Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Asal Usul: Sejarah Pancake yang Perlu Kamu Ketahui

List Artikel
26 Oktober 2015 | 0 Komentar
Pancake merupakan resep makanan yang sudah ada sejak lama, asal mula pancake bahkan dimulai pada saat kehidupan masyarakat Romawi Kuno. Kue dengan bentuk gepeng ini pada awalnya dikenal dengan nama Alita Dolcia (makanan manis) kombinasi dari susu, tepung, dan bumbu. Bahan-bahan tersebut kemudian dipanggang dengan wajan ceper, lalu ditambahkan dengan sirup buah dan madu. 

Nama pancake semakin populer di kancah Eropa sejak tahun 1430-an. Pancake menjadi makanan khas warga Timur Eropa. Di sana, pancake kerap kali dijadikan menu khas yang dikenal dengan sebutan Pancake Tuesday yang disajikan sehari sebelum hari Paskah.

Seiring dengan perkembangan jaman, pancake diadopsi di berbagai Negara. Di Perancis, pancake-nya ada yang berbentuk tipis dan crispy yang disebut crepes dan galettes yang lebih tebal dan mengembang seperti bentuk roti. Sementara itu, di Jerman pancake memiliki bentuk yang lebih padat dan terbuat dari bahan dasar kentang (pfannkuchen). 

Di Irlandia, pancake memiliki tekstur padat dan terbuat dari kentang yang dikenal dengan sebutan boxtry. Skotlandia juga tidak ketinggalan dengan pancake drop scones-nya. Di Amerika, pancakenya dikenal dengan nama nokehick yang terbuat dari adonan lembut yang dibuat dengan tangan berbahan dasar jagung. 

Kue dadar ini memang disajikan dengan berbagai penyajian dan rasa. Meskipun penyajiannya berbeda di setiap Negara, tetapi pancake tetap memiliki penggemar tersendiri dan perkembangan resepnya selalu meningkat setiap masa.


Pancious

Foto Pancious
Foto Pancious
Foto Pancious

Mr. Pancake

Foto Mr. Pancake
Foto Mr. Pancake

Pantastic Pancake

Foto Pantastic Pancake

B'Steak Grill & Pancake

Foto B'Steak Grill & Pancake

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?