Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Aneka Kue Beras Khas Korea yang Perlu Kamu Ketahui

List Artikel
30 Desember 2017 | 0 Komentar

Korea memang terkenal akan kulinernya sehingga tak heran jika masyarakat di Indonesia banyak yang menggemari kuliner khas negeri ginseng ini. Kuliner Korea menjadi sangat terkenal di Indonesia sejak keberadaan musik K-Pop juga drama-drama Korea yang ditayangkan di televisi Indonesia. Kuliner Korea yang paling terkenal adalah kimchi, ramyun, dan kimchi. Tapi tahukah kamu kalau selain ketiga kuliner tersebut masih ada kuliner khas Korea lainnya yang lezat dan patut kamu coba seperti aneka ragam kue beras yang memiliki tekstur kenyal dan legit.

 

1. Hwajeon


Sumber: mernaarini.wordpress.com


Hwajeon terkenal di dunia sebagai kue bunga khas Korea karena di atasnya memang benar-benar terdapat kelopak bunga asli. Kue ini aslinya berasal dari masyarakat pegunungan yang ada di Korea Selatan. Mereka membuat kue ini untuk merayakan datangnya musim semi. Hwajeon terbuat dari tepung beras yang dicampur air matang dan gula hingga kalis lalu dibentuk bulat-bulat pipih dan diberi kelopak bunga baru kemudian di panfry hingga matang. Jenis bunga yang biasanya digunakan adalah bunga azalea, tapi kamu juga bisa menggunakan jenis bunga lainnya yang bisa dimakan seperti mawar.

 

2. Songpyeon


Sumber: oreatimes.co.kr


Kue beras yang satu ini memang terlihat sangat cantik karena memiliki warna-warni yang cerah dengan bentuk bulat lonjong yang imut. Songyeon terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan air dan gula hingga kalis lalu diberi isian kacang merah dan kacang kenari cincang. Kue ini dikukus dengan beberapa helai daun pinus supaya aromanya lebih wangi. Songpyeon biasa disajikan sebagai camilan manis pada saat musim semi atau perayaan besar seperti Chuseok di Korea Selatan.

 

3. Gyeongdan


Sumber: steemit.com


Sekilas kue beras yang satu ini tampilannya mirip dengan kue klepon khas Indonesia. Kue ini mendapat julukan sebagai kue beras Gyeongdan terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan air, gula, garam, bubuk kayu manis, pewarna makanan, dan bubuk biji wijen sehingga aromanya sangat wangi. Setelah adonan tercampur rata kemudian dibentuk bulat-bulat dan diisi dengan kacang merah atau kacang tanah tumbuk yang sudah diberi gula. Gyeondan dimasak dengan cara direbus. Saat masih panas, kue beras ini dibalur dengan bubuk green tea atau bubuk kacang merah.

 

4. Injeolmi


Sumber: steemit.com


Ijeolmi merupakan varian kue beras yang terbuat dari campuran tepung beras dengan air panas, garam, dan gula yang ditumbuk dengan kayu hingga kalis. Proses penumbukan terbilang cukup lama dan memakan waktu lebih dari satu jam. Setelah kalis, injeolmi dipotong kotak-kotak lalu diberi taburan kacang kedelai bubuk dan biji wijen. Kue ini sering dijual pada saat perayaan tertentu dan bisa kamu temui disupermarket Korea pada saat tahun baru.

 

5. Tteokochi


Sumber: pergikuliner.com


Kue yang satu ini memang bisa dengan mudah kamu jumpai di restoran-restoran Korea yang ada di Indonesia. Tteokochi merupakan kue beras yang terbuat dari bahan dasar tteok yang digunakan untuk bahan dasar kuliner tteokpokki. Meski dari tampilannya kue ini memiliki warna merah yang terlihat pedas, tapi kue ini justru memiliki cita rasa manis dengan sedikit rasa pedas yang dihasilkan dari guchujang. Tekstur tteokochi garing di luar karena digoreng terlebih dahulu baru dibaluri dengan saus.


Nah! Gimana nih teman PergiKuliner? Kamu jadi tau kan aneka kue beras yang ada di Korea. Kalau di Indonesia pasti kamu sudah familiar dengan makanan yang terbuat dari kue beras seperti tteokbokki kan? Dan sekarang kalau kamu mau cobain aneka masakan Korea yang enak di Jakarta, kamu bisa datang langsung ke tempat-tempat ini ya!

School Food Blooming Mari

Foto School Food Blooming Mari
Foto School Food Blooming Mari
Foto School Food Blooming Mari

GoGoGo! Korean Street Food

Foto GoGoGo! Korean Street Food
Foto GoGoGo! Korean Street Food
Foto GoGoGo! Korean Street Food

Mu Gung Hwa Snack Culture

Foto Mu Gung Hwa Snack Culture
Foto Mu Gung Hwa Snack Culture
Foto Mu Gung Hwa Snack Culture

An.Nyeong

Foto An.Nyeong
Foto An.Nyeong

Arasseo

Foto Arasseo
Foto Arasseo
Foto Arasseo

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?