Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Asal Usul: Sejarah Mie yang Perlu Kamu Ketahui!

List Artikel
13 Oktober 2015 | 1 Komentar
Mie merupakan makanan yang digemari banyak orang dan jenis makanan yang paling populer di Asia Tenggara dan juga Asia Timur. Banyak sekali jenis dan bentuk dari mie yang sering kita jumpai dengan rasa yang beragam. Tapi, dari mana mie sebenarnya berasal? Dan siapa pertama kali yang menemukan mie? Yuk, kita simak!

Menurut catatan sejarah, mie pertama kali dibuat di daratan China sekitar 2000 tahun yang lalu pada masa pemerintahan dinasti Han. Dari China, mie berkembang dan menyebar ke Jepang, Korea, Taiwan dan negara-negara di Asia Tenggara lainnya. Bahkan meluas sampai ke Benua Eropa. Di Benua Eropa, mie mulai dikenal setelah Marco Polo berkunjung ke China dan membawa oleh-oleh mie. Nah, seiring berkembangnya jaman dan adaptasi lingkungan, pasta-pasta yang berkembang di Eropa adalah salah satu bentuk adaptasi dari mie.

Pada awalnya mie diproduksi secara manual, kemudian pada tahun 700-an sejarah mencatat terciptanya mesin pembuat mie berukuran kecil dengan menggunakan alat mekanik. Evolusi pembuatan mie terus berkembang secara besar-besaran setelah T. Masaki pada tahun 1854 berhasil membuat mesin pembuat mie mekanik yang dapat memproduksi mie secara masal. Sejak saat itu, mie mengalami banyak perkembangan, seperti di China mulai diproduksi mie instant yang dikenal dengan nama Chicken Ramen dan di Jepang muncul Saparo Ramen (1962).

Bakmi Medan Kebon Jahe

Foto Bakmi Medan Kebon Jahe

Bakmi Karet Foek

Foto Bakmi Karet Foek
Foto Bakmi Karet Foek
Foto Bakmi Karet Foek

Baji Pamai

Foto Baji Pamai
Foto Baji Pamai
Foto Baji Pamai

Mie Kung Fu

Foto Mie Kung Fu

Bakmie Aloi

Foto Bakmie Aloi
Foto Bakmie Aloi
Foto Bakmie Aloi

Topik artikel ini:
1 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
lumayan enak
noveliana0511@gmail.com | 05 Mar 2021 pk. 09:02 PM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?