Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Asal Usul Nasi Warteg, Ternyata Sudah Ada Sejak Tahun 1950-an

List Artikel
16 Desember 2022 | 0 Komentar

Nasi warteg merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang sangat populer, terutama di daerah Jabodetabek. Nasi warteg adalah nasi yang dijual di warteg. Warteg adalah singkatan dari warung Tegal. Meski merupakan warung Tegal, tapi tempat ini menyajikan nasi putih biasa yang disajikan bersama dengan aneka ragam lauk pauk khas Indonesia. Mulai dari kuliner berkuah, aneka balado, hingga aneka gorengan. Tempat makan ini sangat terkenal karena tidak hanya memiliki pilihan menu yang sangat beragam, tapi juga dikarenakan kuliner ini bisa didapat dengan harga yang murah meriah. Menjadi kuliner yang banyak digemari, sebenarnya bagaimana asal usul dari nasi warteg yang populer ini?



Sumber: Pergikuliner.com


Sudah Ada Sejak Tahun 1950-an

Konon nasi warteg ternyata sudah ada sejak awal tahun 1950-an yakni beberapa tahun setelah Indonesia merdeka. Di masa tersebut, presiden Soekarno sedang melakukan pemindahan ibukota dari Yogyakarta ke Jakarta. Proses pemindahan tersebut membuat adanya pembangunan secara besar-besaran yang terjadi di Jakarta. Pembangunan besar-besaran tersebut membuat banyak pekerja dari Tegal berbondong-bondong datang ke Jakarta bersama dengan istri mereka. Waktu itu para istri juga ingin mencari rezeki sehingga mereka memutuskan untuk membuka warung makan.

 

Identik dengan Kuliner Bahari

Warteg yang merupakan asli Tegal ini awalnya sangat dikenal dengan kuliner bahari. Pasalnya kota Tegal memiliki slogan sebagai kota bahari. Kota ini memiliki hasil laut yang sangat melimpah sehingga tak heran kalau ada banyak kuliner berbahan dasar ikan. Mulai dari pindang ikan, pepes ikan, balado ikan, ikan bumbu kuning, olahan kerang, tumis udang, balado udang, dan sebagainya. Meski demikian, warteg sebenarnya tidak hanya memiliki kuliner bahari saja melainkan aneka sayuran tumis hingga berkuah.



Sumber: Pergikuliner.com 


Tercipta dari Nasi Ponggol

Nasi warteg sebenarnya tercipta dari nasi ponggol. Nasi ponggol merupakan kuliner khas Tegal yang dibuat dari bahan dasar nasi yang dibungkus daun pisang dan diberi isian lauk pauk sambal goreng tempe dan urapan sayur. Jadi di masa-masa awal munculnya nasi warteg di Jakarta, warteg hanya menyajikan menu nasi dengan lauk tempe saja. Tapi lambat laun terjadi perubahan pada warteg dengan menyajikan aneka lauk pauk masakan Indonesia sehingga orang yang datang makan di sana tidak akan bosan dengan rasanya.  

 

Awalnya Hanya Diperuntukkan untuk Kalangan Blue Collar

Berhubung diperuntukkan untuk para pekerja bangunan, maka harga yang dipatok oleh penjual warteg sangatlah terjangkau. Oleh karena itu awalnya nasi warteg ini hanya diperuntukkan untuk kalangan blue collar. Blue collar adalah sebutan untuk kalangan dengan ekonomi menengah ke bawah. Meski demikian, nasi warteg kemudian berkembang menjadi kuliner yang digemari oleh semua kalangan karena dianggap menjadi penolong saat dompet sedang tipis atau saat akhir bulan.

 

Itulah sekilas tentang asal usul nasi warteg yang kini tetap menjadi favorit banyak kalangan masyarakat. Apakah Teman Kuliner sendiri suka menyantap nasi warteg untuk makan siang? Kalau suka, nih PergiKuliner kasih rekomendasi warteg enak di Jakarta yang bisa kamu kunjugi untuk makan siang!

Warteg Modern Kuliner Rasa

Foto Warteg Modern Kuliner Rasa
Foto Warteg Modern Kuliner Rasa
Foto Warteg Modern Kuliner Rasa

Warteg Gaul Amat

Foto Warteg Gaul Amat
Foto Warteg Gaul Amat
Foto Warteg Gaul Amat

Nasi Telor Kriukk

Foto Nasi Telor Kriukk
Foto Nasi Telor Kriukk
Foto Nasi Telor Kriukk

Bakmie & Nasi Campur Singkawang 39 Oke

Foto Bakmie & Nasi Campur Singkawang 39 Oke
Foto Bakmie & Nasi Campur Singkawang 39 Oke
Foto Bakmie & Nasi Campur Singkawang 39 Oke

Warteg Gang Mangga

Foto Warteg Gang Mangga
Foto Warteg Gang Mangga
Foto Warteg Gang Mangga

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?