Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Antara Kari Jepang dan Kari India, Mana yang Lebih Kamu Suka?

List Artikel
12 September 2017 | 0 Komentar

Kari Jepang pertama kali dikenalkan di Jepang pada masa Era Meiji sekitar tahun 1868 sampai 1912 dalam masakan Inggris. Inggris membawa bumbu kari ke Jepang dari India, yang pada saat itu India sedang menjadi daerah jajahan Inggris. Kari pada awalnya dikenal sebagai western cuisine di kalangan masyarakat Jepang. Kari Jepang kemudian menjadi makanan yang sangat populer di seluruh bagian Jepang dan menjadi makanan nasional dengan sedikit perubahan resep karinya. Kini, kari Jepang telah populer hampir di seluruh dunia. Pada dasarnya, kari jepang memiliki bahan-bahan yang lebih sederhana dibandingkan dengan kari India yang sangat kaya akan bahan rempah-rempahnya. Nah, untuk mengetahui perbedaan diantara keduanya, simak ulasan artikel berikut ini yuk!


1. Bahan Pembuatan

Dimulai dengan negara pembuat kari paling terkenal, Jepang. Kari atau biasa disebut kare oleh orang-orang Jepang memang makanan paling populer dan digemari. Aroma kari yang kuat, rasanya yang pedas, dan kuah yang kental memang tiada duanya. Ciri khas dari kari Jepang adalah kuah kentalnya yang dicampur dengan tepung saat proses pemasakannya. Kari Jepang biasanya terbuat dari daging, sayuran seperti kentang, bawang bombay, dan wortel dan dinikmati bersama nasi, udon, katsu, atau roti goreng.



Sumber : pergikuliner.com


Berbeda dengan kari Jepang yang terkenal dengan kuahnya yang kental, kari India terkenal dengan aroma dan warnanya yang indah. Kurang lebih ada 25 jenis rempah-rempah seperti cabe, kunyit, jahe, ketumbar, cengkeh, merica, kapulaga, kayu manis, biji jinten, bawang putih, pala, kapulaga, bubuk paprika dan bahan-bahan lainnya yang dikombinasikan menjadi satu dalam kari India. Jadi, bisa dibayangkan betapa pedasnya rasa kari India ini. Tak hanya rasa pedas, kari India juga memiliki rasa asam yang berasal dari jeruk nipis, tomat, dan yoghurt. Kari India biasanya disantap dengan nasi atau roti canai.


2. Rasa dan Tekstur

Ciri khas dari kari jepang yaitu berwarna coklat. Tekstur kuah kari Jepang lebih kental. Memiliki rasa yang manis. Biasanya disajikan dengan nasi putih, potongan sayuran rebus, irisan daging atau ayam, atau mie udon. Kuah kari Jepang memiliki rasa hangat dan sedikit pedas. Level pedas yang disajikan bermacam-macam, bergantung selera masing-masing. Dibandingkan dengan kari India yang berwarna kuning, kari Jepang memang lebih berwarna coklat. Kari India rasanya tidak semanis kari Jepang, tetapi memiliki rasa yang lebih pedas dari kari Jepang. Selain itu, kari India terbuat dari berbagai rempah-rempah, sehingga menghasilkan rasa kari India yang lebih berbumbu dan kaya rasa.



Sumber : pergikuliner.com


Sementara untuk teksturnya, kari Jepang lebih kental dibandingkan kari India. Kari India lebih seperti kuah dan lebih banyak memiliki varian rasa kari dan bahan dasarnya pun lebih creamy atau vegie dan banyak berisi daging serta sayuran. Sedangkan kari Jepang hanya memiliki satu bahan utama. Bahan-Bahan untuk kari India sangat khas dengan cita rasa pedas dan rempahnya.


3. Lalu Mana Lebih Enak, Kari Jepang atau Kari India?

Kamu harus mencobanya sendiri! Setiap orang punya seleranya masing-masing dalam memilih rasa kari yang disukainya. Kari Jepang dengan kari India pastinya sama-sama enak dengan ciri khas dan cita rasa tersendiri. Bagi kamu yang menyukai makanan dengan rasa plain tentu akan lebih cocok dengan kari Jepang. Namun, jika kamu adalah penggila makanan pedas pastinya kari India sangat tepat buat kamu yang siap membakar lidahmu.


Nah, daripada bingung lebih baik buktikan kari dari negara mana yang paling enak dan kamu sukai dibeberapa restoran khas Jepang dan India berikut ini!

Queen's Tandoor

Foto Queen's Tandoor
Foto Queen's Tandoor
Foto Queen's Tandoor

Coco Ichibanya

Foto Coco Ichibanya
Foto Coco Ichibanya
Foto Coco Ichibanya

Little India Restaurant

Foto Little India Restaurant
Foto Little India Restaurant
Foto Little India Restaurant

Go! Curry

Foto Go! Curry
Foto Go! Curry
Foto Go! Curry

Mori Express

Foto Mori Express
Foto Mori Express
Foto Mori Express

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?