Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Asal Usul Donat yang Perlu Kamu Ketahui

List Artikel
3 Desember 2015 | 0 Komentar

Bagi kamu para penggemar donat, tahukah kamu tentang asal usul donat yang berlubang pada bagian tengahnya? Jika kamu mengira bahwa lubang di bagian tengah donat hanya merupakan suatu kebetulan para pembuat donat yang ingin memberikan nilai estetika, maka kamu salah besar. Nyatanya, terdapat sejarah di balik terciptanya donat dengan lubang di bagian tengahnya. 


Dahulu Bernama Oliekoek

Donat merupakan cemilan asal Belanda yang dikenal dengan nama Oliekoek, yang berarti kue minyak atau kue yang digoreng menggunakan minyak. Pada jaman dahulu kala, terdapat sekelompok warga Belanda yang melakukan perjalanan laut menggunakan kapal besar. Selain para penumpang, di dalam kapal tersebut juga terdapat nahkoda kapal bernama Hanson Gregory dan juru masaknya.


Juru masak Kapten Gregory seringkali membuat Oliekoek sebagai cemilan untuk Kapten Gregory. Suatu ketika, ketika Kapten Gregory sedang memakan cemilan Oliekoek tersebut, tiba-tiba muncul badai besar yang menghadang kapal tersebut. Kapten Gregory merasa kebingungan dan kesulitan untuk mengendalikan kapal dengan posisi tangan yang sedang memegang Oliekoek. Namun dengan sigap Kapten Gregory menancapkan Oliekoek tersebut ke salah satu batang kemudinya, sehingga membuat Oliekoek menjadi berlubang di bagian tengahnya.


Ketika Kapten Gregory berhasil melewati badai tersebut, beliau mulai menyadari bahwa Oliekoek yang dimakannya tersebut akan lebih baik jika dibuat dengan bentuk lubang di bagian tengahnya, sehingga akan memudahkan dirinya ketika sedang memegang kendali kapal. Sejak saat itulah, para juru masak Kapten Gregory membuat Oliekoek dengan bentuk lubang di tengahnya. Oliekoek kemudian diperkenalkan sampai ke Amerika dan kemudian dikenal dengan nama Dough-nut.



Mister Donut

Foto Mister Donut
Foto Mister Donut
Foto Mister Donut

Turning Point Coffee

Foto Turning Point Coffee
Foto Turning Point Coffee

Mom Milk

Foto Mom Milk

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?