Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Aturan Makan Sehat Menurut Orang Jepang, Kamu Bisa Tiru Ini!

List Artikel
17 Juli 2019 | 0 Komentar

Masyarakat Jepang terkenal sebagai masyarakat yang memiliki umur panjang, rata-rata usia mereka di atas 70 tahun, bahkan tak jarang ada yang melampaui usia 100 tahun. Selain dikenal berumur panjang, masyarakat Jepang juga memiliki tubuh yang sehat dibanding dengan negara lainnya. Oleh karena itu, wajah mereka dikenal awet muda. Ternyata kunci dari umur panjang dan tubuh yang sehat adalah pola makan serta makanan yang mereka konsumsi. Penasaran seperti apa aturan makan sehat yang mereka miliki? PergiKuliner akan membahas tuntas untuk kamu!



Sumber : Insidejapantours.com

 

1. Prinsip Hara Hachibu

Masyarakat Jepang menganut prinsip makan hara hachibu yang mengharuskan mereka untuk selalu menghabiskan makanan yang ada di atas piring mereka tanpa tersisa. Mereka sudah diajarkan prinsip ini sejak kecil. Masyarakat Jepang menganggap dengan melakukan prinsip ini, mereka akan merasa 80% kenyang karena selain mereka tidak akan rakus mengambil makanan, mereka juga bisa menikmati kelezatan makanan tersebut.

 

2. Tidak Mengandalkan Satu Jenis Makanan Sehat

Tak seperti masyarakat Indonesia yang kebanyakan hanya menyantap satu jenis makanan sehat dalam santapan makanannya, masyarakat Jepang tak hanya mengandalkan satu jenis makanan sehat. Mereka percaya kalau tak ada gizi makanan sehat yang sempurna sehingga harus dikombinasikan dengan jenis makanan sehat lainnya agar nutrisinya jadi lebih lengkap. Kamu pasti sering melihat adanya natto, black garlic, hingga umeboshi dalam satu penyajian makanan.

 

3. Porsi Makanan yang Sedikit

Masyarakat Jepang memegang prinsip menyantap aneka banyak makanan dengan porsi yang sedikit. Jenis makanan yang disajikan bisa berbeda-beda setiap musimnya. Dalam satu set makanan, mereka bisa menyajikan hampir 15 jenis makanan yang berbeda, mulai dari sayuran, daging, ikan, acar, dan lain sebagainya. Semuanya disajikan dalam porsi yang sedikit agar tidak langsung kenyang saat menyantap satu atau dua jenis makanan saja.

 

4. Menghindari Gorengan

Hampir sebagian besar makanan Jepang dimasak dengan cara dikukus, direbus, dipanggang, dan dibakar. Untuk sayuran, mereka akan memilih untuk mengukus dan merebusnya sedangkan untuk daging lebih banyak dipanggang, sementara untuk ikan lebih banyak dibakar atau dipanggang. Hal ini tentunya bisa menghindari asupan lemak berlebihan. Kamu pasti jarang menemukan masyarakat Jepang yang memiliki tubuh gempal. Kebanyakan mereka bertubuh ramping karena asupan makanan yang mereka makan tak banyak lemak.


Nah, gimana nih teman PergiKuliner? Kamu jadi tertarik untuk mencoba aturan makan sehat ala-ala Jepang? Nggak perlu jauh-jauh ke Jepang kok, kamu bisa mencoba aneka makanan Jepang di restoran rekomendasi PergiKuliner di bawah ini!

Momo Paradise

Foto Momo Paradise
Foto Momo Paradise
Foto Momo Paradise

Ichi-go Cafe & Resto

Foto Ichi-go Cafe & Resto
Foto Ichi-go Cafe & Resto
Foto Ichi-go Cafe & Resto

Shabu Shabu Gen

Foto Shabu Shabu Gen
Foto Shabu Shabu Gen
Foto Shabu Shabu Gen

WAKI Japanese BBQ Dining

Foto WAKI Japanese BBQ Dining
Foto WAKI Japanese BBQ Dining
Foto WAKI Japanese BBQ Dining

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?