Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Aturan Minum Kopi di Italia Biar Nggak Canggung Lagi!

List Artikel
30 Oktober 2018 | 0 Komentar
Kopi merupakan minuman yang digemari oleh banyak orang, maka nggak heran banyak gerai kopi yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Bagi orang Italia sendiri, kopi sudah menjadi budaya. Biasanya, orang akan menikmati kopi pada pagi hari dan juga sore hari dengan ditemani cemilan seperti kue, namun berbeda dengan orang Italia. Sejak tahun 1500-an, Italia sudah mempunyai gaya khas dan aturan sendiri dalam meminum kopi. Ritual minum kopi di Italia dimulai dengan minum segelas cappuccino bersama menu sarapan. Sementara caffe macchiato dinikmati saat santai sore, dan segelas espresso selalu diseruput usai makan malam. Masyarakat di Italia dilarang memesan kopi dengan campuran susu, cappuccino, atau kopi latte di atas pukul 11 pagi, hal itu dikarenakan kopi yang dicampur susu menurut mereka termasuk dalam hidangan untuk sarapan pagi, yang waktunya berakhir di pukul 11 pagi. Orang Italia memang memiliki kebiasaan untuk menyeruput kopi susu hanya ketika di waktu pagi hari bersamaan dengan menu roti, jika diminum setelah usai bersantap hidangan makan siang dan makan malam lengkap, kopi susu dianggap terlalu berat untuk dicerna. Berikut ini adalah beberapa petunjuk supaya kamu bisa menikmati kopi tanpa canggung lagi jika berkesempatan ke Italia!

Sumber : Pergikuliner.com

1. Kopi Pagi
Pagi hari dimulai dengan sarapan kue bersamaan dengan secangkir kopi susu nikmat. Pilihan kopinya ini yaitu Cappucinno, Caffe Latte, dan Latte Macchiato. Jangan minum kopi ini di atas jam 11 siang ya kalau sedang berada di Italia, karena kamu akan dianggap aneh. Selain itu, juga perlu diingat bahwa orang Italia jarang meminum kopi mereka dengan gula. Jadi minuman kopi jenis apa pun yang kamu minum harus kamu tambahi gula sendiri.

2. Pesan Kopi Espresso
Kopi espresso ini aman dinikmati kapan saja sepanjang hari. Orang Italia biasa meminum kopi ini setelah santai sore dan makan. Masyarakat Italia nggak menyebut espresso dengan kata itu, melainkan dengan sebutan “caffe”. Kopi jenis ini disajikan dalam cangkir porselen kecil. Segelas air putih juga disertakan sehingga kamu dapat membersihkan mulut dan menghapus aroma kopi yang kuat dari mulut.

3. Memesan di Bar
Biasanya peminum atau penikmat kopi itu selalu memesan di bar, karena sangat jarang sekali peminum kopi espresso yang memesan kopi itu sambil duduk santai. Tetapi ada juga peminum kopi yang memesannya sambil duduk dengan memanggil pelayan ke meja kita. Jika kamu berkunjung ke Italia, minumlah sambil berdiri seperti masyarakat lokal ya, karena jika kamu menikmatinya sambil duduk-duduk santai, harganya ternyata jadi lebih mahal lho.

4. Minum Sekali Teguk
Orang Italia nggak akan minum kopi sambil duduk kecuali memang ada alasan yang kuat untuk itu. Kopi bagi mereka adalah “drug”, dan “obat” memang seharusnya diminum dalam sekali teguk. Selain itu menurut mereka Jika nggak meminumnya dengan cepat, maka akan terjadinya perubahan rasa pada espresso tersebut. Apabila espresso di diamkan beberapa menit saja maka akan ada perubahan rasa. Biasanya perubahan rasa pada espresso itu dalam jangka waktu sekitar 15 detik sampai 30 detik.

5. Menikmati Crema
Para pecinta espresso mungkin sudah begitu paham apa itu crema, mungkin para penikmat coffee espresso pemula masih banyak yang belum mengetahui apa itu crema. Crema adalah lapisan espresso berwarna coklat yang memiliki rasa kepahitan yang sangat luar biasa. Beberapa orang Italia nggak akan minum espresso bila nggak ada crema di espresso tersebut. Dari crema  itulah mereka akan menilai espresso tersebut nikmat atau nggak.

Nah, itu dia lima hal yang perlu diperhatikan ya biar nggak canggung lagi kalau mau minum kopi di Italia. Buat para pecinta kopi, langsung saja yuk kunjungi tempat-tempat ngopi rekomendasi PergiKuliner di bawah ini!

Caribou Coffee

Foto Caribou Coffee
Foto Caribou Coffee
Foto Caribou Coffee

1/15 One Fifteenth Coffee

Foto 1/15 One Fifteenth Coffee
Foto 1/15 One Fifteenth Coffee
Foto 1/15 One Fifteenth Coffee

Crematology Coffee Roasters

Foto Crematology Coffee Roasters
Foto Crematology Coffee Roasters
Foto Crematology Coffee Roasters

Crematology Coffee Roasters

Foto Crematology Coffee Roasters
Foto Crematology Coffee Roasters

Coffee Kulture

Foto Coffee Kulture
Foto Coffee Kulture
Foto Coffee Kulture

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?