Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Aneka Kue Natal dari Berbagai Negara Di Eropa

List Artikel
12 Desember 2022 | 0 Komentar

Natal identik dengan waktu berkumpul bersama orang-orang terkasih. Selain mendekor rumah dengan berbagai atribut Natal, membuat makanan khas juga tak ketinggalan, terutama kue sebagai kudapan saat berkumpul. Di Eropa yang identik dengan musim dingin saat perayaan Natal, banyak menyediakan kue berbahan dasar rempah-rempah yang bisa membuat tubuh hangat. Selain itu bahan yang digunakan juga ada cokelat, kismis, buah-buahan kering, dan kacang-kacangan. Bahkan ada kue yang menambahkan brandy sebagai salah satu komposisinya. Mau tahu apa saja? Yuk, simak beberapa di antaranya!


1. Oliebollen


Sumber: Holland.com


Oliebollen bisa dibilang juga sebagai donatnya Belanda. Di Belgia, makanan khas Natal ini terkenal dengan nama smoutenbollen. Makanan ini terbuat dari gandum, telur, gist, susu, baking powder, garam, dan biasanya ditambahkan kismis serta irisan apel. Adonan untuk Oliebollen dibentuk bulat, digoreng lalu ditaburi dengan gula halus dan disantap sambil menikmati wine.


2. Stollen


Sumber: Whydyoueatthat.wordpress.com


Stollen atau Christstollen merupakan kue khas Natal dari Jerman. Stollen memiliki arti yaitu terowongan, sesuai dengan bentuknya yang seperti terowongan. Kue ini berasal dari abad ke-14. Bahannya terdiri dari mentega, buah kering, kacang-kacangan, rempah-rempah, gula pasir, dan gula halus sebagai topping.


3. Panettone



Sumber: Easymix.com.au


Roti manis yang dihidangkan pada saat Natal dan tahun baru ini merupakan makanan khas Italia. Panettone pertama kali dibuat pada abad ke-18. Roti ini terbuat dari mentega, telur, kismis, kulit jeruk yang diparut, dan kacang-kacangan. Bentuk roti ini seperti kubah dengan tinggi 30 cm dan biasa disajikan dengan wine atau kopi.


4. Buche de Noel



Sumber: Whydyoueatthat.wordpress.com


Kue ini sudah terkenal sejak abad ke-12 di Prancis. Uniknya, kue ini memiliki bentuk seperti batang pohon, yang menggambarkan kebiasaan masyarakat setempat yang suka menebang pohon Yule. Buche de Noel ini sendiri biasanya terbuat dari roll cake (bolu gulung) dan selai buah yang bagian luarnya dilapisi dengan butter cream berwarna coklat untuk membentuk serat-serat kayunya dan daunnya dari marzipan.


5. Bolo Rei



Sumber: Marybloomy.com


Bolo Rei meiliki arti “king cake” atau kue raja. Diberi nama demikian karena bentuknya seperti mahkota raja. Kue buah ini merupakan kue Natal khas Portugal. Bolo rei terbuat dari terigu, telur, ragi, mentega, juga susu, kulit jeruk lemon parut, dan kismis. Bagian atasnya lalu ditaburi manisan cherry, kacang almond, dan walnut cincang.


6. Krumkake



Sumber: Midwestliving.com


Kue khas Natal yang berbentuk unik seperti es krim cone ini berasal dari Norwegia. Krumkake merupakan kue kering wafel yang terbuat dari campuran gula, telur, tepung, dan susu sapi. Adonan krumkake dicetak dengan menggunakan krumkake iron lalu digulung dengan menggunakan rolling pin berbentuk kerucut. Setelah itu bagian atasnya diisi dengan whipped cream yang dicampur buah berry.


7. Lussekatt



Sumber: Sockervisp.wordpress.com


Roti ini merupakan makanan khas Swedia dan Finlandia. Lussekat, roti berbentuk S ini terbuat dari saffron, kayu manis, biasanya diisi dengan cokelat atau buah yang sudah dikeringkan. Tekstur roti ini sangat lembut, pas untuk dinikmati bersama minuman hangat.


8. Dundee



Sumber: Tastefood.info


Aneka kue natal dari berbagai negara di Eropa selanjutnya adalah kue Dundee. Kue Dundee merupakan kue buah yang dihiasi lingkaran almond dan parutan kulit jeruk khas Skotlandia. Yang unik dari kue ini, salah satu bahan pembuatannya adalah wiski.


9. Fruit Cake



Sumber: Gandummas.co.id


Selanjutnya ada fruit cake. Fruit cake merupakan kue khas Natal yang berasal dari Inggris. Yang membuat kue ini unik adalah proses pembuatannya. Fruit cake dibuat dua bulan sebelum Natal dan direndam dalam brandy.


10. Gingerbread Cookies



Sumber: Pittsburghmagazine.com


Siapa yang ngga kenal sama kue imut yang satu ini? Kue jahe menyebar di Eropa pada abad ke-11. Bahan dasarnya terbuat dari gula palem, madu, kayu manis, cengkeh, dan kapulaga. Pada tahun 1296, di Jerman gingerbread dibentuk menyerupai anak kecil dan diberi icing gula. Bentuk ini kemudian dipatenkan hingga sekarang.


Itu dia aneka kue Natal dari berbagai negara di Eropa. Nah, buat kamu yang ingin membeli kue untuk bingkisan Natal, langsung aja yuk datengin toko kue rekomendasi PergiKuliner di bawah ini!

Chateraise

Foto Chateraise
Foto Chateraise
Foto Chateraise

NAMELAKA

Foto NAMELAKA
Foto NAMELAKA
Foto NAMELAKA

Tata Cakery

Foto Tata Cakery
Foto Tata Cakery
Foto Tata Cakery

Bloomery Patisserie

Foto Bloomery Patisserie
Foto Bloomery Patisserie
Foto Bloomery Patisserie

Exquise Patisserie

Foto Exquise Patisserie
Foto Exquise Patisserie
Foto Exquise Patisserie

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?