Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Aneka Kuliner Khas Nusantara Ini Bikin Kamu Makin Cinta Sama Indonesia!

List Artikel
31 Oktober 2018 | 0 Komentar
Kuliner Indonesia memang sudah terkenal akan keunikan dan cita rasa rempahnya yang melimpah. Nggak heran jika penggemar makanan Indonesia itu nggak cuma terdiri dari warga lokalnya saja. Terbukti dari banyaknya turis yang datang ke tanah air, pastinya menyempatkan diri untuk mencicipi masakan khas negeri kita ini. Bagi kita warga lokal tentunya nggak boleh kalah dengan para turis lho! Kalian harus mengeksplor kuliner dari negara kita sendiri, jangan sampai ada yang di klaim dan dicuri oleh negara lain ya! Oleh karena itu, yuk kita telusuri kuliner Indonesia yang terkenal dan mampu bersaing di level internasional ini!

1. Rendang

Sumber : Pomacikitchen.com

Wah siapa yang nggak tahu makanan yang satu ini? Pasti semua orang tahu dong apalagi makanan ini nggak pernah absen ketika hari lebaran tiba. Rendang yang merupakan masakan asli Minangkabau ini mampu menarik perhatian pecinta kuliner dari dalam maupun luar negeri lho. Hal ini terbukti karena rendang masuk dalam kategori makanan asli Indonesia yang mampu go international! Hebat bukan? Bahan utama dari rendang pastilah daging sapi. Di mana daging sapi ini dimasak hingga empuk lalu ditambahkan bumbu rendang yang notabene gurih dan pedas mampu membuat siapa saja nggak mampu menolaknya.

2. Gudeg

Sumber : Pergikuliner.com

Nah, kalau makanan yang satu ini memiliki identitas yang sesuai dengan kota asalnya. Gudeg adalah makanan khas Yogyakarta yang memiliki keunikan tersediri karena bahan utamanya ialah nangka muda. Nangka muda dimasak dengan santan dan gula aren.  Tujuannya, agar nangka menjadi halus dan mudah dikunyah. Makanan ini identik dengan pulau Jawa karena memiliki cita rasa yang manis dan tetap menggugah selera.

3. Gado-Gado

Sumber : Pergikuliner.com

Kalau orang barat punya salad, maka orang Indonesia punya gado-gado. Makanan khas Jawa yang satu ini terkenal dengan istilah “saladnya orang Indonesia”. Mengapa demikian? Karena gado-gado terdiri dari beberapa sayuran segar yang telah direbus terlebih dahulu lalu diberi dressing. Dressing ini juga yang membedakan antara salad dan gado-gado. Gado-gado biasanya diguyur dengan bumbu kacang nikmat sehingga rasanya semakin nikmat.

4. Sate


Sumber : Pergikuliner.com

Ada banyak sate yang terkenal di Indonesia seperti sate Madura, sate Padang, hingga yang paling kekinian yaitu sate taichan. Olahan daging yang ditusuk dan dibakar ini ternyata mampu membuat lidah siapa saja bergoyang, terlebih bagi para turis yang mampir ke tanah air. Oh iya, ternyata sate juga mampu bersaing dengan makanan khas mancanegara. Sudah banyak restoran di luar negeri yang melirik dan ingin sate ada dalam menu makanan mereka. Bahkan di New York sudah ada restoran yang menjadikan sate sebagai primadonanya. Wah bikin bangga ya!

5. Soto

Sumber : Pergikuliner.com

Soto memiliki cita rasa yang menarik karena memiliki rasa yang gurih dan kekentalan yang menarik. Bagi kalian yang ingin mencicipi soto, kalian bisa mengelilingi Indonesia. Karena dari Sabang sampai Merauke kalian akan menemukan olahan soto yang mencerminkan asal kotanya itu sendiri. Seperti soto Betawi yang terkenal gurih karena cita rasa santannya, soto Lamongan yang kaya akan koya yang gurih, dan berbagai soto dengan cita rasanya yang unik lainnya.

6. Sop Buntut
tt

Sumber : Pergikuliner.com

Untuk makanan yang satu ini pasti kalian juga akan mengakui keunikan dan kelezatannya. Sop buntut dibuat dari daging sapi yang sudah lebih dulu dibakar dan dicampur dengan sop yang sudah diberi bumbu. Sop buntut akan jadi lebih nikmat jika dihidangkan bersama nasi, acar, dan tentunya sambal. Tahukah kalian jika makanan ini juga sudah merambah kancah internasional lho! Jadi ternyata sop buntut pernah hadir dalam acara kedutaan Indonesia di Madrid, Spanyol. Dan tahukah kalian bahwa sop buntut mendapatkan respon yang positif dan mampu menyihir para penikmatnya.

7. Nasi Goreng


Sumber : Pergikuliner.com

Yang terakhir yaitu nasi goreng. Mungkin bagi kita warga Indonesia sudah nggak asing dengan makanan yang satu ini. Tapi tahukah kalian jika nasi goreng ternyata sudah menjadi ikonnya Indonesia. Bermula dari mantan presiden Amerika yaitu Barrack Obama yang mengakui nasi goreng ialah masakan Indonesia yang lezat terbukti dari cintanya beliau terhadap makanan yang satu ini.

Nah, kalian sudah lihat bukan beberapa kuliner khas nusantara yang nggak perlu diragukan lagi rasanya? Berbicara tentang makanannya pasti membuat kalian merasa lapar bukan? Tenang saja karena tim PergiKuliner nggak akan membuat kalian bersusah payah mencarinya, berikut ini tempat-tempat makan yang menyediakan makanan tersebut. Lalu yang manakah favoritmu?

Sate Palmerah / Kim Tek

Foto Sate Palmerah / Kim Tek
Foto Sate Palmerah / Kim Tek

Gudeg Sagan

Foto Gudeg Sagan

Gado - Gado Cemara

Foto Gado - Gado Cemara

Nasi Goreng Gila Khas Jakarta

Foto Nasi Goreng Gila Khas Jakarta

Soto Betawi H. Mamat

Foto Soto Betawi H. Mamat
Foto Soto Betawi H. Mamat
Foto Soto Betawi H. Mamat

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?