Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Awas Keliru, Ini Perbedaan Merica dan Ketumbar yang Wajib Diketahui Pemula

List Artikel
2 September 2020 | 0 Komentar

Sekilas penampilan merica dan ketumbar memang sulit dibedakan, terutama bagi pemula yang baru terjun ke dapur. Pasti sulit membedakannya, karena tampilan kedua rempah ini hampir sama. Padahal merica dan ketumbar adalah dua jenis rempah yang berbeda. Namun, banyak orang masih sering menganggap kalau keduanya sama lantaran bentuknya yang mirip. Nah, buat kamu yang ingin belajar memasak, penting sekali untuk mengetahui perbedaan merica dan ketumbar lho. Karena kedua jenis rempah ini memiliki fungsi berbeda yang tidak bisa saling menggantikan. Mari ketahui perbedaan merica dan ketumbar lewat penjelasan dibawah ini:



sumber: pinterest.com


1. Warna dan Bentuknya

Kalau dilihat dengan kasat mata, sebenarnya merica dan ketumbar memiliki bentuk dan warna yang berbeda lho. Merica memiliki ukuran sekitar 1-2 milimeter dengan bentuk bulat, serta permukaan yang kasar dan keriput. Sementara, ketumbar mempunyai ukuran yang lebih kecil dari merica, dengan bentuk yang bulat namun sedikit lonjong di bagian ujungnya. Selain itu, warna kedua rempah ini juga tidak sama. Merica terdiri dari berbagai macam warna, seperti hitam, putih, merah, dan sebagainya. Akan tetapi, ketumbar hanya punya satu macam warna yakni coklat muda.


2. Teksturnya

Selain dari warna dan bentuknya, perbedaan merica dan ketumbar juga dapat dilihat dari teksturnya. Tekstur merica terasa kasar dan keriput ketika disentuh permukaannya. Namun, teksturnya akan jauh lebih halus jika sudah digiling. Berbeda dengan ketumbar, ketika menyentuhnnya permukaan ketumbar terasa lebih halus. Namun, tekstur ketumbar tidak akan sehalus merica ketika sudah digiling. Karena biasanya ketumbar masih menyisakan kulit bijinya. Hal itu juga yang membuat ketumbar juga tidak bisa larut sepenuhnya dalam masakan dibandingkan dengan merica.


3. Aromanya

Perbedaan kedua rempah ini juga tercium dari aromanya. Memang tidak tercolok perbedaan aroma merica dan ketumbar ketika belum dihaluskan. Namun jika sudah menjadi bubuk, aroma merica akan lebih tajam dan menusuk hidung ketimbang ketumbar. Aroma ketumbar sendiri memiliki khas walaupun tidak begitu mencolok seperti merica. Membedakannya dari aroma merupakan salah satu cara paling ampuh jika kamu masih awam sekali mengenai bumbu dapur, khususnya merica dan ketumbar ini.


4. Cara Pengolahan dan Kegunaannya

Baik merica dan ketumbar, keduanya sangat mudah ditemukan di pasar tradisional maupun supermarket. Bentuk yang dijual pun beragam, ada yang dijual utuh dan ada juga yang sudah berbentuk bubuk. Khusus untuk ketumbar, bijinya tak bisa ditumbuk begitu saja, melainkan harus disangrai terlebih dahulu agar lebih mudah menghaluskannya. Lain hal dengan merica, yang tak perlu disangrai untuk menghaluskannya.


Kegunaan kedua rempah ini juga sangat berbeda, dimana merica seringkali digunakan untuk makanan pedas dan gurih, seperti masakan khas Padang dan Manado. Sedangkan, ketumbar digunakan sebagai bumbu pelengkap saja, seperti sate dan ayam bakar.

Taliwang Bali

Foto Taliwang Bali
Foto Taliwang Bali
Foto Taliwang Bali

Restoran Beautika Manado

Foto Restoran Beautika Manado
Foto Restoran Beautika Manado
Foto Restoran Beautika Manado

Ayam Suwir Wara Wiri

Foto Ayam Suwir Wara Wiri
Foto Ayam Suwir Wara Wiri
Foto Ayam Suwir Wara Wiri

Kambing Babeh Dolof

Foto Kambing Babeh Dolof
Foto Kambing Babeh Dolof
Foto Kambing Babeh Dolof

Ayam Bebek Mafia

Foto Ayam Bebek Mafia
Foto Ayam Bebek Mafia
Foto Ayam Bebek Mafia

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?