Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Aneka Sambal Khas Manado yang Pedasnya Nampol Banget

List Artikel
30 September 2020 | 0 Komentar

Sambal menjadi salah satu kuliner terfavorit di Indonesia. Rasanya hampir sebagian besar masyarakat Indonesia sangat suka dengan sambal. Sambal disantap sebagai pelengkap makan nasi serta makanan khas Indonesia lainnya. Bagi penyuka makanan pedas, apapun makanannya, mereka pasti akan selalu menambahkan sambal saat makan. Cita rasa pedas dan gurih dari sambal dinilai bisa meningkatkan nafsu makan seseorang. Tak heran kalau Indonesia punya puluhan ragam sambal yang tersebar di seluruh penjuru Nusantara. Masing-masing daerah di Indonesia pasti punya sambal khasnya tersendiri, seperti di Manado. Kota yang dikenal dengan makanan pedasnya ini bahkan tak hanya punya satu jenis sambal khas Manado, melainkan ada beberapa jenis. Nah, berikut ini daftar aneka sambal khas Manado yang pedasnya bikin nampol yang sudah Pergikuliner rangkum dari berbagai sumber di bawah ini!


Sambal Dabu-dabu



Sumber: Makanajib.com


Sambal khas Manado yang pertama adalah sambal dabu-dabu. Tentunya kamu sudah familiar dengan jenis sambal mentah yang satu ini. Sambal dabu-dabusering dipadukan dengan aneka olahan ikan karena memiliki cita rasa pedas, asam, pedas, dan gurih. Sambal dabu-dabu dibuat dari campuran cabai rawit, cabai merah, bawang, dan tomat yang diiris tipis atau kotak kecil lalu disiram dengan minyak panas dan dikucuri dengan jeruk nipis.


Sambal Rica



Sumber: Tokopedia.net


Selanjutnya ada sambal rica yang juga tak kalah populernya dibanding sambal dabu-dabu. Sambal rica ini juga banyak dipadukan dengan olahan ikan, ayam, serta seafood. Sambal rica dibuat dari campuran cabai merah, cabai rawit, tomat, bawang, sereh, jahe, dan jeruk nipis. Dari penggunaan bahan-bahannya ini, kamu pasti sudah bisa menduga bagaimana cita rasanya. Citarasa dari sambal khas Manado ini adalah campuran pedas, gurih, asin, dan asam.


Sambal Roa



Sumber: Idntimes.com


Kalau sambal roa lebih dikenal sebagai sambal kemasan karena memang sambal sekarang banyak dijumpai dalam bentuk kemasan botol. Sesuai dengan namanya, sambal ini dibuat dari campuran ikan roa yang digoreng lalu dihancurkan kasar lalu diberi campuran bawang, cabai, tomat, dan garam. Berhubung ada campuran ikan roanya, cita rasa dari sambal akan menjadi sangat gurih dan asin.


Sambal Bakasang



Sumber: Suluttimes.com


Terakhir ada sambal bakasang yang bisa dikategorikan dalam salah satu jenis sambal unik yang ada di Manado. Meski sama-sama dibuat dari campuran cabai, bawang, dan tomat, tapi sambal bakasang ini punya satu bahan khas yang tidak digunakan pada sambal-sambal lainnya, yakni bakasang. Bakasang adalah sejenis terasi yang dibuat dari isi perut ikan yang difermentasikan dalam jangka waktu cukup lama. Tentu saja hal ini membuat aroma dan cita rasa dari sambal bakasang jadi berbeda dan unik.


Dan itu dia beberapa aneka sambal khas Manado yang pedasnya nampol banget. Cocok banget nih jadi teman makan nasi putih kamu, apalagi buat kamu yang suka makan pedas. Nah, habis baca artikel ini pastinya kamu pengen makan aneka masakan Manado kan? Langsung aja lima rekomendasi restoran Manado di bawah ini!

Restoran Beautika Manado

Foto Restoran Beautika Manado
Foto Restoran Beautika Manado
Foto Restoran Beautika Manado

Restaurant Sarang Oci

Foto Restaurant Sarang Oci
Foto Restaurant Sarang Oci
Foto Restaurant Sarang Oci

Restaurant Baku Sayang

Foto Restaurant Baku Sayang
Foto Restaurant Baku Sayang
Foto Restaurant Baku Sayang

Rumarica

Foto Rumarica
Foto Rumarica
Foto Rumarica

Bumbu Den

Foto Bumbu Den
Foto Bumbu Den
Foto Bumbu Den

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?