Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Aneka Roti Tradisional yang Tak Kalah Rasanya dari Roti Modern

List Artikel
26 Oktober 2018 | 0 Komentar

Roti selalu identik dengan kuliner khas Barat yang dijadikan sebagai menu sarapan pagi. Tapi ternyata di Indonesia, kita bisa menemukan roti tradisional khas Indonesia yang hanya bisa kamu jumpai di daerah-daerah tersebut. Roti-roti tradisional ini merupakan roti lawas yang kelezatannya sudah melegenda. Dari sekian banyak roti tradisional yang ada dimiliki daerah-daerah di Indonesia, ada lima yang sangat populer dan cita rasanya tidak kalah dari roti modern, yaitu:


1. Roti Unyil



Sumber : Pergikuliner.com


Pertama ada roti unyil yang menjadi oleh-oleh khas kota Bogor. Roti unyil ini memiliki bentuk yang kecil sehingga dikatakan unyil. Roti unyil memiliki beragam isian, mulai dari cokelat, keju, pisang, abon, strawbery, dan masih banyak lagi. Harganya terbilang sangat murah dan terjangkau. Saking terkenalnya, gerai roti unyil yang ada di Bogor ini selalu dipadati oleh pengunjung saat akhir pekan atau masa liburan sehingga kamu harus rela mengantri.


2. Roti Buaya



Sumber : Traveltodayindonesia.com


Kedua ada roti buaya yang terkenal sebagai roti yang dibawa sebagai hantaran saat pernikahan adat Betawi. Seperti namanya, roti buaya merupakan roti manis berbentuk buaya yang di dalamnya terdapat isian cokelat, keju parut, hingga selai buah. Biasanya masyarakat Betawi akan membawa roti buaya sepasang, yakni laki-laki dan perempuan. Untuk roti buaya perempuan, pada bagian atas atau sampingnya terdapat anak buaya yang menjadi lambang kesuburan.


3. Roti Ganjel Rel



Sumber : Phinemo.com


Buat kamu yang sering jalan-jalan ke Semarang pasti tahu roti ganjel rel. Roti dengan nama unik ini merupakan oleh-oleh khas Semarang dan sudah ada sejak zaman kolonial Belanda. Roti ganjel rel atau yang juga dikenal dengan nama roti gamblang merupakan roti yang bentuknya menyerupai bantalan rel dengan tekstur padat cenderung keras dan memiliki warna cokelat tua dengan taburan biji wijen putih di atasnya.Rasanya tidak terlalu manis tapi aromanya wangi karena ada campuran kayu manis di dalamnya.


4. Roti Sisir



Sumber : Pergikuliner.com


Pernah mendengar nama roti sisir? Roti yang satu ini rupanya sudah ada sejak tahun 1955 dan masih menjadi favorit banyak orang di daerah Jawa Timur untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Dinamakan roti sisir karena bentuknya yang menyerupai sisir. Roti sisir terbagi menjadi dua jenis, yakni roti sisir kering dan roti sisir basah yang masing-masing, ada yang dilapisi roomboter dan ada yang tidak. Roti ini memiliki cita rasa gurih dan manis serta ada campuran tekstur creamy.

 

5. Roti Bagelen


Sumbee : Klimg.com


Terakhir ada roti bagelan yang merupakan roti tradisional asal Purworejo, Jawa Tengah. Roti bagelan ini merupakan roti manis yang dibelah menjadi dua bagian lalu diolesi dengan roomboter dan dipanggang sehingga teksturnya menjadi agak renyah. Rasanya sangat manis dan aromanya wangi. Roti bagelan ini dijual dalam bentuk kemasan. Satu kemasannya bisa berisi 6-12 buah roti bagelan.


Itu dia lima aneka roti tradisional yang tidak kalah rasanya dengan roti-roti modern yang biasa ada di bakery atau toko roti di dalam mall. Nah, kalau kamu termasuk penggemar roti, kamu wajib banget buat datang ke toko roti rekomendasi PergiKuliner seperti di bawah ini!

Tous Les Jours Cafe

Foto Tous Les Jours Cafe
Foto Tous Les Jours Cafe
Foto Tous Les Jours Cafe

Francis Artisan Bakery

Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery

Kunstkring Bread & Coffee Corner

Foto Kunstkring Bread & Coffee Corner
Foto Kunstkring Bread & Coffee Corner
Foto Kunstkring Bread & Coffee Corner

Majestyk Bakery & Cake Shop

Foto Majestyk Bakery & Cake Shop
Foto Majestyk Bakery & Cake Shop
Foto Majestyk Bakery & Cake Shop

Sponji Traditional Spongecake

Foto Sponji Traditional Spongecake
Foto Sponji Traditional Spongecake
Foto Sponji Traditional Spongecake

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?