Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Asal Usul: Sejarah Kue Churros yang Perlu Kamu Ketahui

List Artikel
1 Maret 2016 | 1 Komentar

Hari gini siapa sih yang ngga tahu churros? Makanan dengan bentuk memanjang ini memang kerap kali dijadikan santapan sambil mengisi waktu luang. Namun, tahukah kamu tentang asal usul munculnya churros? Churros dikenal sebagai donat khas Spanyol meski tidak mempunyai bentuk menyerupai donat.


Dua versi cerita tentang churros

Terdapat dua versi cerita tentang asal mula churros. Pertama, churros dibuat pertama kali oleh penggembala Spanyol yang hidup nomaden di dataran tinggi untuk menggantikan roti segar. Ia membuat churros karena kesulitan untuk mengakses toko roti. Hal inilah yang menyebabkan bentuk churros seperti tanduk domba. Semakin lama resep churros populer di kalangan penggembala karena mudah dibuat.


Sementara itu versi kedua, churros diciptakan pertama kali di China. Di sana, makanan ini lebih dulu dikenal dengan sebutan you tiao, yaitu kue berwarna keemasan yang digoreng dan memiliki rasa yang asin atau yang kita kenal dengan cakwe.


Mengalami modifikasi

Lalu, saat Portugis datang ke China dan mencicipi kue tersebut dan merasa kue itu enak, maka Portugis langsung membawanya ke Iberia, Spanyol. Di persinggahan inilah, kue tersebut mengalami modifikasi dengan tambahan gula dan mengurangi garam saat dibuat. Dari situlah lahir makanan dengan sebutan churro.


Dalam penyajiannya, churros memang terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Yang awal mulanya hanya kue goreng yang manis saja, sekarang sudah disajikan dengan beragam filling dan dipping sauce seperti dark chocolate, white chocolate, karamel, blueberry, dan strawberry. Bagaimanapun versi sejarahnya, kini cemilan churros sudah terkenal luas dan digemari banyak orang, terutama masyarakat Indonesia.


Churreria

Foto Churreria
Foto Churreria
Foto Churreria

1/15 One Fifteenth Coffee

Foto 1/15 One Fifteenth Coffee
Foto 1/15 One Fifteenth Coffee
Foto 1/15 One Fifteenth Coffee

Open Door

Foto Open Door

Kopium Artisan Coffee

Foto Kopium Artisan Coffee

Topik artikel ini:
1 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
kak minta ijin copas untuk sejarahnya ya
miftachulayu205@gmail.com | 26 Apr 2018 pk. 02:24 PM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?