Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Asal Usul Nasi Kapau yang Namanya Berasal dari Nama Sebuah Kampung

List Artikel
25 September 2022 | 0 Komentar

Pernahkah kamu terpikirkan tentang asal usul nasi kapau? Nasi kapau merupakan kuliner asal Sumatra Barat yang tak hanya populer di daerah asalnya, tapi juga di daerah-daerah lain yang ada di Indonesia. Meski keberadaannya tidak sepopuler nasi Padang, tapi nasi kapau tetap memiliki penggemarnya tersendiri. Nasi kapau sebenarnya adalah kuliner nasi yang disajikan bersama dengan aneka ragam lauk pauk di dalamnya sehingga bisa dikatakan kalau nasi kapau ini adalah nasi ramesnya Sumatra Barat. Kita bisa menjumpai nasi kapau dengan harga yang sangat terjangkau karena harga dari kuliner ini sangat merakyat.



Sumber: Pergikuliner.com


Berasal dari Sebuah Kampung

Jika berbicara tentang nasi kapau, kuliner ini ternyata berasal dari sebuah kampung yang ada di Sumatra Barat, yakni dari Nagari Kapau atau Desa Kapau yang terletak di Kabupaten Agam, Sumatra Barat. Kuliner yang terdiri dari nasi dan lauk pauk khas Desa Kapau ini bisa dijumpai di rumah makan pinggir jalan di Desa Kapau. Berhubung bisa dengan mudah dijumpai, maka masyarakat setempat maupun orang yang datang ke sana menyebut kuliner nasi yang disajikan dengan lauk pauk khas Desa Kapau dengan nama nasi kapau.

 

Tercipta Dikarenakan Banyaknya Pria yang Merantau

Ada satu fakta unik mengenai asal usul nasi kapau, yakni kuliner ini tercipta karena banyaknya pria dari Desa Kapau yang merantau. Jadi pada zaman dulu, masyarakat Minangkabau dikenal dengan filosofi merantau. Ternyata kebiasaan merantau ini dimulai pada saat penjajahan Belanda. Jadi pemerintah Belanda ingin mengeluarkan para pria yang ada di Desa Kapau untuk mengurangi pemberontakan. Dengan keluarnya para pria yang merantau keluar Desa Kapau, maka yang tersisa hanyalah wanita dan anak-anak. Untuk mencukup kebutuhan harian, maka para perempuan di Desa Kapau menjual nasi dengan aneka lauk-pauknya. Dari sinilah nasi kapau mulai tercipta.



Sumber: Pergikuliner.com


Ciri Khas dari Nasi Kapau

Nasi kapau pertamanya dijual di pasar-pasar tradisional menggunakan sebuah meja yang terbuat dari kayu. Jadi nantinya lauk-pauk akan ditata rapih di atas meja bertingkat, sementara penjual akan menjajakannya di belakang meja. Untuk mengambil lauk pauk tersebut akan digunakan sebuah sendok panjang yang berukuran besar. Selain cara penyajiannya yang unik dan berbeda, nasi kapau juga memiliki ciri khas dari segi lauk pauk yang disajikan. Jika dibandingkan dengan nasi padang, lauk pauk dari nasi kapau memang cukup berbeda. Ciri khasnya terletak dari lauk pauk yang kebanyakan terbuat dari protein hewani seperti usus, daging ayam, daging sapi, daging kerbau, ikan, dan telur. Salah satu lauk yang wajib tersaji dalam nasi kapau adalah gulai tambusu yang merupakan makanan khas dari Desa Kapau.

 

Gulai tambusu ini terbuat dari bahan dasar telur dan tahu yang dicampur menjadi satu lalu dimasukkan ke dalam usus sapi yang sudah dicuci bersih. Setelah dimasukkan, maka usus sapi akan dimasak dengan bumbu gulai hingga matang. Meski lebih banyak menggunaka protein hewani, tapi bukan berarti nasi kapau tak ada sayur-sayurannya. Untuk sayuran yang digunakan adalah gulai kol dan kacang panjang. Berbeda dengan nasi padang yang menyajikan gulai daun singkong, nangka, atau rebung.

 

Itulah sekilas asal usul nasi kapau yang namanya berasal dari sebuah nama kampung. Kamu sendiri sudah pernah mencoba nasi kapau tidak? 

Nasi Kapau Langganan

Foto Nasi Kapau Langganan
Foto Nasi Kapau Langganan
Foto Nasi Kapau Langganan

Kedai Pak Ciman

Foto Kedai Pak Ciman
Foto Kedai Pak Ciman
Foto Kedai Pak Ciman

Sepiring Padang

Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang

Padang Merdeka

Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka

RM Pagi Sore

Foto RM Pagi Sore
Foto RM Pagi Sore
Foto RM Pagi Sore

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?