Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Apakah Minum Dengan Sedotan Lebih Baik? Ini Dia Plus dan Minusnya!

List Artikel
23 September 2017 | 0 Komentar

Kebanyakan dari kita pasti sudah pernah merasakan minum dari sedotan. Terlebih saat kita bepergian ke tempat makan atau membeli minuman di sebuah kedai, tak jarang kita membutuhkan sedotan sebagai alat untuk menyeruput minuman. Memang minum melalui sedotan dapat membantu kita minum secara perlahan untuk menghindari risiko tersedak dan juga lebih praktis dibandingkan dengan meneguknya langsung. Tetapi, apakah minum dari sedotan memang lebih baik dan benar-benar aman? Nah, kamu juga harus tahu mengenai keuntungan dan kerugian dari minum menggunakan sedotan. Artikel berikut ini akan menjelaskannya secara detail. Yuk baca!



Sumber : pergikuliner.com



1. Keuntungan

Memang masih terdapat pro dan kontra mengenai keuntungan dan kerugian dari minum melalui sedotan. Ada yang mengatakan bahwa minum menggunakan sedotan dapat mengurangi jumlah gula dan asam dari masuk ke mulut, sehingga dampaknya gigi akan tetap terlihat putih. Sebuah penelitian lain juga menyebutkan bahwa minum melalui sedotan dapat mengurangi masalah gigi berlubang. Karena gigi berlubang biasanya terjadi pada gigi bagian belakang, dan minum secara langsung dari gelas atau botol dapat mempengaruhi jumlah cairan yang menyebar di dalam mulut. Namun, gigi berlubang ternyata juga ditemukan di bagian gigi depan yakni tepat di belakang bibir, jika orang tersebut minum melalui sedotan.

Hal tersebut terjadi apabila kamu sering menyentuhkan sedotan di antara bibir di depan gigi atau menyentuhkan sedotan di antara gigi, maka ini sama saja dapat menyebabkan kerusakan pada gigi. Oleh kerena itu, menurut salah satu dokter gigi terkemuka bernama Mohamed A. Bassiouny, DMD, Msc, PhD, menyarankan bahwa pilihan terbaik untuk menghindarinya adalah dengan memposisikan sedotan di belakang mulut ketika kamu sedang menyeruput minuman dari sedotan. Dengan begitu, maka akan dapat mengurangi jumlah cairan yang terkontak dengan gigi kamu.


2. Kerugian

Jika tadi sudah membahas tentang keuntungan minum menggunakan sedotan. Kini giliran dampak negatif dari penggunakan sedotan. Ternyata minum dari sedotan diketahui dapat menyebabkan keriput di sekitar mulut. Hal tersebut dapat terjadi karena kamu akan mengerutkan bibirmu ketika meminum minuman melalui sedotan. Memang keriput tidak akan terjadi dalam waktu yang singkat. Namun, kebiasaan minum menggunakan sedotan, cepat atau lambat bisa membentuk lipatan atau kerutan di sekitar mulut, sehingga jika dilakukan secara berulang-ulang dapat menyebabkan kulit meregang.

Dampak lain yang terjadi ketika meminum dari sedotan adalah masalah pada pencernaan, yakni bisa berupa perut kembung atau kelebihan gas dalam perut. Hal ini dikarenakan ketika kamu meminum sesuatu melalui sedotan, ada kemungkinan kamu akan menelan udara lebih banyak pada setiap tegukan dibandingkan dengan kamu meminumnya secara langsung. Udara ini akan mengumpul di usus dan dapat menimbulkan masalah serius pada pencernaanmu seperti perut kembung.


Nah, sudah tau kan apa keuntungann dan kerugian minum melalui sedotan? Tapi kamu nggak perlu khawatir teman PergiKuliner, lebih baik kamu cobain nih beberapa minuman segar di bawah ini!

Jus Gue Kembung

Foto Jus Gue Kembung
Foto Jus Gue Kembung
Foto Jus Gue Kembung

Dum Dum Thai Drinks

Foto Dum Dum Thai Drinks
Foto Dum Dum Thai Drinks
Foto Dum Dum Thai Drinks

Cha Kun Authentic Japanese Drinks

Foto Cha Kun Authentic Japanese Drinks
Foto Cha Kun Authentic Japanese Drinks

Calidoca

Foto Calidoca
Foto Calidoca
Foto Calidoca

Jamba Juice

Foto Jamba Juice
Foto Jamba Juice

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?