Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Aneka Saus Dressing yang Bikin Saladmu Jadi Lebih Yummy

List Artikel
1 Februari 2017 | 0 Komentar

Salad merupakan kuliner menyehatkan yang terbuat dari racikan sayur-sayuran segar, buah, serta daging atau telur rebus yang dicampur menjadi satu kemudian disiram dengan saus dressing. Salad bisa disajikan sebagai makanan pembuka alias appetizer, tapi juga bisa disajikan sebagai pendamping makanan utama, contohnya dalam penyajian steak. Salad dipercaya muncul pertama kali di Roma, kemudian mulai merambah ke Amerika pada abad ke-19. Kelezatan salad selain terletak dari kesegaran bahan baku yang digunakan adalah dari saus dressing yang menambah citarasa lezatnya. Ada lima jenis saus dressing salad yang paling banyak digunakan di dunia, yaitu:

 

1. Saus Thousand Island



Sumber: fbulesslyfrugal.com


Thousand island adalah dressing salad yang terbuat dari mayonaise, mustard, saus tomat, kuning telur, tabasco, air jeruk lemon, acar timun, dan paprika. Citarasanya asam, manis, dan creamy serta ada sedikit rasa pedas. Jenis salad yang paling enak digunakan dengan  saus dressing ini adalah salad yang terbuat dari sayur-sayuran yang direbus seperti wortel, kentang, dan juga jagung yang direbus hingga matang.

 

2. Italian Dressing



Sumber: sallysbakingaddiction.com


Saus dressing yang satu ini memiliki citarasa yang asam segar sehingga cocok disantap untuk menu sarapan atau pendamping steak. Italian dressing terbuat dari air, cuka atau air perasan lemon, minyak sayur, paprika cincang, gula atau sirup jagung, asam, garam, bawang putih dan bawang bombay. Italian dressing memiliki tekstur yang agak encer dengan warna kekuningan.

 

3. Balsamic Vinaigrette Dressing



Sumber: atmedia.imgix.net


Saus dressing ini teksturnya memang sama dengan Italian dressing, namun yang membedakannya adalah warnanya yang pekat kecoklatan mirip dengan kuah empek-empek. Balsamic vinaigrette dressing terbuat dari balsamic, yaitu cuka dari anggur yang sudah dimasak serta campuran minyak zaitun, kemudian dikocok hingga merata. Lalu dicampur dengan berbagai macam minyak sehat seperti kedelai, canola, zaitun, dan sunflower. Saus ini saat cocok untuk disantap dengan aneka dedaunan seperti selada.


4. Ranch Dressing



Sumber: theluxuryspot.com


Ranch dressing merupakan saus dressing yang paling popular di Amerika. Saus ini memiliki penampilan putih susu yang mirip dengan mayonaise. Ranch dressing terbuat dari buttermilk atau sour cream, bawang bombay, bawang putih, peterseli, paprika, biji mustard. Citarasanya asam gurih dan ada sedikit rasa pedasnya. Ranch dressing sangat cocok disantap dengan aneka sayuran dengan tektur crunchy.

 

5. Blue Cheese Sauce



Sumber: joyineveryseason.com


Blue cheese sauce sekilas memang mirip dengan ranch dressing, yang membedakannya adalah tingkat kekentalannya. Blue cheese sauce memiliki tingkat kekentalan dua kali lipat dibanding ranch dressing. Saus dressing dari Amerika ini terbuat dari mayonaise, sour cream, yoghurt, blue cheese, susu, cuka, bawang bombay, bawang putih, ditambah dengan taburan herbal. Citarasanya asam gurih dan sangat cocok untuk dijadikan saus sayuran segar dengan daging rebus. 

Portico Terrace Bistro

Foto Portico Terrace Bistro
Foto Portico Terrace Bistro
Foto Portico Terrace Bistro

Ninety-Nine

Foto Ninety-Nine
Foto Ninety-Nine

Maple & Oak

Foto Maple & Oak
Foto Maple & Oak
Foto Maple & Oak

SaladStop!

Foto SaladStop!
Foto SaladStop!
Foto SaladStop!

B'Steak Grill & Pancake

Foto B'Steak Grill & Pancake
Foto B'Steak Grill & Pancake
Foto B'Steak Grill & Pancake

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?