Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Aneka Kue Khas Indonesia yang Sering Dijadikan Oleh-oleh

List Artikel
4 September 2017 | 0 Komentar

Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki aneka ragam kuliner khas dengan cita rasanya yang berbeda-beda. Tak hanya masakan tradisionalnya saja yang bisa memikat hati siapa saja, tapi juga jajanan tradisional yang dibuat dengan bahan-bahan khas Indonesia. Meski kue-kue modern sudah mulai mencuri perhatian masyarakat Indonesia, tapi tahukah kamu kalau kita juga punya kue tradisional yang cita rasanya tak kalah dari kue modern lho. Biasanya kue-kue tradisional ini dijual di pusat oleh-oleh sebagai buah tangan saat datang ke daerah tersebut. Ingin tahu ada kue khas Indonesia apa saja? Yuk, lihat!

 

1. Lapis Surabaya


Sumber: resepcaramemasak.info


Lapis Surabaya merupakan kue asal Surabaya yang terkenal di seluruh Indonesia. Kue ini terdiri dari dua warna, yakni kuning dan cokelat tua. Lapis Surabaya hanya menggunakan kuning telur sehingga tekstur kuenya jadi sangat empuk dan lembut. Penggunaan kuning telurnya bisa mencapai 13 hingga 15 butir per resep. Selain itu ada tambahan bahan lainnya seperti tepung terigu, gula pasir, susu kental manis, pengembang, serta cokelat bubuk untuk warna cokelatnya.

 

2. Lapis Legit


Sumber: harianbernas.com


Lapis legit atau spekkoek aslinya adalah kue khas Belanda, tapi kemudian diadaptasi oleh Indonesia dan bisa dengan mudah kamu jumpai di daerah Bandung. Lapis legit memiliki lapisan kue yang berlapis-lapis. Terdapat lebih dari 20 layer perloyangnya. Proses pembuatannya ini sangat lama dan rumit karena harus menuangkan adonan layer satu persatu secara manual. Tak heran jika harga lapis legit ini tergolong cukup mahal. Selain berlapis-lapis, ciri khas kue ini adalah aroma kapulaga, kayu manis, dan cengkeh yang bisa kamu rasakan di dalamnya.

 

3. Bolu Kemojo


Sumber: mimiekesuma.blogspot.co.id


Bolu kemojo adalah kue asal Pekanbaru, Riau. Bentuknya menyerupai bunga dengan warna hijau terang yang sangat memikat. Kue ini sering disajikan pada acara-acara penting atau perayaan besar. Bolu kemojo terbuat dari tepung terigu, telur, vanili, gula pasir, margarin, santan kelapa, garam, dan daun suji. Perpaduan santan dan daun suji membuat aroma kue ini sangat wangi dan citarasanya jadi lebih legit dan gurih. Kue ini sangat cocok untuk disantap bersama dengan teh hangat.

 

4. Bika Ambon


Sumber: makannikmat.com


Meski namanya bika Ambon, tapi kue ini justru berasal dari Medan, Sumatera Utara. Kue ini memiliki tampilan kuning cerah yang sangat menarik dengan serabut-serabut besar di dalamnya. Bika Ambon terbuat dari kuning telur, gula, dan santan. Cita rasanya sangat gurih dengan tekstur legit dan cukup padat namun berserat. Waktu pemanggangan kue  ini berlangsung sekitar 3-4 jam lamanya untuk membuat teksturnya jadi lebih berongga.

 

5. Kue Delapan Jam


Sumber: reseponline.info


Terakhir ada kue delapan jam yang berasal dari Palembang, Sumatera Selatan. Dinamakan kue delapan jam karena dibuat dalam waktu delapan jam lamanya. Kue delapan jam dibuat dengan menggunakan perpaduan telur bebek dan telur ayam dengan campuran susu kental manis, margarin, gula pasir, tepung terigu, dan vanili. Kue ini bisa dibuat dengan cara dikukus atau dipanggang.


Sudah tahu kan apa saja kue khas Indonesia yang sering dijadikan oleh-oleh? Tapi tidak hanya dijadikan sebagai oleh-oleh saja lho. Kue-kue di atas juga sering dijumpai di acara-acara rumahan. Pokoknya Indonesia banget deh! Nah, kalau kamu tertarik untuk mencoba aneka kue dan jajanan tradisional khas Indonesia, PergiKuliner sudah punya nih rekomendasi toko roti dan kuenya. Dijamin, rasanya pasti enak. Lihat di bawah ini ya!

Bakery Monami

Foto Bakery Monami
Foto Bakery Monami

Toko Kue Vivi

Foto Toko Kue Vivi

Pastel Istimewa Ma'Cik

Foto Pastel Istimewa Ma'Cik

ET Bakery

Foto ET Bakery
Foto ET Bakery
Foto ET Bakery

Suisse Bakery

Foto Suisse Bakery

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?