Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Apa Bedanya Muffin dan Cupcake?

List Artikel
12 Juli 2017 | 0 Komentar

Muffin dan cupcake, dua jenis kue yang serupa tapi tak sama. Banyak orang yang salah mengenali cupcake sebagai muffin, begitupula sebaliknya. Alasan utamanya adalah karena keduanya sama-sama disajikan dalam cup atau mangkuk kertas. Padahal keduanya ini sangat berbeda, mulai dari bahan baku, cara membuat, tekstur, serta isian dan topping di atasnya.

 

Cupcake merupakan kue yang berasal dari Amerika. Kue ini sudah ada sejak abad ke-19. Cupcake bisa dibilang sebagai miniatur cake karena sebenarnya adonannya menggunakan adonan sponge cake yakni telur, tepung terigu, mentega cair, dan emulsif atau baking powder. Cara membuatnya adalah dengan mencapur telur dan bahan pengembang terlebih dahulu seperti emulsif dan baking powder hingga mengembang, baru kemudian dimasukkan tepung terigu dan mentega cair. Tujuannya adalah agar tekstur cupcake berongga, ringan, dan mengembang.



Sumber: pergikuliner.com

 

Sementara muffin yang berasal dari Inggris ini sudah ada sejak zaman Victoria. Muffin terbuat dari tepung terigu, gula, telur, baking powder yang dicampur sekaligus dan diaduk hingga rata sebelum akhirnya dipanggang hingga matang. Meski bahan pembuat muffin tak jauh berbeda dengan cupcake, tapi jumlah takarannya sangat berbeda. Berbeda dengan cupcake, muffin lebih banyak menggunakan tepung terigu dibanding telur sehingga teksturnya jadi lebih padat dan berat. Adonan muffin juga terkadang dicampur dengan chocochips, buah kering, serta kacang-kacangan.

 


Sumber: pergikuliner.com


Di Inggris, muffin lebih sering disantap sebagai menu sarapan karena sifatnya yang lebih mengenyangkan, sementara cupcake lebih sering dijadikan sebagai menu dessert. Secara kasat mata, sebenarnya kamu bisa membedakan dua jenis kue ini karena cupcake biasanya dihiasi dengan icing atau cream di atasnya sehingga tampilannya terlihat lebih cantik. Sementara pada muffin tak ada hiasan apapun. Mudah bukan membedakannya. 

Jadi ingin menyantap cupcake atau muffin di Jakarta? Yuk, langsung aja ke toko kue di Jakarta yang sudah PergiKuliner siapkan rekomendasinya di bawah ini!

Twelve Cupcakes

Foto Twelve Cupcakes
Foto Twelve Cupcakes
Foto Twelve Cupcakes

Lulu & Kayla

Foto Lulu & Kayla
Foto Lulu & Kayla
Foto Lulu & Kayla

Chef's Bakery

Foto Chef's Bakery

Saint Cinnamon & Coffee

Foto Saint Cinnamon & Coffee
Foto Saint Cinnamon & Coffee

Beard Papa's

Foto Beard Papa's
Foto Beard Papa's

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?