Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Asal Usul: Sejarah Burger yang Perlu Kamu Ketahui

List Artikel
10 November 2022 | 3 Komentar

Nama hamburger sendiri bukan berasal dari “ham” atau daging asap dalam bahasa Inggris, melainkan berasal dari nama kota Hamburg di negara Jerman yang menjadi awal mula daging di dalam burger berasal. Jadi, dapat disimpulkan bahwa arti kata hamburger berarti "makanan yang berasal dari Hamburg". Kemudian dari kota kedua terbesar di Jerman ini banyak penduduknya yang beremigrasi ke Amerika dan menyebarkan pembuatan burger ke sana.



Sumber: Pergikuliner.com


Sebelum menyebar di Eropa, daging burger sudah lama menjadi makanan khas bangsa Tartar di Asia Tengah.  Makanan tersebut berupa daging cincang yang disantap mentah-mentah dengan perasan jeruk. Lalu makanan tersebut dibawa ke benua Eropa, tepatnya ke kota Hamburg. Karena masyarakat di sana menolak memakan daging yang tidak dimasak, maka daging khas Tartar tersebut mengalami modifikasi dengan dibakar atau digoreng.


Populer di Amerika


Sumber: Pergikuliner.com


Sajian daging tersebut kemudian semakin disukai oleh banyak orang dan dikenal sebagai "Hamburger Steak”. Daging hamburg tersebut kemudian dibawa para imigran Hamburg ke Amerika. Dari Amerika lah penganan burger, yakni roti bulat yang diisi daging dengan berbagai sayur dan acar, mulai dikenal hingga sekarang.


Ada berbagai macam versi awal mula terciptanya burger atau hamburger di Amerika. Ada yang mengatakan bahwa burger diciptakan dua bersaudara dari Ohio, yakni Frank dan Charles Menches dari negara Ohio, Amerika Serikat. Awalnya mereka menjajakan sandwich dengan isi sosis. Namun, suatu saat mereka kehabisan sosis, akhirnya mereka mengganti dengan daging sapi cincang sebagai isian untuk rotinya. Makanan yang ditemukan dengan tidak sengaja itulah menjadi disukai banyak orang yang kemudian menjadi Burger.


Terdapat banyak versi cerita


Sumber: Pergikuliner.com


Menurut Komunitas Sejarah Seymour di Winconsin, Amerika, mereka menyebutkan nama Charlie Nagreen sebagai pencipta hamburger. Pada saat itu Charlie berjualan sandwich yang diisi dengan bakso di Seymour Fair pada tahun 1885. Namun, karena makanan tersebut tidak laku, akhirnya dia mendapat ide untuk melakukan pemipihan pada bakso serta menaruhnya diantara irisan roti. Hasilnya, temuan Charlie tersebut digemari oleh banyak orang.


Sedangkan menurut catatan Perpustakaan Kongres Amerika Serikat serta Pemerintah negara Connecticut, hamburger pertama kali dijajakan pada tahun 1895 oleh orang yang bernama Saat Louis Lassen. Awalnya, jajanan itu belum mempunyai nama. Kemudian datang pelaut-pelaut dari kota Hamburg, Jerman yang mampir ke restoran Louis Lassen dan menamakan jajanan tersebut dengan nama "Hamburger".

Byurger

Foto Byurger
Foto Byurger
Foto Byurger

Unicorn Burger

Foto Unicorn Burger
Foto Unicorn Burger
Foto Unicorn Burger

Epicure Gourmet Burgers & Meals

Foto Epicure Gourmet Burgers & Meals
Foto Epicure Gourmet Burgers & Meals
Foto Epicure Gourmet Burgers & Meals

Blenger Burger

Foto Blenger Burger
Foto Blenger Burger
Foto Blenger Burger

Lawless Burgerbar

Foto Lawless Burgerbar
Foto Lawless Burgerbar
Foto Lawless Burgerbar

Topik artikel ini:
3 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
saya meminati hamburger sejak kecil sehingga sekarang
asnitajathrow@gmail.com | 13 Apr 2016 pk. 11:49 PM
Foto user umum
Jawaban nya kurang rinkas
pradiftaridho@.com | 26 Apr 2017 pk. 04:18 PM
Foto user umum
Burger bagi..wahyuni plangi slorok doko blitar jawa timur indonesia atau peta blitar ini makanan sangat kas bagi masarakat umum dunia dengan daging yg murni dan sayuran yg segar dan kentang yg di kukus di tumbuk halus sehingga memikat para pembeli.
yuniw86@ymail.c | 18 Jun 2020 pk. 09:07 PM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?