Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Aneka Macam Pizza dari Seluruh Dunia

List Artikel
1 Oktober 2015 | 3 Komentar
Siapa yang tidak kenal pizza? Makanan dengan bentuk bundar dan pipih ini pada umumnya kita nikmati bersama keluarga maupun rekan sebaya.

Nah, pada awalnya pizza pertama kali dikenal berasal dari Italia sebagai persembahan bagi sang ratu. Kemudian sepanjang perjalanan sejarah, pizza dikenal di berbagai belahan dunia. Hal ini menyebabkan penyesuaian rasa dan varian pizza sesuai dengan karakteristik masing-masing wilayah. Kini, pizza yang disantap juga hanya menawarkan sensasi asin atau asam saja, tapi juga pizza dengan rasa manis. Penasaran? Yuk kita kepoin aneka macam pizza dari seluruh dunia sebelum PergiKuliner.

Neapolitan (Margherita) – Italia 


 Sumber: www.falsonueve.com

Menurut sejarah yang ada, pizza jenis ini diciptakan pada sekitar pertengahan tahun 1889 oleh seorang koki Neapolitan, Raffaele Esposito. Dia membuat pizza tersebut untuk menghormati Margherita, Ratu Italia. Pizza tersebut dibuat dengan sederhana, yaitu roti tipis dengan topping saus tomat, keju mozzarella dan basil. Raffaele membuat topping pizza sedemikian rupa untuk membentuk warna bendera Italia. Alhasil, Ratu Margherita sangat menyukai pizza buatan Raffaele, dan saat itu ia menetapkan nama ratu sebagai nama pizza untuk mengenangnya.


Tarte Flambee – Perancis

 
Sumber: beaualalouche.com

Pizza yang berasal dari Perancis ini tak berbeda jauh dengan pizza Italia. Pasalnya, pizza ini berkonsep sama dengan pizza Margherita yang memiliki rasa gurih dan asam. Adonan dari roti Perancis dibuat tipis dan diberi topping berupa sour cream, jamur, daging, dan keju munster. Akan tetapi, penyajian Tarte Flambee tidak harus itu melulu kok, karena topping yang digunakan bisa beragam sesuai dengan selera. Nah, uniknya lagi, roti tipis ini juga bisa dinikmati dengan cita rasa manis dengan bahan apel, kayu manis, serta dimasak menggunakan alkohol yang memiliki aroma manis. Yummy!


Okonomiyaki – Jepang 


Sumber: pergikuliner.com

Suka makanan Jepang? Kalian pasti tau makanan ini dong! Pizza ala Jepang ini memiliki makna “goreng suka-suka” yang berarti bahwa topping dan adonan yang dibuat tergantung selera. Jadi, kita bisa membuat variasi okonomiyaki sendiri. Nah akan tetapi, makanan ini umumnya ditaburi topping saus kecoklatan, mayonnaise, dan serpihan kulit ikan.


Bulgogi Pizza – Korea 


 Sumber: www.mothersmementos.com

Bulgogi merupakan salah satu makanan nikmat di Korea lho! Makanan yang berasal dari olahan daging sapi ini biasanya dibuat dengan bumbu kecap, rempah, sayuran, dan gula. Adapun sayuran yang pada bulgogi adalah kimchi. Nah, apa jadinya kalau bulgogi tersebut menjadi topping dari pizza? Tentu saja lezat sekali. Pizza bulgogi ini dibuat dengan adonan roti yang tipis dan gurih serta ditaburi lebih banyak kimchi.


Cong You Bing – China 
Sumber: cookdiary.net

Apabila dibandingkan dengan pizza lainnya, makanan ini kurang menarik dan sedap ya! Karena, makanan ini memang terlihat sederhana hanya menggunakan tepung dan daun bawang. Nah, akan tetapi taukah kalian bahwa roti tipis dan kering inilah yang mengawali lahirnya pizza lho. Sejarah mencatat bahwa roti ini adalah makanan yang disukai oleh Marco Polo. Nah, setelah itu barulah Marco Polo meminta seorang koki Italia membuatkan Cing You Bing sama seperti di China. 


Martabak – Indonesia 


Sumber: pergikuliner.com

Makanan ini memiliki dua variasi dalam penyajiannya, yakni asin dan manis. Untuk yang asin, martabak menggunakan campuran telur dan daging. Sementara untuk yang manis, menggunakan banyak variasi namun pada umumnya adalah coklat. Akan tetapi, saat ini martabak disajikan dengan beragam rasa, aroma, dan bentuk. Ada Green Tea, Cheese Cake, Red Velvet, hingga Blackforest Cream Cheese Oreo. Wow!

Nah, dari beragam varian pizza di seluruh dunia ini, mana yang jadi favoritmu?

Tokugawa

Foto Tokugawa
Foto Tokugawa
Foto Tokugawa

Mad for Garlic

Foto Mad for Garlic
Foto Mad for Garlic
Foto Mad for Garlic

Popolamama

Foto Popolamama
Foto Popolamama
Foto Popolamama

Tredici Ristorante

Foto Tredici Ristorante

LaCroazia Pizza Bakar

Foto LaCroazia Pizza Bakar
Foto LaCroazia Pizza Bakar
Foto LaCroazia Pizza Bakar

Topik artikel ini:
3 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
Gan kenapa martabak di kategorikan dalam salah satu menu Pizza , bukannya dari karakteristik bahannya saja sudah berbeda
odi.jaka.wis@gmail.com | 24 Jun 2016 pk. 10:46 PM
Foto user umum
Bahan bahan piza
Relincio95@gmail.com | 19 Aug 2016 pk. 06:58 PM
Foto user umum
Saya suka
Relincio95@gmail.com | 19 Aug 2016 pk. 06:59 PM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?