Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Asal Mula Orang Jepang Merayakan Natal di KFC

List Artikel
25 Desember 2020 | 0 Komentar

Perayaan Natal selalu identik dengan sebuah tradisi yang dilakukan secara turun temurun. Di Indonesia, berhubung ada beragam suku dan budaya, maka tradisi Natalnya juga sangat beragam. Mulai dari tradisi membakar makanan di atas batu yang ada di Papua, pesta kostum di Manado, memberikan menu khas makanan tradisional di Bali, dan masih banyak lagi. Di Jepang yang dijuluki sebagai negeri sakura ini, ada sebuah tradisi Natal yang terbilang sangat unik sekali yakni merayakan Natal di KFC. KFC selama ini kita kenal sebagai salah satu restoran cepat saji ternama yang mendunia. Keberadaan gerai KFC rasanya hampir ada di seluruh negara. Ketika kamu pergi ke Jepang pada saat perayaan Natal, akan ada sebuah tradisi unik yang akan kamu temukan, yakni orang-orang yang merayakan Natal di KFC. Mengapa demikian?



Sumber: Pergikuliner.com 


Ternyata di balik alasan orang Jepang yang identik rayakan Natal di KFC ini ada asal usul sejarahnya loh. Tradisi orang Jepang yang identik rayakan Natal di KFC ini ternyata sudah ada sejak tahun 1970-an dan masih berlangsung hingga sekarang. Jadi pada tahun 1974, tradisi merayakan Natal di KFC bagi masyarakat Jepang ini pertama kali muncul. KFC yang merupakan gerai ayam goreng cepat saji ternama pada masa itu sedang gencar-gencarnya melakukan promosi besar-besaran. Salah satunya adalah dengan melakukan promo Natal dan liburan akhir tahun. Promosi ini terinspirasi dari metode marketing yang dilakukan gerai KFC lainnya di negara-negara Eropa dan Amerika yang menyajikan kalkun sebagai hidangan utama. Seperti yang kita ketahui, kalkun menjadi makanan wajib pada perayaan Natal di beberapa negara yang ada di Eropa dan Amerika.



Sumber: Pergikuliner.com 


Berhubung di Jepang, kalkun sangat sulit ditemukan, maka orang-orang yang merayakan Natal di Jepang memilih ayam sebagai menu utama dan mereka banyak yang membelinya di KFC, Berhubung promo ayam Natal tersebut sukses besar dan penjualan melonjak tajam, pihak pengelola pun membuat promo yang sama di tahun berikutnya. Promo ini pun terus berulang dan berlanjut setiap kali menjelang perayaan Natal dikarenakan minat dan antusias masyarakat Jepang yang tidak pernah surut untuk selalu membeli ayam pada saat Natal di KFC. Saking besarnya minat pembeli menjelang Natal, maka pihak KFC pun membuat slogan berjudul "Kurisumasu Ni Wa Kentakkii!" yang dalam bahasa Indonesia artinya adalah "Kentucky untuk Natal". Hal yang dilakukan KFC ini pun menjadi pionir sebagai marketing Natal di era modern yang ada di Jepang dan banyak menginspirasi banyak gerai dan restoran untuk melakukan hal yang sama pada masa itu.



Sumber: Pergikuliner.com


Memang banyak orang yang bertanya-tanya mengapa tradisi perayaan Natal di KFC bisa bertahan hingga sekarang atau tepatnya 46 tahun. Ternyata fakta di balik alasan orang Jepang yang identik rayakan Natal di KFC ini adalah karena sudah menjadi tradisi yang akrab dan familiar di keluarga mereka. Jadi menyantap ayam goreng KFC pada saat malam Natal sudah menjadi kebiasaan masyarakat di sana. Ibaratnya bagi masyarakat Indonesia yang selalu makan ketupat sayur pada saat perayaan Lebaran tiba. Seperti itulah arti ayam goreng KFC bagi masyarakat Jepang yang merayakan Natal.

 

Itulah fakta di balik alasan mengapa orang Jepang identik merayakan Natal di KFC, unik banget ya teman kuliner? Tertarik juga membeli ayam KFC untuk rayakan Natal di rumah bareng keluarga nanti?


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?