Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Aneka Minuman yang Terbuat dari Espresso

List Artikel
25 Juli 2017 | 0 Komentar

Kopi menjadi minuman paling popular di dunia selain teh. Tren minum kopi semakin berkembang semenjak menjamurnya coffee shop dengan interior yang unik dan menarik serta variasi kopi yang lebih beragam. Buat kamu yang suka minum kopi, pastinya kenal dengan yang namanya espresso. Espresso menjadi dasar dari sebagian besar varian kopi yang ada di coffee shop. Nah, ingin tahu minuman apa saja yang terbuat dari espresso? Mari kita lihat!

 

1. Long Black



Sumber: pergikuliner.com


Long black merupakan turunan espresso yang paling banyak ditemukan di Australia, Selandia Baru, dan Brazil. Long black dibuat dengan cara menuangkan double shot espresso ke atas air panas melalui mesin espresso. Pembuatan long black sebenarnya mirip dengan americano, hanya saja pada long black, crema di atasnya dipertahankan sehingga cita rasanya jadi lebih pahit.

 

2. Americano



Sumber: pergikuliner.com


Americano sangat digemari kaum Adam, baik itu dalam keadaan panas maupun dingin alias iced americano. Americano dibuat pada saat Perang Dunia ke-2. Pada saat itu americano sengaja dibuat untuk mereka yang tak kuat minum espresso murni. Americano dibuat dengan mencampurkan double shot espresso dengan air panas dengan perbandingan 1:3 atau 1:4 sehingga cita rasanya agak lebih ringan dan tak terlalu pahit.


3. Cappuccino



Sumber: pergikuliner.com


Kalau minuman yang satu ini pastinya kamu kenal banget karena cappucino menjadi minuman terfavorit di kedai kopi atau coffee shop yang ada di Indonesia. Cappucino dibuat dari espresso, steamed milk, dan foam susu yang mendidih. Perbandingannya 1:1:1 sehingga membuat cappucino memiliki cita rasa yang creamy dan lembut tapi rasa pahit dari espressonya masih terasa.

 

4. Caffe Latte



Sumber: pergikuliner.com


Caffe latte atau yang lebih dikenal dengan nama latte ini sering dijuluki sebagai kopi susu. Caffe latte terbuat dari campuran espresso, steamed milk, dan milk foam. Jumlah takarannya adalah 2:3:1. Berhubung takaran susunya lebih banyak, maka cita rasa caffe latte jadi lebih creamy dibanding dengan variasi espresso lainnya. Caffe latte jadi semakin digemari sejak adanya latte art yang membuat tampilan caffe latte jadi lebih cantik dan unik.  

 

5. Flat White



Sumber: pergikuliner.com


Flat white memang tak terlalu terkenal di Indonesia, tapi justru sangat terkenal di Australia dan New Zealand. Banyak orang yang salah mengenali flat white dengan cappucino dan caffe latte. Meski terbuat dari bahan yang sama yakni espresso, steamed milk dan foam susu tapi jumlah takaran foam-nya lebih sedikit dan penggunaan susunya lebih banyak dari cappucino. Rasanya lebih lembut dan creamy dari cappucino namun tak selembut caffe latte.

 

6. Caffe Machiato



Sumber: pergikuliner.com


Caffe machiato yang terbuat dari espresso single atau double shot yang diberi steamed milk sebagai topping di atasnya. Kata machiato memiliki makna ‘menodai’ alias steamed milk yang berwarna putih akan menodai hitamnya espresso. Caffe machiato di coffee shop masih kalah terkenalnya dibanding varian espresso lainnya.

 

7. Piccolo Latte



Sumber: pergikuliner.com


Piccolo latte merupakan turunan jenis kopi yang terbuat dari ristretto shot yang berasal dari ekstrak espresso yang menghasilkan cairan 15-20 ml, steamed milk, dan milk foam. Teksturnya sangat lembut dan kadar asamnya sedikit karena proses ekstraksinya yang cukup lama. Piccolo latte ini disajikan dalam gelas yang lebih kecil sehingga kamu bisa dengan mudah membedakannya dengan cappucino, flat white dan caffe latte.

 

Jadi ingin menyeruput kopi? Yuk, ngopi dulu di salah satu coffee shop kece di bawah ini!

Crematology Coffee Roasters

Foto Crematology Coffee Roasters
Foto Crematology Coffee Roasters
Foto Crematology Coffee Roasters

Kopikalyan

Foto Kopikalyan
Foto Kopikalyan
Foto Kopikalyan

Flow Coffee

Foto Flow Coffee
Foto Flow Coffee
Foto Flow Coffee

Kickass Coffee Works & Hubble Scoop Creamery

Foto Kickass Coffee Works & Hubble Scoop Creamery
Foto Kickass Coffee Works & Hubble Scoop Creamery

Ombe Kofie

Foto Ombe Kofie
Foto Ombe Kofie
Foto Ombe Kofie

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?