Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Asal Usul: Sejarah Fish and Chips yang Perlu Kamu Ketahui

List Artikel
3 Maret 2016 | 0 Komentar

Siapa yang tidak tahu hidangan fish and chips? Awalnya hidangan ini adalah hidangan yang sederhana yang diperuntukkan untuk kelas pekerja di negeri asalnya, Inggris. Namun, rasanya yang gurih dan lezat tentunya tidak bisa disepelekan begitu saja dan terbukti mampu memikat hati banyak orang.


Ikan yang melimpah

Sesuai namanya, fish and chips ini adalah kombinasi antara ikan dan kentang goreng. Ikan yang digunakan pun sudah bersih dari tulang dan dibalur oleh adonan tepung, kemudian digoreng. Sejarah dari fish and chips sendiri diperkirakan dimulai di Inggris sekitar tahun 1830.


Kekayaan ikan di laut bagian utara dinilai sebagai alasan munculnya menu ini. Ditambah lagi dengan perkembangan transportasi kereta api yang membuat ikan dapat dengan cepat didistribusikan sehingga secara otomatis hidangan fish and chips ini pun semakin menyebar di Inggris.

Di tahun 1860, muncullah gerai fish and chips pertama kalinya di kota London yang dikepalai oleh Joseph Malin. Gerai ini memang sangat sederhana, hanya dilengkapi dengan wajan besar berisi minyak dengan bahan bakar batu bara. Namun, ada juga pendapat lain yang menyebutkan bahwa gerai fish and chips pertama dibuka pertama kali oleh imigran asal Belgia, Edward De Gernier di Greenmarket City pada tahun 1870.


Beda negara, beda penyajian

Tahun demi tahun berlalu, fish and chips semakin digemari. Hingga akhirnya pada tahun 1986 muncullah menu fish and chips kelas resto. Pada abad ke-20, hidangan ini mulai diberikan inovasi dengan tambahan variasi lain seperti jenis saus dan makanan pendamping.


Di beberapa negara penyajian fish and chips pun berbeda-beda. Contohnya di Amerika Serikat, fish and chips disajikan bersama dengan coleslaw. Sementara itu di Kanada, fish and chips disajikan dengan saus tartar dan seiris jeruk lemon. Di New Zealand dan Australia pun penyajian fish and chips berbeda di mana kedua negara ini menaburkan garam di atas ikan dan kentang sebelum disajikan.


Fish & Co.

Foto Fish & Co.
Foto Fish & Co.
Foto Fish & Co.

The Manhattan Fish Market

Foto The Manhattan Fish Market
Foto The Manhattan Fish Market
Foto The Manhattan Fish Market

B'Steak Grill & Pancake

Foto B'Steak Grill & Pancake

The Fool

Foto The Fool

Fish Streat

Foto Fish Streat

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?