchi dengan bahan dasar garlic chives atau daun bawang. Buchu kimchi ini sangat mudah dibuat dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk difermentasikan. Bumbu dasar membuat buchu kimchi adalah bubuk cabai, minyak ikan, gula, dan biji wijen. Rasanya cenderung pedas dengan sensasi manis yang muncul. Teksturnya sangat garing karena waktu fermentasi yang sebentar. Kamu bisa mendengar suara ‘kres-kres’ saat menyantapnya.

 

Dari kelima jenis kimchi di atas, kamu sudah pernah menyantap yang mana nih? Kalau kamu belum pernah mencicip bagaimana cita rasa kimchi, datang saja ke restoran Korea yang ada di Jakarta ini!

Born Ga

Foto Born Ga
Foto Born Ga
Foto Born Ga

School Food Blooming Mari

Foto School Food Blooming Mari
Foto School Food Blooming Mari
Foto School Food Blooming Mari

Arasseo

Foto Arasseo

Han Gang

Foto Han Gang
Foto Han Gang

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?