Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Asal Usul: Sejarah Dimsum yang Perlu Kamu Ketahui

List Artikel
11 Februari 2022 | 3 Komentar

Dimsum merupakan makanan tradisional China yang tidak asing lagi di telinga kita. Makanan ini ternyata hadir sejak zaman Dinasti Han (206 SM –  220) loh, yang berarti saat ini usianya sudah ribuan tahun. Dimsum terbagi menjadi dua, yaitu dimsum goreng dan kukus. Untuk yang kukus biasanya disajikan dalam wadah bambu, dengan tujuan agar tetap hangat saat disantap.



Sumber: Pergikuliner.com


Dim Sum merupakan istilah dari bahasa Kantonis yang memiliki arti 'makanan kecil', sedangkan dalam bahasa Mandarin disebut dianxin yang secara harafiah berarti 'sedikit dari hati' atau 'menyentuh hatimu'. Sesuai dengan porsi per sajian yang kecil dan jumlahnya memang tidak banyak, hanya sekitar tiga hingga empat buah dalam satu piring atau wadah kukusan bambu.


Dikenal Sebagai Makanan Pendamping Minum Teh


Kudapan ini berasal dari Jalur Sutra khususnya di bagian Asia Tengah, dimana pada zaman Dinasti Han merupakan rute perjalanan yang sering dilalui pedagang, buruh, dan petani. Orang-orang yang berlalu lalang membutuhkan tempat istirahat dan kemudian mampir sejenak ke kedai, untuk menikmati teh dan makanan ringan. Makanan ringan inilah yang sekarang kita kenal dengan dimsum dan kemudian muncul istilah yumcha yang berarti minum teh bersama sambil menyantap dimsum.


Kebiasaan makan dimsum ternyata pernah pudar sejenak, lho! Hal ini dikarenakan oleh salah satu tabib yang terkenal pada zaman itu, Hua Tuo mengatakan makan dimsum dapat menyebabkan kegemukan. Akan tetapi masyarakat Kanton di Cina Selatan tidak memedulikan imbauan tersebut, malah menjadikan dimsum sebagai makanan tradisional untuk dinikmati dengan teh bersama teman-teman.


Nah, itu tadi sekilas sejarah mengenai dimsum, di Jakarta sendiri sebagian besar restoran Chinese food turut menjual dimsum sebagai menu pelengkap. Setelah membaca artikel di atas jadi kepengen makan dimsum, kan? Yuk segera cari tahu restoran yang menyajikan dimsum terenak di daerah kamu!

Din Tai Fung Chef's Table

Foto Din Tai Fung Chef's Table
Foto Din Tai Fung Chef's Table
Foto Din Tai Fung Chef's Table

Wing Heng

Foto Wing Heng
Foto Wing Heng
Foto Wing Heng

Haka Dimsum Shop

Foto Haka Dimsum Shop
Foto Haka Dimsum Shop
Foto Haka Dimsum Shop

Dimsum Benhil

Foto Dimsum Benhil
Foto Dimsum Benhil
Foto Dimsum Benhil

Golden Sense International Restaurant

Foto Golden Sense International Restaurant
Foto Golden Sense International Restaurant
Foto Golden Sense International Restaurant

Topik artikel ini:
3 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
Makasih yaa atas infonyaa
aniesa94ahmad@gmail.com | 24 Dec 2015 pk. 10:00 PM
Foto user umum
Sangat bermanfaat krn dr info ini saya mengetahui asal usul masakan dimsum, tetima kasih atas infonya.
syam_rauf@yahoo.co.id | 29 Mar 2016 pk. 10:14 PM
Foto user umum
Tulis pendapat kamu di sini...Salah satu dari kel gaku skrg bukan jualan masak an DimSum Sya kira buatan Korea ternyata bkn Warung Lesehannya di Jalan Soekarno - Hatta Kota Malang Jawa Timur depan Gedung Taman Krida Budaya persis jalur Universutas Brawijaya disini rame sekali laris banyak yg beli tp bagi umat muslim yg kostomer didlmnya dikasi ayam tanpa campuran babi karena kebnykan orang nokristen disini yg makan . Kemarin Hari Jum at sya pesan buat radio fm Elfara Malang sahabat crew rekues lagu .biar coba dan coba lagi .tks enaaaaaaTulis pendapat kamu di sini...Salah satu dari kel gaku skrg bukan jualan masak an DimSum Sya kira buatan Korea ternyata bkn Warung Lesehannya di Jalan Soekarno - Hatta Kota Malang Jawa Timur depan Gedung Taman Krida Budaya persis jalur Universutas Brawijaya disini rame sekali laris banyak yg beli tp bagi umat muslim yg kostomer didlmnya dikasi ayam tanpa campuran babi karena kebnykan orang nokristen disini yg makan . Kemarin Hari Jum at sya pesan buat radio fm Elfara Malang sahabat crew rekues lagu .biar coba dan coba lagi .tks enaaaaaak
ellymurniati2018@yahoo.com | 02 Jan 2021 pk. 05:30 PM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?