Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Asal Usul: Sejarah Cupcake yang Perlu Kamu Ketahui

List Artikel
10 Desember 2015 | 0 Komentar
Siapa sih yang ngga kenal cupcake? Kue berukuran mini yang memiliki hiasan warna-warni nan lucu ini sudah dikenal sejak abad ke-19 loh! Cupcake sangat populer di Amerika, bahkan tanggal 15 Desember ditetapkan sebagai hari cupcakes nasional. Di Inggris dan Australia kue ini dikenal dengan nama fairy cake karena ukurannya yang mungil. Sebenarnya gimana sih awal mula terciptanya cupcake? Kali ini PergiKuliner akan memberikan ulasan tentang sejarah cupcake yang perlu kamu ketahui. Penasaran? Simak yuk!

Awalnya Tidak Selalu Berukuran Mini
Awalnya cupcake berkembang di Amerika. Ukuran cupcake tidak selamanya mini, namun karena bahan-bahan yang digunakan biasanya ditakar dalam ukuran cup (mangkok), bukan ditimbang, akhirnya kue ini mendapat julukan cupcake. Yang menarik, awalnya kue tersebut dipanggang di cangkir teh sebelum penemuan cup pan seperti saat ini loh.

Resep cupcake sendiri dikenalkan mulai tahun 1796 dalam American Cookery yang ditulis oleh Amelia Simms. Dia menuliskan resep dengan judul "kue yang dipanggang di dalam cangkir kecil". Lalu, di tahun 1828, dalam buku masak karya Eliza Leslie kata cupcake mulai diperkenalkan.

Seiring perkembangan zaman, akhirnya terciptalah cetakan yang terbuat dari kaleng untuk membuat cupcake yang diberi nama muffin tins. Resep cupcake pun juga mulai beragam. Meskipun masih memakai bahan dasar yang sama, yakni mentega, gula, telur, dan tepung, namun cupcake sekarang sudah memiliki varian rasa yang cukup banyak. Dan tentu saja agar lebih menarik, cupcake dihiasi dengan berbagai macam topping.

Twelve Cupcakes

Foto Twelve Cupcakes
Foto Twelve Cupcakes
Foto Twelve Cupcakes

Veranda Gateau et Patisserie Restaurant

Foto Veranda Gateau et Patisserie Restaurant
Foto Veranda Gateau et Patisserie Restaurant
Foto Veranda Gateau et Patisserie Restaurant

Cake Lab

Foto Cake Lab

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?