Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Aneka Olahan Daging Kambing yang Beda

List Artikel
6 Juli 2022 | 0 Komentar
Siapa yang gemar makan daging kambing? Daging yang memiliki ciri khas pada aromanya ini, menjadi naik daun ketika mendekati Hari Raya Iduladha. Gulai, sate, dan tongseng adalah tiga menu andalan untuk mengolah daging kambing, padahal masih banyak lho aneka olahan daging kambing yang beda buat kamu si pecinta daging kambing. Jika kamu bingung, kali ini PergiKuliner akan memberikan aneka menu yang bisa kamu jadikan alternatif untuk mengolah daging kambing yang beda dari biasanya.

1. Petis Kambing


Sumber: Infogadogado.com

Petis kambing merupakan hidangan yang berasal dari Desa Runting, Pati, Jawa Tengah. Sesuai dengan nama desa tempat asalnya, petis kambing ini juga dikenal oleh masyarakat setempat dengan nama petis runting. Bumbu yang digunakan untuk memasak petis kambing ini sebenarnya mirip dengan bumbu yang digunakan untuk memasak gulai. Hanya saja, ada tambahan tepung beras dan gula jawa di dalam petis kambing ini, yang membuat warna kuahnya menjadi lebih gelap dan juga lebih kental jika dibandingkan dengan gulai. Rasanya juga akan menjadi semakin lezat jika kalian menambahkan daun jeruk sebagai pembangkit aromanya. 

2. Kambing Masak Tomat


Sumber: Resep-masakan-online.com

Daging kambing tidak melulu harus dimasak dengan resep tradisional saja. Kalian juga bisa mencoba menu kambing masak tomat yang memasukan unsur western food di dalamnya. Kambing masak tomat ini dibuat dengan irisan tipis daging kambing yang dicampur dengan susu cair dan juga tomat yang dihancurkan. Untuk menyempurnakan rasanya, kalian bisa menambahkan kocokan telur dan juga irisan bawang bombay. Irisan tipis daging kambing yang digunakan pada menu Kambing masak tomat ini akan membuat bumbu-bumbu lebih meresap dengan sempurna.

3. Korma Kambing

Sumber: Kuali.com

Jika kalian suka mengkonsumsi organ dalam kambing, maka korma kambing adalah menu yang tepat untuk kalian. Masakan yang berasal dari Aceh ini memang dibuat dari tulang-tulang kambing yang masih menyisakan sedikit daging dan juga berbagai macam organ dalam kambing. Walaupun namanya adalah Korma Kambing, tapi tidak ada sedikitpun buah korma yang digunakan untuk memasak hidangan ini. Kuahnya sendiri terbuat dari santan dengan campuran berbagai rempah-rempah khas Indonesia, seperti kunyit, jahe, ketumbar, jintan, cengkeh, kayu manis, dan masih banyak lagi. 

4. Kambing Bakar Mathbi


Sumber: Dentistvschef.wordpress.com

Kambing bakar mathbi adalah menu masakan yang berasal dari daerah Pekalongan. Pada umumnya, menu masakan ini dibuat dari paha kambing yang direbus dengan campuran bumbu seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, dan garam.  Paha kambing yang sudah selesai direbus kemudian dioleskan dengan madu, mentega, dan juga minyak zaitun. Setelah itu, paha kambing kemudian dibakar di atas api arang atau juga dapat dimasukan ke dalam oven selama kurang lebih 20 menit. Rasa Kambing bakar mathbi ini akan semakin nikmat jika kalian memakannya dengan cocolan sambal kecap. 

5. Krengseng Daging Kambing


Sumber: Dapursafa.blogspot.com

Krengseng daging kambing merupakan hidangan yang berasal dari Jawa Timur. Jika dilihat sekilas dari bentuknya, Krengseng Daging Kambing ini sangat mirip dengan semur. Warnanya coklat pekat dan juga terdapat kuah kental di dalamnya. Tetapi jangan salah, ada tambahan bumbu petis udang di dalam masakan krengseng daging kambing ini. Perpaduan rasa antara bumbu rempah, bumbu petis udang, dan juga kecap manis akan menghasilkan rasa yang manis, gurih, dan juga beraroma khas petis udang pada masakan krengseng daging kambing ini. 

Itulah 5 olahan daging kambing yang bisa kamu jadikan alternatif. Jika kamu memiliki informasi menu unik lainnya dengan bahan utama daging kambing, yuk berbagi informasi dengan menuliskannya di comment box artikel ini. Informasi kalian akan sangat bermanfaat bagi pembaca lainnya. 

Selamat mencoba!

Sate Palmerah / Kim Tek

Foto Sate Palmerah / Kim Tek
Foto Sate Palmerah / Kim Tek
Foto Sate Palmerah / Kim Tek

1945 Restaurant - Fairmont Jakarta

Foto 1945 Restaurant - Fairmont Jakarta
Foto 1945 Restaurant - Fairmont Jakarta
Foto 1945 Restaurant - Fairmont Jakarta

Soto Sob H. Asmawi

Foto Soto Sob H. Asmawi
Foto Soto Sob H. Asmawi
Foto Soto Sob H. Asmawi

Sate Kambing & Tengkleng Rica Rica Pak Manto

Foto Sate Kambing & Tengkleng Rica Rica Pak Manto
Foto Sate Kambing & Tengkleng Rica Rica Pak Manto
Foto Sate Kambing & Tengkleng Rica Rica Pak Manto

Pondok Sate Kambing Muda Pak Saepul

Foto Pondok Sate Kambing Muda Pak Saepul
Foto Pondok Sate Kambing Muda Pak Saepul
Foto Pondok Sate Kambing Muda Pak Saepul

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?