Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Apa Bedanya Kuning Telur yang Berwarna Pucat vs Orange?

List Artikel
12 September 2019 | 0 Komentar

Telur menjadi salah satu bahan makanan yang paling banyak digunakan dalam masakan. Hal ini dikarenakan telur sangat cocok diolah menjadi kuliner apa saja. Telur bisa diolah dengan cara digoreng, ditumis, direbus, hingga dipanggang. Telur tak hanya disukai karena citarasanya yang nikmat, tetapi juga disukai karena mengandung banyak nutrisi yang bisa bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Jika rutin disantap dalam jumlah yang wajar, telur bisa bermanfaat bagi kesehatan mata, menyehatkan jantung, meningkatkan metabolisme, mengurangi kembung, menurunkan resiko kanker, membantu penyerapan kalsium, dan masih banyak lagi. Selama ini kita mengenal ada dua bagian dalam telur yakni bagian putih dan kuning. Untuk bagian putih, semua telur sama. Tapi untuk bagian kuningnya, ada yang berwarna pucat dan ada yang berwarna cenderung berwarna kuning orange.



 Sumber : Reluctantentertainer.com


Perlu kamu ketahui kalau memang kandungan nutrisi pada kuning telur lebih besar dibandingkan putih telur. Hal ini dikarenakan kuning telur dipersiapkan untuk tumbuh kembang anak ayam sehingga dalamnya  mengandung nutrisi yang lengkap, mulai dari lemak, kalori, vitamin, dan mineral. Lalu apakah warna kuning telur yang berbeda juga membedakan kandungan nutrisinya? Warna kuning telur yang berbeda ini ternyata dikarenakan pola makan dari ayam betina tersebut. Untuk warna kuning telur orange kemerahan biasanya dihasilkan dari ayam betina yang menjalani pola makan sehat dengan gizi seimbang. Biasanya hal ini bisa kamu temukan pada ayam betina kampung yang menyantap aneka makanan karena dilepas liar seperti santapan rumput, cacing, ulat, belalang, laba-laba, hingga serangga lainnya. Berhubung makanannya bernutrisi, maka warna kuning telur jadi berwarna orange.



Sumber : Onceuponachef.com


Hal yang berbeda berlaku pada jenis ayam betina dengan pola makan vegetarian alias ayam yang hanya menyantap pakan biji-bijian, jagung, kacang-kacangan dan lain sebagainya. Sedangkan untuk kuning telur ayam yang warnanya pucat nyaris putih dihasilkan karena ayam hanya diberi pakan rendah seperti gandum, cantel dan cornmeal. Perbedaan warnanya ini ternyata juga membuat nutrisi pada kuning telur berbeda meskipun tidak ada selisih nutrisi yang cukup besar. Kuning telur ayam dengan warna yang cenderung orange kemerahan memiliki kandungan vitamin A dan C serta asam lemak omega yang lebih tinggi. Tapi bukan berarti kuning telur yang pucat tidak ada kandungan nutrisi tersebut. Kandungan nutrisinya tetap ada meski jumlahnya tidak terlalu tinggi. Tidak hanya warna kuning telur yang berbeda saja, tetapi warna cangkang telur juga bisa berbeda, mulai dari cokelat, putih, hingga krem. Perbedaan ini dihasilkan dari ras induk ayam tersebut. Jika yang berbulu putih maka telurnya akan berwarna putih, jika berbulu cokelat maka warna telurnya juga kecoklatan. Tidak seperti kuning telur ayam yang nutrisinya bisa berbeda, warna cangkang telur berbeda ini tidak ada pengaruhnya sama sekali dengan nutrisi yang ada di dalam telur ayam tersebut.  

 

Sekarang kamu sudah tahu dong jawabannya? Nah, kalau kamu ingin menyantap olahan telur lezat, mampir dulu yuk ke sini!

Toby's Estate

Foto Toby's Estate
Foto Toby's Estate

Maple & Oak

Foto Maple & Oak
Foto Maple & Oak
Foto Maple & Oak

Lucky Number Wan

Foto Lucky Number Wan
Foto Lucky Number Wan
Foto Lucky Number Wan

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?